Pembuatan Media Promosi Online Berupa Website pada Gutera Olah Pangan

Authors

  • Hendra Kurniawan Universitas Amikom Yogyakarta
  • Ika Nur Fajri Universitas Amikom Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24076/swagati.2023v1i2.1146

Keywords:

Media, Marketing, Online, Website

Abstract

Pasca pendemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia telah banyak merubah gaya promosi para pelaku usaha. Banyak pelaku usaha UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) yang terdorong untuk memanfaatkan teknologi sebagai media promosi online agar mampu bersaing. Gutera Olah Pangan sebagai mitra merupakan UMKM yang bergerak di bidang makanan yang telah mempunyai produk berupa sari kacang hijau, olahan kacang, buah beku, katering, dan berbagai minuman buah. Menurut data dari BPS (Badan Pusat Statistik) tahun 2020 bahwa kendala terbesar UMKM adalah pemasaran atau penjualan produk dengan prosentase 48,60%. Kendala ini juga dialami oleh mitra yang sulit melakukan penjualan produk yang disebabkan oleh banyaknya produk makanan dan kencenderungan masyarakat memilih produk murah. Upaya promosi menggunakan marketplace dan media sosial telah dilakukan, tetapi belum berdampak signifikan terhadap penjualan. Oleh karena itu, dibutuhkan upaya lain berupa pemanfaatan website agar dapat mendukung kegiatan promosi yang telah dilakukan oleh mitra dan membangun brand image di masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-08-02

How to Cite

Kurniawan, H., & Fajri, I. N. (2023). Pembuatan Media Promosi Online Berupa Website pada Gutera Olah Pangan. SWAGATI : Journal of Community Service, 1(2), 109 - 114. https://doi.org/10.24076/swagati.2023v1i2.1146

Issue

Section

Articles