PENCEGAHAN CYBERBULLYING MENGGUNAKAN SISTEM DETEKSI UJARAN KEBENCIAN DALAM BAHASA INDONESIA

Authors

  • Wisnu Nugroho Aji Universitas Amikom Yogyakarta
  • Yudi Tara Universitas Amikom Yogyakarta
  • Anggit Dwi Hartanto Universitas Amikom Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24076/intechnojournal.2021v3i1.1548

Keywords:

Cyberbullying, ujaran kebencian, KNN, Instagram

Abstract

Semakin banyaknya pengguna media sosial, maka akan meningkatnya juga tindak kejahatan yang ada di dunia maya. Media sosial sudah mulai banyak digemari oleh semua kalangan umur dan dapat diakses dimana saja. Meningkatnya tindak kejahatan di media sosial berakibat meningkatnya korban tentunya. Seperti yang terjadi pada berita akhir November 2019 ini. Karena beberapa permasalahan tersebut, kami melakukan penelitian dengan objek komentar media sosial Instagram. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan K-Nearest Neighbor(KNN) dibantu dengan algoritma pembobotan TF-IDF. Penggunaan metode ini dapat mengklasifikasi objek penelitian dengan jangka waktu yang singkat dengan jumlah dataset yang ditentukan. Dengan hasil penelitian ini diharapkan dapat meminimalisir tindakan kejahatan yang terjadi di dunia maya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

K. Oktaviani, "Apa itu "Cyber Bullying"?," Kompasiana, 25 September 2013. [Online]. Available: https://www.kompasiana.com/kiranaoktaviani/552ff83a6ea8344b778b45d4/apa-itu-cyber-bullying. [Accessed 15 November 2019].

D. Sharma and N. Kumar, "A Review on Machine Learning Algorithms, Task and Aplications," International Journal of Advanced Research in Computer Engineering & Technology (IJARCET), vol. VI, no. 10, pp. 1-2, 2017.

G. G. Chowdhury, "Natural Language Processing," Annual Review of Information Science and Technology, p. 1, 2003.

M. B. Ismiati, "DETEKSI KOMENTAR NEGATIF DI INSTAGRAM MENGGUNAKAN ALGORITMA NAIVE BAYES CLASSIFIER," Prosiding SNST Fakultas Teknik, pp. 1-6, 2018.

H. Leidiyana, "PENERAPAN ALGORITMA K-NEAREST NEIGHBOR UNTUK PENENTUAN RESIKO," Jurnal Penelitian Ilmu Komputer, System Embedded & Logic, 2013.

K. Khamar, "Short Text Classification Using kNN Based on," International Journal of Advanced Research in Computer and Communication Engineering, vol. 2, no. 4, 2013.

O. S. S. S. E. Syahfitri Kartika Lidya, "SENTIMENT ANALYSIS PADA TEKS BAHASA INDONESIA," SENTIKA 2015, 2015.

Downloads

Published

2021-07-31

Issue

Section

Articles