About the Journal

Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu komunikasi Media dan Cinema adalah publikasi ilmiah yang pertama kali terbit pada tahun 2018. Jurnal PIKMA dipublikasikan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ekonomi dan Sosial, Universitas AMIKOM Yogyakarta. Jurnal PIKMA juga telah teregistrasi Electronic-ISSN 2655-6405 dan Print-ISSN 2622-5476. Selain itu, Jurnal PIKMA diterbitkan dua kali dalam setahun, yakni bulan Maret dan September. Adapun fokus tulisan Jurnal PIKMA adalah mengenai Media Baru dan Teknologi Komunikasi (New Media and Communication Technologies), Media dan Jurnalistik (Media and Journalism), Komunikasi Pemasaran (Marketing Communication), Kajian Film (Film Studies), Komunikasi Antar Budaya (Cross-cultural communication), Komunikasi Politik (Political communication) dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (Information and Communication Technology).

Current Issue

Vol. 8 No. 1 (2025): September 2025
					View Vol. 8 No. 1 (2025): September 2025
Published: 2025-09-29

Articles

  • Strategi Negative Word of Mouth dalam Pesan Persuasif Akun X @GerakanBDS_ID

    Azalia Una Salsabila, Heni Indrayani
    1-19
  • Communication Strategies of Telkom Indonesia in Increasing ESG GoZero% Brand Awareness

    Farida Pramesti, Lusy Mukhlisiana
    20-37
  • Upaya Pencegahan Pelecehan Seksual; Analisis Semiotika Roland Barthes Film ‘Women From Rote Island’

    Dea Wahyu Nurul Karomah, Juariyah Juariyah
    38-62
  • Rainbows in Pixels: LGBTQ Representation on Animated Content in YouTube Kids

    Annisa Gissena
    63-82
  • The Self-Identity Construction of Virtual Idol Hatsune Miku Young Adult Fans

    Alexandria Cempaka Harum
    83-103
  • Analisis Pergerakan Kamera pada Narasi Visual Isu Lingkungan Film Semua Pasti Bertuan

    Wenang Mukti, Farhana Aulia
    104-123
  • Collaborative Painting as a Media for Anti-Bullying Campaign in School Environment

    Lisna Hikmawaty, Bakti Bestin, Oktian Fajar Nugroho, Silvia Ratna Juwita
    124-138
  • Cyberbranding Interactivity in Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) of Asbhoel Distro

    Sena Senjani, Dedeh Fardiah, Anne Ratnasari
    139-158
  • Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure: Representasi Kritik Sosial Pada Lirik “Bayar, Bayar, Bayar”

    Jarot Ariyanto, Mohamad Alif Gibran Kant, Imam Chaerul Hakim, Ferry Darmawan
    159-172
  • Representasi Mixed Feelings dalam Video Klip BTS “Fake Love”(Analisis Semiotika Roland Barthes)

    Raudhah Suffa Nabawi, Afdal Makkuraga
    173-200
  • Kritik Politik dengan Menggelitik: Analisis Retorika Penampilan Stand-up Comedy Pandji Pragiwaksono

    Wahyu Gilang Putranto, Sri Hastjarjo, S.Sos., Ph.D., Dr. Mahfud Anshori, S.Sos., M.Si.
    201-217
  • Village Information System Development For Data Sovereignty

    Fadjarini Sulistyowati, Subejo Subejo, Muhamad Sulhan
    218-233
  • Konstruksi Pesan Pada Konten Media Sosial Instagram @Naturebridgeid

    Aurelia Putri Tabina Salma, Freddy Yusanto
    234-255
  • Representasi Resistensi Anak Muda Dalam Konten #KaburAjaDulu oleh Influencer Gerald Vincent

    NAJMI RIZKI KHAIRANI, Irawati Sri Wulandari
    256-270
  • KOHESIVITAS DINAMIKA KOMUNIKASI KELOMPOK PARA NARAPIDANA

    Sigit Tripambudi, Basuki Agus Suparno, Sika Nur Indah, Sadeli Sadeli
    271-292
View All Issues
Journal Title  Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu komunikasi Media dan Cinema
Initials  PIKMA
Frequency  2 issues per year
Prefix DOI  10.24076 crossref3 
E ISSN  2655-6405
Editor In Chief  Dwi Pela Agustina
Publisher & Organizer  Univesitas AMIKOM Yogyakarta

Jurnal PIKMA has been indexed by:

Index of /public/site/images/jukep1