MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM BANGUN RUANG MENGGUNAKAN TEKNIK MARKER BASED TRACKING AR BERBASIS ANDROID

Authors

  • Aldinno Fahrir Universitas Amikom Yogyakarta
  • Alfie Nur Rahmi a:1:{s:5:"en_US";s:29:"Universitas AMIKOM Yogyakarta";}

DOI:

https://doi.org/10.24076/infosjournal.2023v6i02.1360

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) untuk siswa kelas 5 di SDN Tanjung. Dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, penggunaan media tradisional seperti buku dan papan tulis perlu disokong oleh inovasi yang lebih interaktif dan menarik. Aplikasi ini dirancang menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dan bertujuan membantu siswa dalam memahami konsep bangun ruang, menghitung volume, dan menemukan luas permukaan. Melalui antarmuka aplikasi yang responsif dan intuitif, diharapkan siswa dapat belajar secara lebih efektif dan meningkatkan keterlibatan dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media AR ini menjadi sarana efektif untuk meningkatkan pembelajaran siswa tentang bangun ruang.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-24

How to Cite

Fahrir, A., & Nur Rahmi, A. (2024). MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM BANGUN RUANG MENGGUNAKAN TEKNIK MARKER BASED TRACKING AR BERBASIS ANDROID. Information System Journal, 6(02), 64-75. https://doi.org/10.24076/infosjournal.2023v6i02.1360