Pemanfaatan Teknologi Virtual Reality dalam Promosi Desain Rumah pada CV Kurnia Jaya

Authors

  • Mulia Sulistiyono Universitas Amikom Yogyakarta
  • Rizki Hanif Fansyah Universitas Amikom Yogyakarta
  • Bernadhed Universitas Amikom Yogyakarta
  • Rizqi Sukma Kharisma Universitas Amikom Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24076/swagati.2024v2i1.1650

Keywords:

Virtual Reality, Promosi, 3D, Animasi, Pengabdian Masyarakat

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) yang dilakukan pada CV Kurnia Jaya bertujuan untuk memanfaatkan teknologi Virtual Reality (VR) sebagai alat promosi untuk desain rumah. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini melibatkan beberapa tahap, termasuk analisis kebutuhan, pembuatan model 3D, pengembangan aplikasi VR, pelatihan mitra, dan evaluasi berkala. Model 3D dibuat menggunakan SketchUp, dan aplikasi VR dikembangkan dengan Unity 3D, memungkinkan pengguna untuk melakukan tur virtual interaktif dan imersif dari desain rumah. Pelatihan diberikan untuk memastikan penggunaan aplikasi secara efektif. Hasilnya menunjukkan peningkatan minat dan pemahaman konsumen terhadap desain rumah yang ditawarkan oleh CV Kurnia Jaya. Penggunaan teknologi VR meningkatkan upaya promosi, membuat visualisasi desain rumah lebih realistis dan menarik. Kegiatan PkM ini menunjukkan potensi teknologi VR dalam meningkatkan kualitas dan efektivitas promosi produk di industri property.

Downloads

Published

2024-08-05

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pemanfaatan Teknologi Virtual Reality dalam Promosi Desain Rumah pada CV Kurnia Jaya. (2024). SWAGATI : Journal of Community Service, 2(1), 25-29. https://doi.org/10.24076/swagati.2024v2i1.1650