Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Mendukung Pelayanan Publik di Desa Petak Kabupaten Gianyar
DOI:
https://doi.org/10.24076/swagati.2023v1i2.1166Keywords:
Data Desa, Website Desa, Pelayanan Publik, Penelitian Aksi PartisipatifAbstract
Pelayanan publik di Desa Petak dapat ditingkatkan melalui penggunaan teknologi informasi (TI). Meskipun desa ini sudah memiliki website dan sistem informasi desa yang dikelola swasta, penggunaannya masih belum maksimal. Tiga tantangan utama yang dihadapi adalah pengetahuan dan pemahaman TI yang terbatas oleh perangkat desa, admin desa yang belum bisa sepenuhnya menggunakan sistem informasi, dan pemanfaatan TI dalam pelayanan publik yang belum maksimal. Tujuannya adalah membantu pemerintah Desa Petak menerapkan TI dalam pelayanan publiknya. Program ini menggunakan metode Participatory Action Research (PAR) yang melibatkan tim pelaksana untuk mendefinisikan dan menyelesaikan masalah. Penyuluhan TI dan pelatihan penggunaan sistem informasi diberikan kepada perangkat dan admin desa. Hasilnya, 75.6% perangkat desa dan 83% admin desa telah memahami penggunaan TI dan pengelolaan website untuk pelayanan publik, serta 84.3% perangkat desa memahami penggunaan sistem informasi.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SWAGATI : Journal of Community Service
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.