PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN METAMORFOSIS KUPU-KUPU MENGGUNAKAN TEKNIK MOTION GRAPHIC

(STUDI KASUS: SD NEGERI MANCASAN)

Authors

  • Della Kusumandari
  • Dina Maulina Dina Universitas AMIKOM Yogyakarta
  • M. Nuraminudin

DOI:

https://doi.org/10.24076/infosjournal.2024v7i01.1375

Keywords:

Motion Graphic, metamorfosis kupu-kupu, video pembelajaran, animasi, multimedia

Abstract

Sekolah Dasar (SD) saat ini masih menggunakan buku sebagai media pembelajaran, terutama di SD Negeri Mancasan. Guru menjelaskan materi berpatokan dengan buku paket yang dijelaskan secara lisan menggunakan metode ceramah. Terutama dalam materi mengenal alam yang seharusnya siswa dapat mengenal alam secara langsung akan tetapi jika lingkungan tidak mendukung maka akan kesulitan untuk diterapkan. Seperti dalam materi metamorfosis kupu-kupu yang sulit ditemukan setiap tahapan perubahan dalam satu waktu. Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran yang berbeda menggunakan video animasi dengan teknik motion graphic untuk mempermudah guru dan siswa dalam pembelajaran dalam kelas. Video pembelajaran dirancang menggunakan metode pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) video diaplikasikan ke kelas 3 SD Negeri Mancasan. Dengan pengimplementasian video pembelajaran metamorfosis kupu-kupu menggunakan teknik motion graphic dalam kelas 3 terbukti bahwa siswa dapat memahami materi pembelajaran dengan nilai uji tes rata-rata 9,3 dan dengan nilai prosentase kuesioner siswa 96% termasuk dalam kategori “Sangat Baik”.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-03

How to Cite

Kusumandari, D., Dina, D. M., & Nuraminudin, M. (2024). PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN METAMORFOSIS KUPU-KUPU MENGGUNAKAN TEKNIK MOTION GRAPHIC: (STUDI KASUS: SD NEGERI MANCASAN). Information System Journal, 7(01), 56-66. https://doi.org/10.24076/infosjournal.2024v7i01.1375

Most read articles by the same author(s)