PENYULUHAN PEMASARAN DIGITAL ONLINE BAGI UMKM DI DESA PIDUNG, KERINCI

Authors

  • Hamsiah Hamsiah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sakti Alam Kerinci
  • Mauledy Ahmad Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sakti Alam Kerinci
  • Irwan Permana

DOI:

https://doi.org/10.24076/swagati.2023v1i1.1042

Keywords:

Online Marketing, UMKM, Desa Pidung

Abstract

Desa Pidung merupakan salah satu desa yang berada di Kabupaten Kerinci, tepatnya di kecamatan Keliling Danau. Letak geografisnya terletak di pinggir Danau Kerinci yang berbatasan dengan desa Tanjung Batu. Umumnya masyarakat Desa Pidung memiliki mata pencaharian dibidang pertanian nelayan, pedagang, maupun sebagai pegawai negeri sipil. Salah satu hasil pertanian yang menjadi ciri khas mayarakat Pidung yaitu kopi. Saat ini masyarakat Desa Pidung masih menggunakan cara tradisonal dalam memasarkan hasil dari pertanian kopi tersebut. Kendala yang sering dihadapi masyarakat adalah, harga yang diperoleh dari pengepul masih rendah. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dengan metode penyuluhan kepada masyarakat Desa Pidung, terutama pengelola BumDes. Kegiatan penyuluhan terdiri dari pengenalan kepada masyarakat terkait perkembangan teknologi informasi, bahwa dengan memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini, maka pemasaran olahan kopi bisa ditingkatkan. Peserta yang hadir pada kegiatan pengabdian ini sebanyak 18 orang. Kegiatan pengabdian ini menarik perhatian Masyarakat Desa Pidung yang sebelumnya masih minim pengetahuan tentang digital marketing untuk peningkatkan pendapatan desa. Adapun metode yang kami gunakan dalam kegiatan ini berupa pemberian materi secara tatap muka dan dipadukan dengan program kegiatan kuliah kerja nyata mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sakti Alam Kerinci (STIE-SAK). Hasil   yang   diperoleh   dari kegiatan pengabdian  ini  adalah  masyarakat  terlihat  antusias  dalam  menjalani  kegiatan pengabdian masyarakat ini dan terlihat masyarakat sangat aktif dalam bertanya serta berdiskusi   dengan   pemateri. Adapun kesimpulan   kegiatan   ini   adalah edukasi dan penyuluhan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang penggunaan media sosial untuk meninggkatkan penjualan.

Downloads

Published

2025-04-23

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENYULUHAN PEMASARAN DIGITAL ONLINE BAGI UMKM DI DESA PIDUNG, KERINCI. (2025). SWAGATI : Journal of Community Service, 1(1), 29-34. https://doi.org/10.24076/swagati.2023v1i1.1042