Pembuatan Konten Social Media Pada PSM Kasturi Sebagai Media Informasi dan Edukasi
DOI:
https://doi.org/10.24076/swagati.2023v1i3.1296Keywords:
Social Media, Instagram, Garbage BankAbstract
Bank Sampah Kasturi dirintis sejak tahun 2014 yang dibentuk secara mandiri dengan SK Nomor: 02/Kep.KD/2015 yang diputuskan oleh Kepala Desa Condongcatur, dalam perjalanannya tidak mudah untuk mengelola dan dikenal oleh masyarakat, para pengurus masih kesulitan dalam melakukan edukasi, promosi ataupun penyampian informasi mengenai bagaimana pengelolaan sampah kepada masyarakat luas agar lingkungan menjadi bersih dan mengurangi tumpukan sampah di TPS. Dari permasalahaan yang sudah dipaparkan diperlukan upaya edukasi, sosialisasi dan promosi yang lebih efektif agar dapat menjangkau masyarakat luas salah satunya dengan memanfaatkan social media. Metode pelaksanaan kegiatan dimulai dari survey, pelaksanaan pelatihan, dan evaluasi. Pelatihan ini mengajarkan pembuatan dan pengelolaan konten social media khususnya Instagram. adapun hasil yang didapatkan berupa peningkatan softskill petugas bank sampah Kasturi terkait pemanfaatan dan pengelolaan Social Media untuk melakukan edukasi, sosialisasi dan informasi tentang sampah serta mempunyai keahlian teknis dalam membuat konten konten yang bersifat edukatif selain itu juga terdapat peningkatan jumlah nasabah yang sebelumnya 180 orang menjadi 250 nasabah baru serta jumlah tabungan sampah yang sebelumnya 217,475kg setiap minggu menjadi 405,000kg disetiap minggunya.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 SWAGATI : Journal of Community Service
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.