PEMBUATAN AUGMENTED REALITY (AR) UNTUK PEMBELAJARAN ORGANEL SEL PADA TUMBUHAN DAN HEWAN

(Studi Kasus: SMA Negeri 1 Dlingo)

Authors

  • Sevin Angga Nuransyah Pambudi a:1:{s:5:"en_US";s:29:"Universitas Amikom Yogyakarta";}
  • Alfie Nur Rahmi Universitas Amikom Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24076/infosjournal.2022v5i1.840

Keywords:

Augmented Reality, SMA Negeri 1 Dlingo, Pembelajaran

Abstract

Augmented reality (AR) merupakan sebuah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi yang dibuat oleh komputer kemudian memproyeksikan benda maya  tersebut secara realtime dalam waktu nyata. Hal ini dilakukan dengan cara membuat objek tiga dimensi pada marker sehingga dikenali oleh aplikasinya.Teknologi augmented reality ini dapat menyisipkan suatu informasi. Augmented reality dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang salah satunya bidang pendidikan terutama untuk pembelajaran di SMA Negeri 1 Dlingo. SMA Negeri 1 Dlingo sendiri merupakan salah satu sekolah menengah atas di kecamatan Dlingo. Salah satunya bidang biologi yaitu pembelajaran organel sel tumbuhan dan hewan. Sebagian besar siswa di SMA Negeri 1 Dlingo sering mengalami kejenuhan terutama untuk visual pembelajaran yang terlihat monoton dan membuat siswa malas untuk belajar. Aplikasi ini dibuat menggunakan vuforia, blender dan visual studio c# untuk mengembangkan augmented reality. Aplikasi ini dapat membaca marker pada buku pelajaran yang didalamnya terdapat gambar organel sel tumbuhan dan hewan

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-08-29

How to Cite

Sevin Angga Nuransyah Pambudi, & Alfie Nur Rahmi. (2022). PEMBUATAN AUGMENTED REALITY (AR) UNTUK PEMBELAJARAN ORGANEL SEL PADA TUMBUHAN DAN HEWAN: (Studi Kasus: SMA Negeri 1 Dlingo). Information System Journal, 5(1), 18-25. https://doi.org/10.24076/infosjournal.2022v5i1.840