Strategi Konten TikTok @jpradarsemarang dalam Meningkatkan Engagement
DOI:
https://doi.org/10.24076/pikma.v5i2.1002Keywords:
Engagement, Teori Gatekeeping, TikTokAbstract
Perkembangan teknologi merubah pola konsumsi informasi masyarakat, yang cenderung menggunakan media sosial sebagai sumber informasi, termasuk aplikasi TikTok. Oleh karena itu, Radar Semarang, sebagai salah satu media berita, mengoptimalkan penggunaan TikTok sebagai media publikasi berita dengan membuat akun @jpradarsemarang dan mengunggah beragam konten. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi konten TikTok yang digunakan oleh Radar Semarang dalam meningkatkan engagement pada akun TikTok @jpradarsemarang. Teori yang digunakan adalah teori gatekeeping (ulasan tentang teori gatekeeping), dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Radar Semarang menerapkan strategi konten TikTok, tetapi masih belum optimal. Tingkat engagement yang rendah disebabkan oleh kurangnya kreatifitas, inovasi, interaksi dengan audiens, dan strategi yang belum efektif. Radar Semarang harus memperbaiki pola pengelolaan konten di akun TikTok @jpradarsemarang dengan lebih sistematis, kreatif, dan interaktif agar tujuan perusahaan dapat tercapai.
Downloads
References
Anggreini, K. (2010). Proses Gatekeeping dalam Produksi Berita di Program Suara Anda Metro TV:Sebuah Observasi Proses Produksi Program di Media Massa Televisi. Universitas Diponegoro
Arifianti, N., & Adiarni, N. (2020). Pengelolaan Media Sosial pada Usaha XYZ. Agribusiness Journal, 13(2), 1-7. DOI: https://doi.org/10.15408/aj.v13i2.13945
Bungin, B. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif?: Aktualisasi Metodologis Ke Arah Ragam Varian Kontemporer (Edisi 1). Jakarta: Grafindo persada.
Cangara. (2017). Perencanaan & strategi komunikasi (Edisi revisi). Depok: RajaGrafindo Persada.
Deborah D’souza. (2022). TikTok: What It Is, How It Works, and Why It’s Popular. Retrieved October 2, 2022, from Investopedia website: https://www.investopedia.com/what-is-tiktok-4588933
DJ Waldow, J. F. (2012). The Rebel’s Guide to Email Marketing: Grow Your List, Break the Rules, and Win (Edisi 1). Que Publishing.
Ivan Mahdi. (2022). Pengguna Media Sosial di Indonesia Capai 191 Juta pada 2022. Retrieved October 2, 2022 from Dataindonesia.Id website: https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-capai-191-juta-pada-2022
jpradarsemarang. (2022). Radarsemarang. Retrieved June 24, 2022, from Radar Semarang TikTok: https://www.tiktok.com/@jpradarsemarang
Miles, M. B., Huberman, M. a, & Saldana, J. (2014). Drawing and Verfying Conclusions. In Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (Edisi 4). SAGE. https://books.google.com/books/about/Qualitative_Data_Analysis.html?id=3CNrUbTu6CsC
Moore, K., & McElroy, J. C. (2012). The influence of personality on Facebook usage, wall postings, and regret. In Comput. Hum. Behav, 28, 267-274. DOI: http://dx.doi.org/10.1016/j.chb.2011.09.009
Pamela J. Shoemaker, T. V. (2009). Gatekeeping Theory (illustrated). New York: Routledge. https://books.google.co.id/books/about/Gatekeeping_Theory.html?id=mOOPAgAAQBAJ&redir_esc=y
radarkudus. (2022). RADAR KUDUS (@radarkudus) | TikTok. @radarkudus. Retrieved June 24, 2022, from Radar Kudus TikTok: https://www.tiktok.com/@radarkudus
Radar Semarang. (2022). About Us | RADARSEMARANG.ID. Retrieved June 24, 2022, from Radar Semarang website: https://radarsemarang.jawapos.com/about-us/
Sabate, F., Berbegal?Mirabent, J., Cañabate, A., & Lebherz, P. (2014). Factors influencing popularity of branded content in Facebook fan pages. European Management Journal, 32(6), 1001–1011. DOI: https://doi.org/10.1016/j.emj.2014.05.001
Shoemaker, P. J. (2009). Gatekeeping Theory.2009/Pamela J.Shoemaker (Edisi 1). New York: Routledge.
Suyoto, S., Laily, D. W., Wajdi, F., Santoso, E., & Putra, F. M. E. (2019). STRATEGI BISNIS PENGOLAHAN IKAN PADA UD SBY CORPORATION DI DESA WANGUNDADI, KECAMATAN DUDUK SAMPEYAN KABUPATEN GRESIK. Grouper. Jurnal Ilmiah Perikanan, 10(1), 23-31. DOI: https://doi.org/10.30736/grouper.v10i1.49
Winarso, B. (2021). Apa Itu TikTok dan Apa Saja Fitur-fiturnya?. Retrieved April 7, 2022, from Dailysocial.Id website: https://dailysocial.id/post/apa-itu-tik-tok
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.