IMPLEMENTASI ALGORITMA APRIORI UNTUK MENENTUKAN POLA PEMBELIAN PADA CUSTOMER (STUDI KASUS : TOKO BAKOEL SEMBAKO)

Authors

  • Alfie Nur Rahmi a:1:{s:5:"en_US";s:29:"Universitas AMIKOM Yogyakarta";}
  • Yosaphat Ananda Mikola

DOI:

https://doi.org/10.24076/infosjournal.2021v4i1.561

Keywords:

Data Mining, Algoritma Apriori, Algoritma

Abstract

Data transaksi suatu toko semakin hari semakin bertambah banyak, namun terkadang pada sebuah toko data tersebut dibiarkan tanpa ada pemanfaatan lebih lanjut seperti yang terjadi pada Toko Bakoel Sembako. Toko Bakoel Sembako merupakan sebuah bisnis yang bergerak dalam bidang ritel yang menjual berbagai produk kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari. Namun dalam menjalankan bisnis ritel ini toko Bakoel Sembako belum memanfaatkan data dari transaksi customer, padahal dalam transaksi penjualan akan menghasilkan data yang akan terus menumpuk yang akan menghasilkan kumpulan data. Kumpulan data ini dapat dimanfaatkan menjadi infornasi baru yang dapat dimanfaatkan. Dengan memanfaatkan teknik data mining, data transaksi penjualan tersebut dapat menghasilkan informasi baru berupa pola pembelian customer. Sehingga Informasi tersebut nantinya dapat dimanfaatkan oleh toko Bakoel Sembako. Penelitian ini akan mengimplementasikan teknik data mining menggunakan algoritma apriori yang akan digunakan untuk mengolah data transaksi yang tersedia, sehingga menghasilkan informasi baru yang dapat dimanfaatkan pemilik toko.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-05-27

How to Cite

Nur Rahmi, A., & Yosaphat Ananda Mikola. (2021). IMPLEMENTASI ALGORITMA APRIORI UNTUK MENENTUKAN POLA PEMBELIAN PADA CUSTOMER (STUDI KASUS : TOKO BAKOEL SEMBAKO). Information System Journal, 4(1), 14-19. https://doi.org/10.24076/infosjournal.2021v4i1.561