PENINGKATAN ANTARMUKA DAN PENGALAMAN PENGGUNA PADA APLIKASI MINUTES BARBER MELALUI PENDEKATAN LEAN UX
DOI:
https://doi.org/10.24076/infosjournal.2023v6i02.1334Keywords:
Antarmuka Pengguna, Lean UX, Minutes Barber, Pengalaman PenggunaAbstract
Perkembangan teknologi informasi semakin meluas di berbagai organisasi dan pemerintahan, termasuk dalam sektor perawatan diri, seperti aplikasi pemesanan antrian barbershop bernama Minutes Barber. Aplikasi ini menyajikan fitur-fitur seperti Booking Online, Smart Notification, dan Payment. Namun, berdasarkan hasil wawancara dengan pengguna, terungkap beberapa kendala dalam penggunaannya. Kendala tersebut mencakup pengalaman pengguna yang membingungkan dan masalah teknis, seperti force close yang terjadi. Aplikasi Minutes Barber di Play Store juga mendapatkan rating sebesar 2,3, menunjukkan bahwa kualitas aplikasi ini masih kurang memadai. Untuk mengatasi masalah ini, perlu adanya perbaikan dan perubahan tampilan aplikasi. Oleh karena itu, dipilih pendekatan menggunakan metode Lean UX. Metode ini fokus pada penggunaan sumber daya secara efisien dan perubahan yang cepat dalam proses merancang ulang aplikasi. Lean UX sangat mengedepankan kolaborasi tim yang erat untuk mencapai hasil yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Melalui serangkaian iterasi dan pengujian, penelitian ini berhasil memberikan perbaikan pada antarmuka pengguna aplikasi, dengan respons positif dari pengguna pada iterasi kedua. Penelitian ini berkontribusi dalam meningkatkan kualitas antarmuka pengguna Aplikasi Minutes Barber, sehingga lebih memenuhi harapan pengguna dan memperkuat manfaat teknologi informasi dalam sektor perawatan diri.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Information System Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.