IMPLEMENTASI METODE FISHERFACE DALAM PENGENALAN WAJAH MENGGUNAKAN ALGORITMA KNN

Authors

  • Tsintani Tisaga Fiardin Universitas Amikom Yogyakarta
  • Arif Nur Rohman Universitas Amikom Yogyakarta
  • Anggit Dwi Hartanto Universitas Amikom Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24076/intechnojournal.2021v3i1.1549

Keywords:

fisherface, k-nearest neighbor, pengenalan wajah

Abstract

Sistem pengenalan wajah sekarang ini begitu  dibutuhkan dan mempunyai peran sangat penting, seperti untuk keamanan, identifikasi wajah, dan lain-lain. Sistem bekerja dengan membandingkan citra wajah yang berada didatabase yang nantinya dipilih mana yang paling cocok dengan citra  wajah yang diuji, dan keluaran dari dikenali atau tidaknya wajah tersebut yaitu jika citra wajahnya berada dalam database (dataset) dan nantinya ditampilkan berupa gambar wajahnya dan nama atau identitas dirinya. Adanya suatu aplikasi pengenalan wajah ini sangatlah membantu untuk pekerjaan. Dalam penelitian kali ini mencoba untuk mebuat aplikasi tersebut, dan juga belajar atau memahami alur kerja dari aplikasi ini. Proses ini menggunakan metode fisherface dengan menggunakan metode KNN, yang mana semua gambar dari dataset dikumpulkan dan didekomposisi menjadi grayscale kemudian dataset tersebut dilatih dan diklasifikasikan menggunakan KNN. Pada pengujian ini menggunakan 60 citra wajah berbeda sebagai data latih dan 40 citra wajah berbeda-beda sebagai data uji. Hasil dari ini mendapat prosentasi keberhasilan 92,5%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Zein, "Pengenalan Wajah Berdasarkan Fitur Wajah," Jurnal Online Pranata Indonesia, pp. 1-3, 2019.

R. A. Saragih, "Pengenalan Wajah Menggunakan Metode Fisherface," Jurnal Teknik Elektro, pp. 1-12, 2007.

F. P. J. Rendy Rian Chrisna Putra, "PENERAPAN ALGORITMA FISHERFACES UNTUK PENGENALAN WAJAH PADA SISTEM KEHADIRAN MAHASISWA BERBASIS ANDROID," TELEMATIKA, vol. 10, pp. 1-6, 2017.

R. C. P. J. P. A. R. W. ZHAO, "Face Recognition: A Literature Survey," INC, vol. 40, pp. 1-8, 2003.

H. B. P. Nobertus Krisandi, "ALGORITMA k-NEAREST NEIGHBOR DALAM KLASIFIKASI DATA HASIL PRODUKSI KELAPA SAWIT PADA PT. MINAMAS KECAMATAN PARINDU," Bimaster, vol. 02, p. 34, 2013.

I. M. G. S. I. K. R. A. I Putu Wijaya Merta, "Handgesture To Text Dengan Metode Artificial Intelligence KNN (K-Nearest Neighbour)," KARMAPATI, vol. 4, pp. 20-23, 2015.

Stefano, "Pip Tools," 05 February 2015. [Online]. Available: https://piptools.net/algoritma-fisherface/.

Informatikalogi, "Informatikalogi.com," 13 July 2017. [Online]. Available: https://informatikalogi.com/algoritma-k-nn-k-nearest-neighbor/.

S. Devi, "PENGENALAN WAJAH MENGGUNAKAN METODE EKSTRAKSI FITUR LOCAL BINARY PATTERN BERDASARKAN METODE K-NEAREST NEIGHBOR," DOCPLAYER, pp. 7-8, 2016.

Downloads

Published

2021-07-31

Issue

Section

Articles