PENGEMBANGAN BISNIS HIJAB ELSSE SCARVES

Authors

  • else sofiana Universitas Amikom Yogyakarta
  • Tanti Prita Hapsari Universitas Amikom Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24076/joaen.2025v2i1.2324

Abstract

Elsse Scarves adalah sebuah usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang berfokus pada industri fashion, terutama pada produk hijab. Saat ini, fashion memiliki peranan penting dalam kehidupan sehari-hari, di mana penampilan dianggap penting bagi individu yang peduli dengan citra diri mereka. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang kehadiran Elsse Scarves melalui pengembangan strategi pemasaran yang efektif. Operasionalnya yang dijalankan Elsse Scarves memanfaatkan platform media sosial seperti WhatsApp, Instagram, dan TikTok sebagai alat untuk memasarkan produknya. Mendukung pertumbuhan bisnis dari Elsse Scarves, dua metode analisis diterapkan, yaitu SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats) dan Business Model Canvas (BMC). Analisis SWOT digunakan untuk menilai faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi kinerja usaha, sedangkan BMC digunakan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang model bisnis yang diterapkan. Hasil dari kedua analisis ini akan menjadi acuan dalam merumuskan strategi pengembangan bisnis yang dapat diterapkan oleh Elsse Scarves. Diharapkan, strategi tersebut dapat meningkatkan kinerja usaha, menyelesaikan masalah yang ada, serta membuka peluang yang lebih besar dalam meningkatkan penjualan dan memperluas jangkauan pasar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-09-01