https://jurnal.amikom.ac.id/index.php/swagati/issue/feed SWAGATI : Journal of Community Service 2024-07-24T04:18:16+00:00 Akhmad Dahlan, M.Kom swagati@amikom.ac.id Open Journal Systems <p><strong>SWAGATI: Journal of Community Service</strong> is a journal that aims to be a medium of communication and scientific information resulting from community service.</p> <p>The scope of published articles includes studies on community empowerment in<strong> computer science, economics, social science, and technology.</strong> However, the Editors can accept other fields still relevant to community service activities.</p> <p>SWAGATI is officially registered and has an ISSN (International Standard Serial Number): Electronic and Print. <strong>E-ISSN : <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20230315480854921" target="_blank" rel="noopener">2986-7339 </a></strong><strong> P-ISSN : <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20230324041340359" target="_blank" rel="noopener">2986-7940 </a></strong></p> <p> </p> https://jurnal.amikom.ac.id/index.php/swagati/article/view/1519 Pemberdayaan Perempuan Melalui Inovasi Pemasaran Pada UMKM Dapur Boncel di Kelurahan Sumber Rejo Kotamadya Balikpapan 2024-03-05T03:39:36+00:00 Mardatillah Mardatillah marda.tillah95@stiemadani.ac.id Deno Rana marda.tillah95@stiemadani.ac.id Brenda Chen marda.tillah95@stiemadani.ac.id Nabilah Fadhilah marda.tillah95@stiemadani.ac.id Yunita Sava marda.tillah95@stiemadani.ac.id <p>Keterbatasan perempuan dalam inovasi pemasaran digital dan non digital menjadi kendala untuk memaksimal usaha yang dimilikinya, hal inilah yang menjadi latar belakang dari pendampingan perempuan kali ini. Melalui pendampingan perempuan ini kami merumuskan masalah bagaimana strategi pemasaran digital dan non digital. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah pendampingan umkm Dapur Boncel yang berkaitan dengan pemasaran digital dan non digital. Luaran yang ingin dihasilkan adalah 1) spanduk dan menu yang lebih menarik 2) akun sosial media <em>instagram</em> yang baru 3) katalog produk Dapur Boncel 4) iklan produk menggunakan <em>instagram adv</em>. Metode yang dilakukan adalah tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Kesimpulan setelah melakukan pendampingan ini adalah tersedianya spanduk dan menu yang lebih menarik. Berikutnya adalah tersedianya sosial media berupa <em>instagram </em>yang didalamnya tersedianya katalog produk di <em>instagram. </em>Terakhir didaftarkan konten marketing produk Dapur Boncel ke <em>instagram adv</em> dengan durasi iklan. Perlu pendampingan terus menerus untuk melihat hasil di masa depan agar perubahan yang dilakukan bisa optimal.</p> 2024-05-27T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 SWAGATI : Journal of Community Service https://jurnal.amikom.ac.id/index.php/swagati/article/view/1389 Design Kemasan untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM): Strategi Meningkatkan Daya Tarik dan Daya Saing Produk 2024-01-03T02:38:46+00:00 Mira Rahayu mirarahayu@telkomuniversity.ac.id <p>Makalah ini menjelaskan pentingnya strategi kemasan yang efektif bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Kemasan memainkan peran penting dalam presentasi produk, perlindungan, dan keterlibatan konsumen. UKM sering menghadapi tantangan dalam membangun identitas merek dan bersaing dengan perusahaan yang lebih besar. Namun, dengan menerapkan teknik kemasan inovatif, UKM dapat meningkatkan daya tarik produk mereka dan mendapatkan keunggulan kompetitif di pasar. Makalah ini membahas berbagai aspek kemasan untuk produk UKM, termasuk pertimbangan desain, keberlanjutan, efisiensi biaya, dan preferensi konsumen. Makalah ini juga menyoroti manfaat dan tantangan yang terkait dengan kemasan bagi UKM. Temuan ini menekankan pentingnya pendekatan kemasan strategis untuk mendukung pertumbuhan dan keberhasilan UKM</p> 2024-05-27T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 SWAGATI : Journal of Community Service https://jurnal.amikom.ac.id/index.php/swagati/article/view/1557 Pengembangan Potensi Serai (Cymbopogon Citratus) Untuk Mengatasi Pegal Dan Nyeri Sendi Di Desa Sepat Kabupaten Sragen 2024-05-16T08:52:30+00:00 Devina Ingrid Anggraini devina.ia@gmail.com Hartonoa Hartonoa devina.ia@stikesnas.ac.id Akbar Syifani Assalam devina.ia@stikesnas.ac.id <p>Di desa Sepat, Masaran, Sragen mayoritas penduduknya tergolong sebagai penduduk lanjut usia (lansia). Usia tersebut mayoritas memiliki masalah yang sama yaitu pegal linu dan nyeri sendi. Desa Sepat merupakan daerah yang memiliki banyak potensi alam yang dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal