ANALISIS KEBUTUHAN PENGGUNA APLIKASI MENGGUNAKAN USER PERSONA DAN USER JOURNEY
Studi Kasus Aplikasi Asisten Keuangan Personal
DOI:
https://doi.org/10.24076/infosjournal.2020v3i2.420Keywords:
Keuangan, User Experience, User Persona, User JourneyAbstract
Data dari Bank Indonesia menyebutkan bahwa pertumbuhan jumlah rekening uang elektronik tahun 2018 hingga tahun 2019 mengalami kenaikan sebanyak 20%. Kemudahan melakukan transaksi menggunakan uang elektronik harus didukung dengan literasi keuangan. Saat ini, informasi mengenai keuangan dan manajemen keuangan mudah ditemui melalui internet. Banyak masyarakat Indonesia yang sudah memahami pentingnya mencatat dan merencanakan keuangan. Namun dari data hasil survey, ditemukan masalah ketika mencatat keuangan seperti tidak adanya waktu untuk rutin mencatat pemasukan dan pengeluaran keuangan pribadi. Asisten keuangan personal merupakan salah satu solusi untuk masalah tersebut. Pada era 4.0 ini tidak menutup kemungkinan adanya asisten keuangan personal secara digital. Dalam merancang aplikasi asisten personal keuangan tersebut, dibutuhkan analisis kebutuhan yang tepat agar dapat digunakan untuk banyak orang. Maka dari itu, penelitian ini melakukan analisis kebutuhan pengguna aplikasi dengan penerapan User Persona Map dan User Journey Map. Hasil dari penelitian ini berupa pemetaan fitur aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Information System Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.