Pendampingan Manajemen Pemasaran Terpadu pada Perkumpulan Pengusaha Kecil dan Menengah (PPKM) Kabupaten Bandung
DOI:
https://doi.org/10.24076/swagati.2023v1i2.1145Keywords:
Pelatihan, Penjualan, UMKM, Manajemen PemasaranAbstract
Krisis Covid-19 berdampak pada situasi kestabilan ekonomi UMKM, termasuk para pelaku usaha yang tergabung dalam PPKM Kabupaten Bandung. Permasalahan yang dihadapi mayoritas usaha masih mengandalkan transaksi penjualan secara offline. Selain itu, belum menerapkan praktik pemasaran yang optimal, dikarenakan pemahaman mengenai konsep manajamen pemasaran yang kurang. Untuk membantu penyelesaian masalah tersebut, dirumuskan kegiatan pengabdian masyarakat yang bertujuan agar meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pelaku usaha mengenai manajemen pemasaran. Kegiatan pengabdian masyarakat diselenggarakan dalam bentuk pelatihan selama tiga hari secara luring, dengan delapan materi yang disampaikan. Feedback yang diberikan atas kegiatan, seluruh peserta memberikan respon positif mengenai kesesuaian antara program dengan kebutuhan peserta. Program pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat dikembangkan dan dilanjutkan dengan rangkaian kegiatan penguatan bisnis UMKM.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SWAGATI : Journal of Community Service

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.