Strategi Konten TikTok @jpradarsemarang dalam Meningkatkan Engagement

Authors

  • Desya Altifah Salma Universitas Dian Nuswantoro
  • Choirul Ulil Albab Universitas Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.24076/pikma.v5i2.1002

Keywords:

Engagement, Teori Gatekeeping, TikTok

Abstract

Perkembangan teknologi merubah pola konsumsi informasi masyarakat, yang cenderung menggunakan media sosial sebagai sumber informasi, termasuk aplikasi TikTok. Oleh karena itu, Radar Semarang, sebagai salah satu media berita, mengoptimalkan penggunaan TikTok sebagai media publikasi berita dengan membuat akun @jpradarsemarang dan mengunggah beragam konten. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi konten TikTok yang digunakan oleh Radar Semarang dalam meningkatkan engagement pada akun TikTok @jpradarsemarang. Teori yang digunakan adalah teori gatekeeping (ulasan tentang teori gatekeeping), dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Radar Semarang menerapkan strategi konten TikTok, tetapi masih belum optimal. Tingkat engagement yang rendah disebabkan oleh kurangnya kreatifitas, inovasi, interaksi dengan audiens, dan strategi yang belum efektif. Radar Semarang harus memperbaiki pola pengelolaan konten di akun TikTok @jpradarsemarang dengan lebih sistematis, kreatif, dan interaktif agar tujuan perusahaan dapat tercapai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggreini, K. (2010). Proses Gatekeeping dalam Produksi Berita di Program Suara Anda Metro TV:Sebuah Observasi Proses Produksi Program di Media Massa Televisi. Universitas Diponegoro

Arifianti, N., & Adiarni, N. (2020). Pengelolaan Media Sosial pada Usaha XYZ. Agribusiness Journal, 13(2), 1-7. DOI: https://doi.org/10.15408/aj.v13i2.13945

Bungin, B. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif?: Aktualisasi Metodologis Ke Arah Ragam Varian Kontemporer (Edisi 1). Jakarta: Grafindo persada.

Cangara. (2017). Perencanaan & strategi komunikasi (Edisi revisi). Depok: RajaGrafindo Persada.

Deborah D’souza. (2022). TikTok: What It Is, How It Works, and Why It’s Popular. Retrieved October 2, 2022, from Investopedia website: https://www.investopedia.com/what-is-tiktok-4588933

DJ Waldow, J. F. (2012). The Rebel’s Guide to Email Marketing: Grow Your List, Break the Rules, and Win (Edisi 1). Que Publishing.

Ivan Mahdi. (2022). Pengguna Media Sosial di Indonesia Capai 191 Juta pada 2022. Retrieved October 2, 2022 from Dataindonesia.Id website: https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-capai-191-juta-pada-2022

jpradarsemarang. (2022). Radarsemarang. Retrieved June 24, 2022, from Radar Semarang TikTok: https://www.tiktok.com/@jpradarsemarang

Miles, M. B., Huberman, M. a, & Saldana, J. (2014). Drawing and Verfying Conclusions. In Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (Edisi 4). SAGE. https://books.google.com/books/about/Qualitative_Data_Analysis.html?id=3CNrUbTu6CsC

Moore, K., & McElroy, J. C. (2012). The influence of personality on Facebook usage, wall postings, and regret. In Comput. Hum. Behav, 28, 267-274. DOI: http://dx.doi.org/10.1016/j.chb.2011.09.009

Pamela J. Shoemaker, T. V. (2009). Gatekeeping Theory (illustrated). New York: Routledge. https://books.google.co.id/books/about/Gatekeeping_Theory.html?id=mOOPAgAAQBAJ&redir_esc=y

radarkudus. (2022). RADAR KUDUS (@radarkudus) | TikTok. @radarkudus. Retrieved June 24, 2022, from Radar Kudus TikTok: https://www.tiktok.com/@radarkudus

Radar Semarang. (2022). About Us | RADARSEMARANG.ID. Retrieved June 24, 2022, from Radar Semarang website: https://radarsemarang.jawapos.com/about-us/

Sabate, F., Berbegal?Mirabent, J., Cañabate, A., & Lebherz, P. (2014). Factors influencing popularity of branded content in Facebook fan pages. European Management Journal, 32(6), 1001–1011. DOI: https://doi.org/10.1016/j.emj.2014.05.001

Shoemaker, P. J. (2009). Gatekeeping Theory.2009/Pamela J.Shoemaker (Edisi 1). New York: Routledge.

Suyoto, S., Laily, D. W., Wajdi, F., Santoso, E., & Putra, F. M. E. (2019). STRATEGI BISNIS PENGOLAHAN IKAN PADA UD SBY CORPORATION DI DESA WANGUNDADI, KECAMATAN DUDUK SAMPEYAN KABUPATEN GRESIK. Grouper. Jurnal Ilmiah Perikanan, 10(1), 23-31. DOI: https://doi.org/10.30736/grouper.v10i1.49

Winarso, B. (2021). Apa Itu TikTok dan Apa Saja Fitur-fiturnya?. Retrieved April 7, 2022, from Dailysocial.Id website: https://dailysocial.id/post/apa-itu-tik-tok

Downloads

Published

2023-04-11

How to Cite

Salma, D. A., & Ulil Albab , C. . (2023). Strategi Konten TikTok @jpradarsemarang dalam Meningkatkan Engagement. Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema, 5(2), 163-166. https://doi.org/10.24076/pikma.v5i2.1002

Issue

Section

Articles