Perancangan 3D Desain Interior Rumah Minimalis Semi Modern Menggunakan Aplikasi Autodesk Maya 3D Dengan Metode MDLC

Authors

  • Bernadhed Bernadhed Universitas Amikom Yogyakarta
  • Swandaru Reza Putri Universitas Amikom Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24076/intechnojournal.2022v4i1.1569

Keywords:

Desain, Animasi, Desain Interior Rumah, aplikasi autodesk maya 3D, MDLC

Abstract

Memiliki hunian yang nyaman tidak melulu harus berukuran besar dan luas. Bagi seseorang pemilik rumah berukuran kecil, maka juga tetap dapat membuatnya nyaman dan terutama fungsional. Keterbatasan ukuran rumah yang kita miliki, tak membuat kita kehilangan akal dan kreativitas saat menatanya. Minimalisme sangat populer dan telah menjadi filosofi hidup atau bahkan cara hidup sebagian besar orang. Namun tidak hanya itu, minimalisme juga memberi pengaruh sangat besar dalam gaya desain interior, khususnya konsep desain interior rumah-rumah modern saat sekarang.

Simulasi visual 3D ialah simulai yang memiliki dimensi bentuk ruang dan kedalaman pada objek yang dibuat atau pun desain dan animasi dari fasilitas atau proses dari suatu operasi dan menjadi anggapan suatu setiap bentuk komunikasi serta mempengaruhi pendapat publik. Autodesk Maya atau sering disingkat menjadi Maya, adalah software desain grafis 3D yang mampu dioperasikan pada Windows, Mac, dan Linux.

Penulis mengambil judul perancangan 3D desain interior rumah minimalis semi modern menggunakan aplikasi autodesk maya 3D dengan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Perancangan 3D Desain Interior Minimalis Semi Modern ini bertujuan untuk menghasilkan desain dan animasi yang realistis dan apabila dilihat persis dengan asli. Untuk itu diperlukan suatu media penyampaian sehingga desain dan animasi 3 dimensi ini dapat dibuat semenarik mungkin sehingga iklan simulasi dapat berjalan dengan sebagaimana mestinya. Metode yang digunakan dalam pembuatan skripsi ini adalah menggunakan sistim design thinking dari penemuan permasalahan, observasi, analisa. ide, prototype, hingga implementasi dengan menggunakan media sosial seperti facebook, instagram, dan line berupa post foto-foto dan video yang menggambarkan dengan jelas dan detail desain tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Muhammad Rapi, Rachmat Aulia, and Ari Usman, “RANCANGAN GEDUNG SERBAGUNA UNIVERSITAS HARAPAN FAKULTAS TEKNIK DAN KOMPUTER SEBAGAI MEDIA PROMOSI KAMPUS BERBASIS ANIMASI 3D,” in SNASTIKOM, Medan, 2019.

Hari Yudi, “Perancangan 3D Desain Interior Rumah Menggunakan Aplikasi 3D Max dengan Metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle),” Pelita Informatika Budi Darma, pp. 116–210, 2017.

Suci Purnama Nst, Dodi Siregar, and Yunita Sari Siregar, “PERANCANGAN MODELLING DAN ANIMASI 3D INTERIOR RUMAH MENGGUNAKAN SOFWARE 3DS MAX,” in SNASTIKOM, Medan: Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Komputer, Universitas Harapan Medan, 2020.

Ketut Gus Oka Ciptahadi, “Visualisasi Animasi 3D Sebagai Promosi Produk Desain Interior Pada Perusahaan 8° South Kitchen & Home Cabinetry Manufacturer,” in Proceedings KNS&I , Bali: STIKOM Bali, 2017.

Azmi Redy Pradana and Muh Ariffudin Islam, “PERANCANGAN ZINE SEBAGAI DISPLAY PENJELASAN 3D PRACTICAL INTERIOR KANTOR PT. DIGITAL VISION INDONESIA,” BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, vol. 2, no. 3, 2021.

Putra and Septhian Bagas Anjasmara Riyanto, “Pengembangan Desain Furnitur Tempat Tidur untuk Mempertahankan Luas Ruang Gerak pada Ruangan (Studi Kasus: Rumah Tipe 36 Perumahan Mirah Delima Regency Gresik),” Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya., Surabaya, 2019.

M. Faisal, W. S. Utami, and R. Supriati, “Perancangan Desain 3D Modelling Sebagai Media Ilustrasi Pada CV. Pacific Alumunium,” MAVIB Journal, vol. 3, no. 1, pp. 53–62, Feb. 2022, doi: 10.33050/mavib.v3i1.1799.

S. Sultan, S. Samsudin, F. Yunita, and I. Ilyas, “PERANCANGAN DESAIN INTERIOR KAMAR MENGGUNAKAN SOFTWARE SKETCHUP DAN 3D BLENDER,” Selodang Mayang: Jurnal Ilmiah Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Indragiri Hilir, vol. 8, no. 3, pp. 231–239, Dec. 2022, doi: 10.47521/selodangmayang.v8i3.271.

Iwan Binanto, Multimedia Digital – Dasar Teori dan Pengembangannya, 1st ed. Yogyakarta: Andi Publisher, 2010.

Setiawan, Mudiyanto, Lumenta, Ari S.M, Tulenan, and Virginia, “Aplikasi Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Untuk Sekolah Dasar (Studi Kasus: SD Negeri 1 Bitung, Kelas VI),” E-journal Teknik Elektro dan Komputer, vol. 5, no. 4, 2016.

Idris Kautsar, Rohmat Indra Borman, and Ari Sulistyawati, “APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA ISYARAT BAGI PENYANDANG TUNA RUNGU BERBASIS ANDROID DENGAN METODE BISINDO,” in SEMNASTEKNOMEDIA, Yogyakarta: Universitas Amikom Yogyakarta, 2015.

Ardi Zulkarnais, Purwono Prasetyawan, and Adi Sucipto, “Game Edukasi Pengenalan Cerita Rakyat Lampung Pada Platform Android,” JPIT Jurnal Informatika , vol. 3, no. 1, 2018.

Güntürkün, Pascal, T. Haumann, and Wieseke, “ The dynamic effects of customers’ attributions of coproduction motives for customer’s satisfaction over time,” in AMA Winter Marketing Educators, 2016.

Wendy - Wendy and Yandi Hendra, “Perancangan Augmented Reality Dalam Media Pembelajaran Sistem Anatomi Tumbuhan Sekolah Dasar Berbasis Android,” Journal of Information System and Technology (JOINT), vol. 1, no. 2, 2020.

Muhammad Dody Firmansyah and Nagano, “Perancangan dan Pengembangan Simulasi Gerak Hewan Jenis Equidae Menggunakan Metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) pada Animasi 3D,” Journal of Information System and Technology, vol. 3, no. 2, 2022.

Downloads

Published

2022-07-31

Issue

Section

Articles