salah satunya adalah serai. Serai wangi (Cymbopogon nardus L.) diketahui memiliki senyawa flavonoid dan sitral yang mempunyai aktivitas analgesik. Sehubungan dengan hal tersebut, maka program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) bertujuan untuk mengoptimalkan potensi alami yang dimiliki desa Sepat dengan memformulasikan minyak serai menjadi obat anti nyeri yang aman bagi masyarakat. Program ini juga diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif usaha membangkitkan kewirausahaan di dalam masyarakat desa Sepat. Dengan pengembangan serai sebagai obat herbal alami, masyarakat akan mendapatkan sumber pendapatan tambahan dan dapat mengurangi jumlah pengangguran dalam masyarakat desa Sepat. Hasil evaluasi kegiatan menunjukkan bahwa seluruh kriteria dan indikator keberhasilan kegiatan telah tercapai. Target dan sasaran tercapai hingga 65 %. Tingkat pengetahuan masyarakat 100% meningkat terlihat dari kenaikan nilai pada saat posttest. Tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelaksanaan kegiatan mencapai 98,5 %.</p> 2024-05-27T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 SWAGATI : Journal of Community Service https://jurnal.amikom.ac.id/index.php/swagati/article/view/1467 Implementation of Technology Literacy through Technology Adaptation in Teaching Campus Program 5 at SDN 1 Gancang 2024-01-11T01:18:27+00:00 Sintia Ayu Rahmawati sintia.25mart@gmail.com Darso Darso Darso@amikompurwokerto.ac.id <p><em>Program kampus mengajar merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Adanya program kampus mengajar ini merupakan salah satu tujuan karena perkembangan teknologi yang semakin pesat sangat berpengaruh terhadap pendidikan, oleh karena itu peningkatan kemampuan memahami teknologi harus dilandasi literasi teknologi. Hal ini juga terjadi pada siswa-siswi SDN 1 Gancang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan masyarakat. Metode pengembangan masyarakat merupakan kegiatan pengembangan masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan akses masyarakat. Kegiatan ini meliputi pemberian pengetahuan mengenai cara mengoperasikan hardware dan software mulai dari cara menghidupkan dan mematikan laptop, pengenalan hardware berupa proyektor, cara menggunakan website untuk keperluan pembelajaran dan mengoperasikan software berupa Microsoft office dengan benar seperti Microsoft Word, Excel dan juga Power point. Pelaksanaan kegiatan Kampus Mengajar ini dilaksanakan selama 4 bulan dimana selama kegiatan ini kampus mahasiswa diajarkan melalui kegiatan berupa observasi, rancangan dan penyusunan program kerja, serta pelaksanaan program kerja yang telah disusun. Salah satunya adalah program kerja berupa upaya peningkatan kemampuan teknologi melalui adaptasi teknologi dimana kegiatan pelatihan teknologi ini berdampak baik bagi mahasiswa. Kegiatan ini juga dinilai cukup berhasil, hal ini terlihat dari beberapa hal seperti minat peserta yang sangat antusias dalam mengikuti kegiatan dan rasa ingin tahu yang tinggi dari para siswa.</em></p> 2024-06-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 SWAGATI : Journal of Community Service https://jurnal.amikom.ac.id/index.php/swagati/article/view/1650 Pemanfaatan Teknologi Virtual Reality dalam Promosi Desain Rumah pada CV Kurnia Jaya 2024-07-24T04:18:16+00:00 Mulia Sulistiyono muliasulistiyono@amikom.ac.id Rizki Hanif Fansyah rizki.fansyah@students.amikom.ac.id Bernadhed Bernadhed bernadtagger@amikom.ac.id Rizqi Sukma Kharisma sukma@amikom.ac.id <p><span style="font-weight: 400;">Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) yang dilakukan pada CV Kurnia Jaya bertujuan untuk memanfaatkan teknologi Virtual Reality (VR) sebagai alat promosi untuk desain rumah. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini melibatkan beberapa tahap, termasuk analisis kebutuhan, pembuatan model 3D, pengembangan aplikasi VR, pelatihan mitra, dan evaluasi berkala. Model 3D dibuat menggunakan SketchUp, dan aplikasi VR dikembangkan dengan Unity 3D, memungkinkan pengguna untuk melakukan tur virtual interaktif dan imersif dari desain rumah. Pelatihan diberikan untuk memastikan penggunaan aplikasi secara efektif. Hasilnya menunjukkan peningkatan minat dan pemahaman konsumen terhadap desain rumah yang ditawarkan oleh CV Kurnia Jaya. Penggunaan teknologi VR meningkatkan upaya promosi, membuat visualisasi desain rumah lebih realistis dan menarik. Kegiatan PkM ini menunjukkan potensi teknologi VR dalam meningkatkan kualitas dan efektivitas promosi produk di industri property.</span></p> 2024-08-05T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 SWAGATI : Journal of Community Service