Analisis Pesan Motivasi pada Film CODA (2021)

Authors

  • Syahrul Hidayanto Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Fadia Shafa Aurellie Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Keywords:

Pesan Motivasi, Film, CODA, Semiotika, Charles Sanders Pierce

Abstract

Film yang dikemas dengan baik, menarik dan kreatif akan meninggalkan kesan tersendiri bagi penontonnya. Salah satu film yang memuat pesan motivasi di dalamnya adalah film CODA yang dirilis tahun 2021. Film ini mengangkat tema disabilitas namun fokusnya justru bukan kepada penyandang disabilitasnya melainkan kepada seorang anak remaja perempuan yang terlahir berbeda di tengah keluarga tunarungu. Tokoh utama dalam film tersebut berjuang meraih mimpinya menjadi seorang penyanyi. Namun, mimpi besarnya ditentang oleh orang tuanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisis pesan motivasi yang terkandung di dalam film CODA. Penelitian ini meminjam konsep motivasi yang dikemukakan oleh Abraham Maslow. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, dokumentasi, wawancara dan studi pustaka. Penelitian ini menggunakan metode analisis semiotika Charles Sanders Peirce dan diabsahkan datanya menggunakan triangulasi teknik. Hasil pada penelitian ini ditemukan 15 scene yang mengandung pesan motivasi menurut Maslow diantaranya, motivasi untuk kebutuhan rasa aman, motivasi untuk kebutuhan sosial, motivasi untuk kebutuhan penghargaan dan motivasi untuk kebutuhan aktualisasi diri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afiif, A., & Makkulau, A.-F. B. (2016). Motivasi Belajar Biologi Siswa Sma Ditinjau Dari Pola Asuh Orangtua Dan Dukungan Sosial Teman Sebaya. Jurnal Psikologi Perseptual, 1(2), 62–69. https://doi.org/10.24176/perseptual.v1i2.1636

Brummelman, E., Thomaes, S., Slagt, M., Overbeek, G., de Castro, B. O., & Bushman, B. J. (2013). My Child Redeems My Broken Dreams: On Parents Transferring Their Unfulfilled Ambitions onto Their Child. PLoS ONE, 8(6). https://doi.org/10.1371/journal.pone.0065360

Deni, I. F., Islam, U., & Sumatera, N. (2023). Analisis Pesan Motivasi Dalam Film “ Rentang Kisah ” (Pendekatan Teori Abraham Maslow). Satukata: Jurnal Sains, Teknik Dan Kemasyarakatan, 1(3), 97–106.

Golonggom, M., Iroth, S., & Rotty, V. (2022). Analisis Nilai Pendidikan Pada Film Keluarga Cemara dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Sastra. KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Seni, 2(4), 1279–1288.

Manesah, D., Minawati, R., & Nursyirwan, N. (2018). Analisis Pesan Moral Dalam Film Jangan Baca Pancasila Karya Rafdi Akbar. PROPORSI?: Jurnal Desain, Multimedia Dan Industri Kreatif, 3(2), 176–187. https://doi.org/10.22303/proporsi.3.2.2018.176-187

Mudjiyanto, B., & Nur, E. (2013). Semiotika dalam Metode Penelitian Komunikasi. Jurnal Penelitian Komunikasi, Informatika Dan Media Massa, 16(1), 73–82. https://media.neliti.com/media/publications/222421-semiotics-in-research-method-of-communic.pdf

Ramadhan. (2021). Jangan Bunuh Bakat dan Mimpi Anak. Asumsi.Co. https://asumsi.co/post/59220/jangan-bunuh-bakat-dan-mimpi-anak/

Sari, A. A. (2020). Analisis Pesan Motivasi Dalam Film Merry Riana?: Mimpi Sejuta Dolar. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Sartika, E. (2014). Analisis Isi Kualitatif Pesan Moral dalam Film Berjudul “Kita Versus Korupsi.” EJournal Ilmu Komunikasi, 2(2), 63–77.

Sukardi, M. (2022). Jangan Dianggap Diabaikan, Punya Cita-Cita Itu Penting untuk Si Kecil. Okezone.Com. https://lifestyle.okezone.com/read/2022/10/07/612/2682825/jangan-dianggap-diabaikan-punya-cita-cita-itu-penting-untuk-si-kecil

Utami, D. P., Melliani, D., Maolana, F. N., Marliyanti, F., & Hidayat, A. (2021). Iklim Organisasi Kelurahan Dalam Perspektif Ekologi. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12).

Vera, N. (2014). Semiotika Dalam Riset Komunikasi (R. Sikumbang (ed.)). Penerbit Ghalia Indonesia.

voaindonesia.com. (2022). Walau Terdampak Pandemi, Film “CODA,” “Tick, tick...BOOM!” dan Dokumenter “Summer of Soul” Berjaya di Oscar. Voaindonesia.Com. https://www.voaindonesia.com/a/walau-terdampak-pandemi-film-CODA-tick-tick-boom-dan-dokumenter-summer-of-soul-berjaya-di-oscar/6500494.html

Zelfia, & Hadawiah. (2019). Komunikasi Visual; Pengantar, Metodologi Desain, dan Budaya Visual (M. V M (ed.); Edisi pert). Kekata Publisher.

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Hidayanto, S., & Aurellie, F. S. . (2023). Analisis Pesan Motivasi pada Film CODA (2021). Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema, 6(1), 103-125. Retrieved from https://jurnal.amikom.ac.id/index.php/pikma/article/view/1258

Issue

Section

Articles