Perancangan Website Unit Kegiatan Mahasiswa Pencak Silat Universitas AMIKOM Yogyakarta dengan Metode User Interface dan User Experience

Authors

  • Fania Ellysabeth Universitas Amikom Yogyakarta
  • Ria Andriani Universitas Amikom Yogyakarta
  • Reni Marfita Sari Universitas Amikom Yogyakarta
  • Lailatul Syadiah Universitas Amikom Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24076/intechnojournal.2022v4i1.1566

Keywords:

Sistem Informasi, Pencak Silat, Beladiri, Unit Kegiatan Mahasiswa

Abstract

Pencak silat adalah satu dari sekian banyak cabang seni beladiri asli tanah air Indonesia yang harus dilestarikan, cabang bela diri ini juga termasuk olahraga peninggalan leluhur. Silat ialah olahraga beladiri yang memerlukan konsentrasi penuh. Budaya dari Negara tirai bambu juga mempengaruhi seni bela diri ini. Tidak hanya budaya dari nagara tersebut, pencak silat juga dipengaruhi beberapa agama, yaitu  agama Hindu, Budha dan Islam.
UKM Pencak Silat AMIKOM berada dibawah naungan Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Didirikannya kegiatan Pencak silat di AMIKOM bertujuan untuk mendidik manusia tahu benar dan salah serta menggali potensi dan mengembangkan bakat, khususnnya mahasiswa dan lingkungan sekitar Universitas AMIKOM Yogyakarta pada bidang ke atlitan. Salah satu masalah yang dialami pengurus dari organisasi Pencak Silat yaitu cara untuk mensosialisasikan dan memperkenalkan kegiatan Pencak silat pada mahasiswa AMIKOM maupun masyarakat luas. Dari permasalahan tersebut dampak yang paling terlihat yaitu minimnya anggota organisasi Pencak Silat Universitas AMIKOM Yoyakarta, sehingga sistem informasi dslsm Unit Kegiatan Mahasiswa Pencak silat AMIKOM sangat dibutuhkan. Agar mempermudah mahasiswa dan masyarakat luas untuk mendapatkan informasi mengenai UKM Pencak Silat yang ada di Universitas AMIKOM Yogyakarta. Untuk mendukung sistem informasi ini, kami menggunakan User Interfce (UI) yang digunakan sebagai desain antarmuka dan juga dibarengi dengan User Experience untuk memberikan pengalaman pengguna saat menggunakan sistem informasi yang kami rancang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dwi Nugraheny, "Analisis User Interface dan User Experiencce pada Website Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto Yogyakarta," senatik.stta.ac.id, 2016. [Online].

Available: https://senatik.stta.ac.id/index.php/senatik/article/view/77[Accessed 10 Desember 2019]

“MYSQL," https://id.wikipedia.org/wiki/MySQL.

R. F. Alfa and Y. T Hidayat, "Analisa Usability Desain User Interface pada website Tokopedia menggunakan Metode Heuristics Evaluation," Jurnal TEKNOKOMPAK, vol. 13, no. 1, 2019, 7-11. ISSN 1412-9663.

R. Hilmi and Ardiansyah, “Pengembangan User Experience dan User Interface Aplikasi Igometer Taksi,” Jurnal Sarjana Teknik Informatika, vol. 1 nomor 1, Agustus 2015, e_ISSN : 2338-5197

S. Fauzia, F. E. M Agustin, U. Syaripudin, and Y. Ichsani, “Perancangan Prototype Tampilan Antarmuka Pengguna Aplikasi Web Kamardagang.com dengan Flat Design pada PT.Selaras Utama Internasional,” Jurnal Teknik Informatika, vol. 9 no.2, Oktober 2016.

K. Anam and A. T. Muharram “Analisis dan Perancngan Sistem Informasi Akademik Berbasis Wb pada MI Al-Mursyidiyyah Al-Asyirotussyafi’iyyah,” Jurnal Teknik Informatika, vol 11 no. 2, Oktober 2018

Martanto “Analisis User Experience untuk Perancangan User Interface Indigoes Menggunakan Kansei Engineering”

Pencak Silat, “https://id.m.wikipedia.org/wiki/Pencak_silat.

UX Penting Dalam Membuat Website https://www.softwareseni.co.id/

A. S Riyadi, E. Retnandi, and Asep Deddy, “Perancangan Sistem Informasi Berbasis Website Subsistem Guru di Sekolah Pesantren Persatuan Islam 99 Rancabango” Jurnal Algoritma Sekolah Tinggi Teknologi Garut.

S. Sauri, A. T. Haryono, I. F. Astuti, and D. M. Khairina, “Sistem Informasi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Sepakbola Universitas Mulawarman Berbasis Web” Jurnal Informatika Mulawarman, vol.10, no. 2 September 2015

Downloads

Published

2022-07-31

Issue

Section

Articles