PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TENTANG ALUR PEMBUATAN E-KTP DENGAN TEKNIK MOTION GRAPHIC

Authors

  • Bernadhed Bernadhed Universitas Amikom Yogyakarta
  • Novita Indriyani Universitas Amikom Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24076/intechnojournal.2021v3i1.1542

Keywords:

Iklan Layanan Masyarakat, Motion Graphic, e-KTP, Media Sosialisasi

Abstract

Berdasarkan hasil poling yang dilakukan e-Ktp.com tahun 2016 didapatkan data bahwa 58.0% penduduk mengeluhkan kurangnya sosialisasi dan informasi mengenai e-KTP. Pidato yang disampaikan mendagri sampai tahun 2016 penduduk yang belum melakukan perekaman e-KTP sebanyak 22 juta penduduk yang tersebar di seluruh indonesia. Dan data dari dinas catatan sipil kabupaten klaten terdapat 309.903 jumlah warga yang belum melakukan perekaman e-KTP.

 

Motion graphic adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan berbagai solusi desain grafis profesional dalam menciptakan suatu desain komunikasi yang dinamis dan efisien untuk film, televisi dan internet. Pada dunia perdagangan, informasi, dan hiburan adalah suatu tantangan, Ketika dimana audience memutuskan apakah tidak atau akan untuk saluran, keluar dari situs web, atau Ketika menonton trailer, untuk melihat film. Maka dari itulah diperlukan strategi, kreativitas, dan keterampilan dari seorang designer broadcasting, designer judul film dan animator dalam seni motion graphic. 


Penulis mengambil judul Perancangan Iklan Layanan Masyarakat “Alur Pembuatan E-KTP Dengan Metode Motion Graphic. Perancangan Iklan Layanan Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang alur pembuatan e-KTP. Untuk itu diperlukan suatu teknik yang dapat menggabung ilustrasi dan grafik agar dapat memberikan gambaran yang jelas dan mudah dipahami. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik motion graphic yang kemudian diimplementasikan menggunakan media sosial Instagram dan layer pengumuman pada Kantor Pencatatan Sipil.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi sinta oktami, Nike Mutiara

fauziah,SAP. M.A.2018 . Implementasi Kebijakan Pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik(E-Ktp) Di Dinas Kependudukan Dan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Temanggung .jurnal mahasiswa administrasi negara (JMAN), Vol. 02 No. 01.

Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2013.

www.e-ktp.com diakses pada tanggal 25 April 2020

Pidato Kementerian Dalam Negeri pada polemic MNC Trijaya di D’consulate Jakarta Pusat 2 maret 2019.

Data Konsolidasi Bersih (DKB) Semester II Tahun 2019 Dirjen Adminduk Kemendagri

Faisal. Sanapiah. 2010. Penelitian Kualitatif, Dasar dan Aplikasi. Malang: YA3.

Bogdan dan Taylor. 2002 dalam J. Moleong, Lexy. 2000. Metode Penelitian Kualitatif . Remaja Rosdakarya; Bandung. 167 hlm.

Bungin, burhan. 2008. Analisis data penelitian kualitatif . Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Rudianto, Budi Bayu Aji, Rahmi Aulia Nurdini, Fadilah.2018. Perancangan Animasi Multimedia Iklan Layanan Masyarakat Tentang Proses Pembuatan E-KTP. Jurnal AKRAB JUARA. Vol. 3 No. 1.

Marthina Tahajud, Daswati, Nurhanis. 2019. Analisis Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik Di Kantor Kecamatan Palu Barat Kota Palu . Jurnal Katalogis. Vol. 4 No. 12.

I Made Marthana Yusa,I Putu Septian Saputra. 2016. Pemanfaatan Animasi 2 Dimensi Model Infografik Dalam Perancangan Video Iklan Layanan Masyarakat Tentang Pengolahan Sampah Rumah Tangga Di Denpasar . Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI). Vol. 5 No. 1.

Muhammad Alamsyah Tri Putra, Nataniel Dengen, Andi Syakir. 2017. Iklan Layanan Masyarakat Tentang Bahaya Banjir Berbasis Multimedia Animasi Motion Graphic . Prosiding Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi. Vol. 2 No.1.

Winarno, Budi. 2014. Kebijakan Public (Teori Proses dan Studi Kasus). CAPS. Yogyakarta.

Mulyadi, Deddy. 2015. Studi Kebijakan Public dan Pelayanan Publik Konsep dan Aplikasi Proses Kebijakan dan Pelayanan Publik. CV. Alfabeta. Bandung.

Edward III, George C. 1980. Implementing Public Policy. Washington DC. Congressional Quarterly Press.

M. Suyanto. Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing . Yogyakarta: Andi offset. 2013.

Apiansyah Putra, Agung Dwi Andi Hermansyah, Agus 91 Purwanto. 2013. Perancangan Iklan Motion Graphic Jasa Percetakan Alief Production Untuk Meningkatkan Penjualan. Jurnal Ilmiah DASI. Vol. 14 No.03.

Cinemags. 2014. The Making of Animation . Badung: PT Megindo Tunggal Sejahtera Indonesia.

M. Suyanto. 2005 . Strategi Perancangan Iklan Televisi Perusahaan Top Dunia . Yogyakarta: Andi Offset.

Kasali, Rhenald, 2006, Manajemen Periklanan: Konsep dan aplikasinya di Indonesia , Pustaka Grafiti, Jakarta.

Madjadikara, Agus S, 2005, Bagaimana Biro Iklan Memproduksi Iklan: Bimbingan Praktis Penulisan Naskah Iklan (Copywriting) , Jakarta: Gramedia.

Syahrizal Azzuri. 2019. Pembuatan Animasi 2D”Imagin” Dengan Teknik Frame By Frame. Universitas Amikom Yogyakarta.

M. Suyanto. 2013. OSCAR The Winners And Box Office: The Secret Of Screenplay. CV ANDI OFFSET. Yogyakarta.

Muhammad Iqbal Hanafri, Leo Fajar Gustomi, Heni Susanti. 2018. Pengembangan Iklan Layanan Masyarakat Berbasis Animasi 2D Pada BPJS Ketenagakerjaan. Jurnal SISFOTEK GLOBAL. Vol.8 No.1.

Keraf, Gorys. 2001. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Nur Ikhsan Azizudin, Jerry D, Rahajaan, S. Sn., M.Sn. 2016. Background Animasi Interaktif Sebagai Salah Satu Media Pembelajaran Berhitung Untuk Anak Usia Dini (5-6 Tahun). e-Proceeding of Art & Design. Vol. 3 No. 3.

Curran. 2000. Motion Graphic: Graphic Design for Broadcast and Film. Rockport Publisher.

Suheri, Agus. 2006. Animasi Multimedia Pembelajaran. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Al Fatta Hanif. 2007. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern. Yogyakarta. Andi Offset.

Subiyono, 2010, Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kualitatif Kuantitatif, dan R&D) . Bandung: Alfabet

Downloads

Published

2021-07-31

Issue

Section

Articles