IMPLEMENTASI ALGORITMA APRIORI UNTUK MENENTUKAN POLA PEMBELIAN PADA CUSTOMER (STUDI KASUS : TOKO BAKOEL SEMBAKO)
DOI:
https://doi.org/10.24076/infosjournal.2021v4i1.561Keywords:
Data Mining, Algoritma Apriori, AlgoritmaAbstract
Data transaksi suatu toko semakin hari semakin bertambah banyak, namun terkadang pada sebuah toko data tersebut dibiarkan tanpa ada pemanfaatan lebih lanjut seperti yang terjadi pada Toko Bakoel Sembako. Toko Bakoel Sembako merupakan sebuah bisnis yang bergerak dalam bidang ritel yang menjual berbagai produk kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari. Namun dalam menjalankan bisnis ritel ini toko Bakoel Sembako belum memanfaatkan data dari transaksi customer, padahal dalam transaksi penjualan akan menghasilkan data yang akan terus menumpuk yang akan menghasilkan kumpulan data. Kumpulan data ini dapat dimanfaatkan menjadi infornasi baru yang dapat dimanfaatkan. Dengan memanfaatkan teknik data mining, data transaksi penjualan tersebut dapat menghasilkan informasi baru berupa pola pembelian customer. Sehingga Informasi tersebut nantinya dapat dimanfaatkan oleh toko Bakoel Sembako. Penelitian ini akan mengimplementasikan teknik data mining menggunakan algoritma apriori yang akan digunakan untuk mengolah data transaksi yang tersedia, sehingga menghasilkan informasi baru yang dapat dimanfaatkan pemilik toko.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Information System Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.