PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI FILM KARTUN 2D LEGENDA INDONESIA “RORO JONGGRANG”

Authors

  • Bernadhed Bernadhed Universitas Amikom Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24076/intechnojournal.2021v3i1.1540

Keywords:

Perancangan film kartun 2D, Legenda Indonesia, Teknik frame by frame

Abstract

ndonesia merupakan negara dengan berbagai macam suku bangsa yang tinggal didalamnya sehingga memiliki budaya dan adat istiadat yang beragam, salah satu contohnya adalah cerita rakyat atau yang lebih dikenal sebagai legenda. Seiring berjalannya waktu kini cerita rakyat atau legenda kurang diminati oleh masyarakat Indonesia itu sendiri, dikarenakan masuknya cerita-cerita, film dari luar negeri, dan kurangnya upaya masyarakat dalam melestarikan cerita rakyat itu sendiri. Proses perancangan film kartun 2D legenda Indonesia “Roro Jonggrang” menggunakan teknik frame by frame. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengumpulan data melalui observasi, analisis film, foto, dan video. Sebagai upaya ikut serta melestarikan cerita rakyat, penulis berinisiatif membuat karya untuk mempresentasikan cerita rakyat melalui film animasi 2D yang mengangkat sebuah cerita rakyat yang berasal dari daerah Prambanan. Perancangan film kartun 2D legenda Indonesia “Roro Jonggrang” dibuat melalui 3 tahapan yaitu, pra-produksi, produksi, dan pasca produksi.



Downloads

Download data is not yet available.

References

Rogeleonick, Aline. 28 Mei 2015. Lindungi Kekayaan Budaya Dengan Ikut Serta Lomba Penulisan Cerita Rakyat. kemdikbud.go.id.

Purnama,Bambang Eka.2013. Konsep Dasar Multimedia.Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wahana Komputer. 2009. Teknik Pembuatan Animasi Menggunakan Adobe Flash Cs3.Jakarta: Salemba Infotek.

Vaughan, Tay. 2006. Multimedia: Making It Work edisi 6. Terjemahan oleh Theresia Arie Prabawati dan Agnes Heni Triyuliana. Yogyakarta: Andi.

Suyanto, M. 2003. Multimedia Alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta: Andi.

Munir, 2012, MULTIMEDIA Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: ALFABETA

Gustin Suji Almi Nur Handayani. 2018. Perancangan Dan Pembuatan Film Pendek Animasi “Tanya Sang Anak” Menggunakan Teknik Frame by Frame. Yogyakarta: Amikom Yogyakarta.

Pramono, Waris. Suyanto, M. & Sofyan, Amir Fatah. 2017. Perbandingan Metode Frame By Frame Dan Expression Dalam Pembuatan Animasi Dua Dimensi. Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Yasa, Gede Pasek Putra Adnyana. 2018. Animasi Sebagai Inspirasi Pelestarian Budaya. Bali:Sekolah Tinggi Desain Bali.

Sarwono, Jonathan dan Hary Lubis. 2007. Metode Riset Untuk Desain Komunikasi. Yogyakarta: Andi.

Downloads

Published

2021-07-31

Issue

Section

Articles