PEMANFAATAN MOTION GRAPHIC ANIMASI 2D SEBAGAI MEDIA PROMOSI

Authors

  • Tasya Fadila Serdin Universitas Amikom Yogyakarta
  • Ria Andriani Universitas Amikom Yogyakarta
  • Agus Endra Fiana Universitas Amikom Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24076/intechnojournal.2020v2i1.1538

Keywords:

Motion Graphic, Sosial Media, Promosi

Abstract

Peranan media promosi dalam menyajikan informasi lengkap sangat dibutuhkan di era teknologi sekarang. Dalam bidang usaha, instansi, organisasi, atau individu, semuanya membutuhkan adanya media promosi guna memberikan info terbaru terkait suatu produk jasa atau barang yang akan ditawarkan. Saat ini social media merupakan salah satu wadah dalam memberikan informasi. Permasalahan yang sering terjadi Yogyakarta dalam melakukan promosi ke masyrakat kurangnya memanfaatkan media untuk melakukan promosi sehingga banyak calon mahasiswa kebingunagan apa saja yang akan di dapatkan selama kuliah ketika mengambil konsentrasi. Di sisi lain banyak pertanyaan yang terus bermunculan dari mahasiswa ke Prodi D3 Teknik Informatika baik bertanya langsung atau secara personal maupun di media sosial prodi sehingga membutuhkan banyak waktu untuk menjelaskan kepada setiap mahasiswa yang bertanya, hal tersebut tentu saja tidak efektif dan efesien dalam melakukan kegiatan promosi.

Hasil penelitian ini berupa video animasi motion graphic 2D dan sudah diimplementasikan oleh pihak Prodi D3 Teknik Informatika melalui Instagram Prodi yaitu @prodid3ti. Dari animasi yang sudah di unggah dan mendapatkan insight cukup tinggi, harapannya ialah dapat membantu promosi Prodi untuk dikenal secara luas di social media.



Downloads

Download data is not yet available.

References

T. Reno, A. U. Siahaan and Alfian, "Journal of Digital Education, Communication, and Arts, "Implementasi Motion Grafis Video Animasi 2d Untuk Pengenalan Nirmana, vol. I, no. 4, pp. 113-1 22, 2018.

A. Sidik, "Motion Graphic, Information Media, New Admissions Data," 1 Februari 2018. [Online]. Available: http://repository.unj.ac.id. [Accessed 12 October 2021].

R. H. Fajr and Z. E. P. , "Perancangan Motion Graphic Sebagai Iklan Layanan Pentingnya Imunisasi Bagi Anak Sejak Usia Dini Di Kota Bukittinggi," Maret 2018. [Online]. Available: http://ejournal.unp.ac.id. [Accessed 15 September 2021].

R. Z. Fujianto and C. Antoni, "Journal of Digital Education, Communication, and Arts," Produksi Dan Efektivitas Motion Graphic Sebagai Media Promosi Zetizen Batam Pos, vol. III, no. 4, pp. 104-123, 2020.

F. R. Helsa, Zubaidah and P. Eliya, "Desain Komunikasi Visual," 15 January 2018. [Online]. Available: http://ejournal.unp.ac.id. [Accessed 10 September 2021].

R. A. Simanjuntak and Deli, "Conference on Business, Social Sciences and Innovation Technology," 12 Agustus 2020. [Online]. Available: http://journal.uib.ac.id/index.php/cbssit. [Accessed 15 September 2021].

Downloads

Published

2020-07-31

Issue

Section

Articles