PEMBUATAN AUGMENTED REALITY (AR) UNTUK PEMBELAJARAN ORGANEL SEL PADA TUMBUHAN DAN HEWAN
(Studi Kasus: SMA Negeri 1 Dlingo)
DOI:
https://doi.org/10.24076/infosjournal.2022v5i1.840Keywords:
Augmented Reality, SMA Negeri 1 Dlingo, PembelajaranAbstract
Augmented reality (AR) merupakan sebuah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi yang dibuat oleh komputer kemudian memproyeksikan benda maya tersebut secara realtime dalam waktu nyata. Hal ini dilakukan dengan cara membuat objek tiga dimensi pada marker sehingga dikenali oleh aplikasinya.Teknologi augmented reality ini dapat menyisipkan suatu informasi. Augmented reality dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang salah satunya bidang pendidikan terutama untuk pembelajaran di SMA Negeri 1 Dlingo. SMA Negeri 1 Dlingo sendiri merupakan salah satu sekolah menengah atas di kecamatan Dlingo. Salah satunya bidang biologi yaitu pembelajaran organel sel tumbuhan dan hewan. Sebagian besar siswa di SMA Negeri 1 Dlingo sering mengalami kejenuhan terutama untuk visual pembelajaran yang terlihat monoton dan membuat siswa malas untuk belajar. Aplikasi ini dibuat menggunakan vuforia, blender dan visual studio c# untuk mengembangkan augmented reality. Aplikasi ini dapat membaca marker pada buku pelajaran yang didalamnya terdapat gambar organel sel tumbuhan dan hewan
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Information System Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.