Efektivitas Komunikasi Program Psychological Services PKBI Riau dalam Memenuhi Kebutuhan Psikologi Pengungsi Saat Pandemi Covid-19

Authors

  • Ringgo Eldapi Yozani Universitas Riau
  • Indah Permata Sari Universitas Riau
  • Tutut Ismi Wahidar Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.24076/pikma.v6i1.1256

Keywords:

Efektivitas Komunikasi, Psychological Services, Kebutuhan Psikologi, Pengungsi

Abstract

Komunikasi bertujuan untuk mencapai komunikasi yang efektif yaitu apabila rangsangan yang disampaikan oleh komunikator bisa diterima serta dicerna oleh penerimanya dengan baik. Berdasarkan dari pendapat yang dikemukakan oleh Cultip, dkk (2011), bahwasannya guna memberikan nilai keefektifan dalam sebuah komunikasi di dalam suatu program public relations dan salah satu instansi yang menjalankannya yaitu program psychological services oleh PKBI Daerah Riau untuk masyarakat dan pengungsi yang berada di Pekanbaru. Tujuannya untuk memberikan peningkatan diri individu dalam pemecahan berbagai masalah psikologi yang muncul akibat dari situasi negara konflik apalagi saat pandemi covid-19. Dalam penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif deskriptif dan menggunakan metode pengumpulan datanya melalui penyebaran kuesioner secara langsung kepada pengungsi yang mengikuti program PKBI Daerah Riau dengan jumlah sampel yaitu 283 responden yang dihitung menggunakan rumus slovin. Setelah kuesioner disebarkan di lapangan, selanjutnya menggunakan aplikasi SPSS for windows versi 23 yaitu sebuah aplikasi yang digunakan guna mengolah suatu data yang sudah diperoleh atau sudah terkumpul di dalam penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program psychological services PKBI Daerah Riau sebesar 3,09 yang masuk kedalam kategori efektif dalam melaksanakan kegiatan untuk pengungsi saat pandemi covid-19 di Pekanbaru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriani, A. (2015). Strategi Marketing Communication. Jurnal Wacana, XIV(1), 87–109;:.

Akdon, dan R. (2013). Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Alfabeta.

Ardianto, E. (2010). Metodologi Penelitian Untuk Public Relations Kuantitatif Dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Asmara Dewi, W. W., & Syauki, W. R. (2022). Pesan Kampanye Non-Government Organization terhadap Permasalahan Sampah Plastik. Jurnal Riset Komunikasi, 5(2), 159–171. https://doi.org/10.38194/jurkom.v5i2.428

Bungin, B. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Predana Media Group.

Cutlip, Scott M,dkk. 2009. Effective Public Relations. Jakarta: Kencana Pernada Media Group Durianto, Darmadi, dkk. 2003. Inovasi Pasar dengan Iklan Efektif. Jakarta: Cetakan Gramedia Pustaka

Fajriyah, Nur. Ri’aeni, Ida. Yusron, A. (2019). Efektivitas Komunikasi Organisasi Dalam Manajemen Program Kerja Pos Yandu. Fajiyah / Jurnal Interact.

Frizdew, M. J. (2019). Efektivitas Komunikasi Program #Genzhetikyuk! Dalam Mengampanyekan Hemat Plastik Bagi Generasi Z Di Pekanbaru. jom fisip.

Handaru, S. (2017). Efektivitas Komunikasi Humas dalam Sosialisasi Program SIM Online oleh Satlantas Polrestabes Surabaya. Jurnal E-Komunikasi.

Ismai. (2020). M Engenal C Ovid -19 Dan C Egah P Enyebarannya D Engan “ P Eduli L Indungi ” a Plikasi B Erbasis a Ndorid. April, 1–6.

M. Armando, Nina. 2019. Psikologi Komunikasi. Banten: Universitas Terbuka

Muslimah, S. (2019). Analisis Novel “Assalamualaikum Calon Imam” Karya Ima Madiniah (Aspek Psikologis). Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 9(1), 75. https://doi.org/10.31851/pembahsi.v9i1.4247

Ningsih, C. (2019). Strategi Humas dalam mensosialisasikan kegiatan. Jurnal Pustaka Komunikasi, 2(1), 15–27. https://media.neliti.com/media/publications/93021-ID-strategi-humas-dalam-mensosialisasikan-p.pdf

Ramadhani, V. (2020). Efektivitas Komunikasi Program Partisipasi Masyarakat Ombudsman RI Provinsi Riau Dalam Meningkatkan Pengetahuan Sahabat Ombudsman Mengenai Maladministrasi. Jom Fisip.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Triyon, Agus. Eko Yudistiro, S. (2017). Efektivitas Komunikasi Penyuluh Dalam Implementasi Program Kebun Gizi Mandiri oleh Rumah Zakat. Jurnal Urecol.

Yulianti, D. (2018). Implementasi Program Kemitraan Dalam Corporate Social Responsibility (CSR) Melalui Pemberdayaan Masyarakat Untuk Mewujudkan Pembangunan Kesejahteraan. Sosiologi: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Sosial Dan Budaya, 20(1), 11–21.

Zerona, S., & Noor, K. (2015). Strategi Komunikasi Humas CV. Sinar Baru Lentera dalam memenangkan Tender Jasa Konstruksi. Wacana, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 14(3), 274–294. https://journal.moestopo.ac.id/index.php/wacana/article/view/122/67.

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Yozani, R. E. ., Permata Sari, I. ., & Wahidar, T. I. . (2023). Efektivitas Komunikasi Program Psychological Services PKBI Riau dalam Memenuhi Kebutuhan Psikologi Pengungsi Saat Pandemi Covid-19. Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema, 6(1), 126-136. https://doi.org/10.24076/pikma.v6i1.1256

Issue

Section

Articles