Efektivitas Penggunaan Media Sosial YouTube SKWAD Beauty Sebagai Media Pemenuhan Kebutuhan Informasi Kesehatan Kulit Wajah pada Subscribers
DOI:
https://doi.org/10.24076/pikma.v6i1.1131Keywords:
Social Media, YouTube Channel, Fulfillment of Information Needs, Facial Skin HealthAbstract
Kehadiran berbagai jenis media sosial tentunya digunakan untuk berkomunikasi, mencari hiburan, hingga berbagi informasi. Dalam media sosial, informasi dapat disampaikan melalui berbagai bentuk salah satunya tayangan video melalui platform media sosial YouTube. Seperti YouTube channel dengan nama “SKWAD Beauty” merupakan sebuah channel yang membahas seputar kebutuhan para perempuan terkait produk kecantikan, beauty news, hingga tips dan trik dalam menjaga kesehatan dan merawat kesehatan kulit wajah hingga tubuh. Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian kuantitatif dengan paradigma positivisme serta jenis penelitian eksplanatif. Peneliti menggunakan metode survey dengan kuesioner yang disebarkan melalui google form sebagai alat pengumpulan data nya. Hasil dari penelitian ini menyatakan F hitung > F tabel yang memiliki arti bahwa terdapat pengaruh secara simultan. Selain itu, nilai koefisien korelasi yang dimiliki adalah 0,975 yang berada pada rentang nilai 0,80 – 1,000 memiliki arti bahwa hubungan yang dimiliki sangat kuat. Kesimpulan yang dapat diambil ialah terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara variabel efektivitas dan variabel penggunaan media sosial terhadap variabel pemenuhan kebutuhan informasi subscribers channel YouTube SKWAD Beauty
Downloads
References
Brier, J., & lia dwi jayanti. (2020). Metode Penelitian (Vol. 21, Issue 1). http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203
Helen, H., & Rusdi, F. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Akun Instagram @Jktinfo Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers. Prologia, 2(2), 355. https://doi.org/10.24912/pr.v2i2.3712
Junawan, H., & Laugu, N. (2020). Eksistensi Media Sosial,Youtube, Instagram dan Whatsapp Ditengah Pandemi Covid-19 Dikalangan Masyarakat Virtual Indonesia. Baitul ’Ulum: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 4(1), 41–57. https://doi.org/10.30631/baitululum.v4i1.46
Ningtyas, W., Saputro, S., & Mulyani, S. (2014). Pembelajaran Kimia Menggunakan Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization ( Tai ) Dilengkapi Media Peta Konsep dan Media Lingkaran Hidrokarbon. Jurnal Inkuiri, 3(3), 120–128.
Rohman, J. N., & Husna, J. (2017). Situs Youtube Sebagai Media Pemenuhan Kebutuhan Informasi: Sebuah Survei Terhadap Mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan Universitas Diponegoro Angkatan 2013-2015. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(1), 171–180. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23037
Sekarwulan, A., Novita, Purwanto, H., & Safitri, D. (2020). Peran Instagram @p2ptmkemenkesri Sebagai Media Kampanye Kesehatan. Communications, 2(1), 1–15. https://doi.org/10.21009/communications.2.1.1
Setiadi, E. F., Azmi, A., & Indrawadi, J. (2019). Youtube Sebagai Sumber Belajar Generasi Milenial. Journal of Civic Education, 2(4), 313–323. https://doi.org/10.24036/jce.v2i4.135
Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.
Tinambunan, T. M. (2022). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Komunikasi Massa Dikalangan Pelajar. Jurnal Mutakallimin?: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 14–21. https://doi.org/10.31602/jm.v5i1.6756
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.