PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE BRINGHARJO QR SHOP
DOI:
https://doi.org/10.24076/infosjournal.2021v4i2.688Keywords:
Kata Kunci : User Interface, User Experience dan User-Centered DesignAbstract
UPT. Pusat Bisnis Pasar Bringharjo merupakan pusat pengelolaan kios yang berada di Jl. Margo Mulyo No. 16, Ngupasan, Kec Gondomanan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Salah satunya fastfood yang berada di lantai tiga pasar Bringharjo Timur. Tempat makan yang terdapat di pasar Bringharjo sendiri masih menggunakan metode manual. Dimana para pengunjung akan mengantri ketika hendak memesan makanan, memilih makanan kemudian membayar total pembelanjaan di meja kasir. Di masa pandemi ini, mengantri sangat rentan dalam penyebaran virus Covid19 yang sedang melanda dunia, termasuk Indonesia. Tujuan dari perancangan ini ialah untuk menghasilkan desain user interface dan user experience untuk mempermudah pengunjung fastfood pasar Bringharjo dalam bertransaksi, sekaligus membantu mencegah penyebaran Covid19.
Perancangan ini menggunakan metode User-Centered Design (UCD) sebagai proses pemecahan masalah. Metode ini menyesuaikan karakteristik pengguna selama proses perancangan dan diseimbangi dengan konteks serta lingkungan. Selain itu, pengguna berperan dalam mengoperasikan sistem dan menentukan persyaratan yang terdapat pada rancangan user interface dan user experience.
Hasil akhir pada penelitian ini ialah rekomendasi user interface dan user experience aplikasi prototype Bringharjo Qr Shop yang memberikan pengalaman bertransaksi aman dan nyaman bagi pengunjung, serta memenuhi kebutuhan informasi yang pengunjung perlukan.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Information System Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.