Perancangan User Interface Untuk Website E-Commerce Helfa Store Dengan Menggunakan Metode Digtial Prototyping

Authors

  • Ongky Arif Wibowo Universitas Amikom Yogyakarta
  • Ria Andriani Universitas Amikom Yogyakarta
  • Hanafi Adhi Prasetyo Universitas Amikom Yogyakarta
  • Endrayana Wisnu Brata Ramadhan Universitas Amikom Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24076/intechnojournal.2022v4i1.1567

Keywords:

User Interface, User Experience, Digital Prototyping, E-Commerce Usability, Interaksi Pengguna

Abstract

Helfa Store merupakan sebuah toko fashion yang berkeinginan untuk membangun suatu e-commerce sebagai strategi alternatif untuk bisnisnya. Dalam suatu website indikator keberhasilan salah satunya dapat dilihat dari bagaimana kemudahan dan kenyamnan pengguna dalam berinteraksi dengan User Interface (UI) dan User Experience (UX) dari website tersebut. Pada saat ini kendisi dari Helfa Store belum memiliki perancangan desain model User Interface (UI) yang baik untuk mendukung kemudahan dan kenyamanan pengguna dalam berinteraksi dengan website. Untuk itu diperlukan pendekatan untuk mengetahui persona dan karakteristik dari pengguna dengan cara menentukan strategi dengan pemilik Helfa Store dalam melakukan riset terhadap calon pengguna. Sebagai tahap pertama adalah menganalisis hasil dari strategi dan research yang berfungsi untuk memberikan gambaran mengenai interaksi dan kenyamanan pengguna. Pada metode ini menggunakan teknik wireframe, sehingga seluruh konten yang dibutuhkan oleh pengguna dapat terpenuhi. Pada tahapan akhir dilakukan pengujian terhadap tingkat kepuasan pengguna dan tingkat e-commerce usability untuk memastikan hasil dari rancangan mudah digunakan untuk pengguna. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan output model UX dan UI yang digambarkan dengan Mock Up dari website yang yang mudah digunakan serta sesuai dengan kebutuhan pengguna dari Helfa Store.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Y. Annisa, K. D. Sulistyo, and S. M. Kania, “Perancangan Model User Interface untuk Website E-Comerce Liliput Edu Toys dengan Metode Paper Prototyping,” E-Proceeding of Engineering, Vol:02 No:01, April. 2015.

N. Alfian, K. Sri, and Kariyam, “Analisis Pengaruh User Interface Terhadap Kemudahan Pengguna Terhadap Sistem Pendukung Keputusan Seorang Dokter,” Prosiding SNATIF, Vol:01, 2014.

G. E. M, Nauval, S. T. Dwi, and H. Annisah, “Analisis Komponen Desain Layout, Warna, dan Kontrol Pada Antarmuka Pengguna Aplikasi Movile Berdasar Kemudahan Pengguna,” Jurnal Teknik ITS, Vol:07 No:01, 2018.

N. Dwi, “Analisis User Interface dan User Experience Pada Website Sekolah Tinggi Tekhnologi Adisutjipto Yogyakarta,” E- Proceeding of Engineering, Vol:02 No:01, April. 2015.

H. Luthfi, I. Khalid, and Harliana, “Perancangan User Experience Website Profil Dengan Metode The Five Planes ,” Jurnal SENATIK, Vol:02, 26 November. 2016.

M. Fadhilla, N. Radityo Adi, and N. Dodon Turianto, “Analisis User Experience Untuk Tingkat Keterpilihan Smartphone Android,” Jurnal Ilmu Komputer, Vol:04 No:01, Februari. 2016.

Downloads

Published

2022-07-31

Issue

Section

Articles