Pemanfaatan Twitter Akun Autobase @JPFBASE Sebagai Media Komunikasi Bagi Kalangan Penikmat Pop-Culture Jepang di Pekanbaru

Authors

  • Kamila Khairunnisa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau
  • Dyah Pithaloka Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.24076/pikma.v6i1.1318

Keywords:

Budaya Populer, Fitur Autobase, Twitter

Abstract

Abstrak

Keberadaan berbagai budaya Jepang, meningkatkan karakteristik mereka secara global. Akun autobase @JPFBASE adalah media yang dikhususkan bagi para penggemar untuk berbagi opini, informasi, dan berdiskusi tentang hal-hal yang berkaitan dengan pop-culture Jepang. Penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana penggemar pop-culture Jepang memanfaatkan fitur autobase  sebagai media komunikasi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan para peminat pop-culture Jepang memanfaatkan akun @JPFBASE sebagai sarana informasi, sarana menjalin hubungan, sarana edukasi, dan sarana hiburan. Hasil penelitian mengungkapkan faktor pendukung dan penghambat berperan besar dalam pemanfaatan basis tersebut. @JPFBASE adalah akun yang terbuka untuk umum bagi para pengikutnya untuk mendiskusikan konten Jepang terkait secara terbuka. Sebaliknya, followers yang belum di-follow oleh @JPFBASE tidak bisa mengirimkan menfess. Karena followers yang masif, beberapa menfess seringkali tidak terjangkau.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdulloh, N., & Hidayatullah, A. F. (2019). Deteksi Cyberbullying pada Cuitan Media Sosial Twitter. Automata, Vol 1(1), 1–5.

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (P. Rapanna (ed.)). CV. Syakir Media Press.

Adelia, Y., & Christin, M. (2022). Pola Komunikasi Pada Autobase Twitter @Collegemenfess Sebagai Media Informasi Dan Komunikasi Di Bidang Pendidikan. E-Proceeding of Management, 9(02), 1112–1121. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/17773

Adhimah, S. (2020). Peran orang tua dalam menghilangkan rasa canggung anak usia dini (studi kasus di desa karangbong rt. 06 rw. 02 Gedangan-Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 57–62. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.31618

Aqilla, N. D., & Yogyakarta, U. M. (2022). Penerapan Diplomacy Japan Melalui Karya Sastra Naufal Daffa Aqilla Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Abstrak. October.

Islamiyah, A. N., Priyanto, N. M., & Prabhandari, N. P. D. (2020). Diplomasi Budaya Jepang dan Korea Selatan di Indonesia tahun 2020: Studi Komparasi. Jurnal Hubungan Internasional, 13(2), 257. https://doi.org/10.20473/jhi.v13i2.21644

Kunjana, G. (2018). 60 Tahun Indonesia-Jepang. Investor.Id. https://investor.id/archive/60-tahun-indonesia-jepang

Lexy J, Moleong. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Mohajan, H. (2018). Qualitative Research Methodology in Social Sciences and Related Subjects. Journal of Economic Development, Environment and People, 7(1), 23.

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media.

Putri, I. F. (2017). Diplomasi Dua Budaya: Studi Kasus Perbandingan Strategi Diplomasi Pop Culture Korea Selatan Dan Jepang Di Indonesia. Global Insight Journal, 01(02), 96–106.

Rahmadi. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian (Syahrani (ed.)). Antasari Press.

Rezeki, S. R. I. (2020). Penggunaan Sosial Media Twitter dalam Komunikasi Organisasi (Studi Kasus Pemerintah Provinsi Dki Jakarta Dalam Penanganan Covid-19). Journal of Islamic and Law Studies, 04(02), 63–78.

Riauan, M. A. I., & Salsabila, Z. F. (2022). Virtual Communication Pattern Of Twitter Autobase Management (Study Of Sharing Real Life Things Media On @bertanyarl Account). Jurnal Komunikasi, 14(1), 192. https://doi.org/10.24912/jk.v14i1.16118

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Khairunnisa, K., & Pithaloka, D. (2023). Pemanfaatan Twitter Akun Autobase @JPFBASE Sebagai Media Komunikasi Bagi Kalangan Penikmat Pop-Culture Jepang di Pekanbaru. Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema, 6(1), 154-172. https://doi.org/10.24076/pikma.v6i1.1318

Issue

Section

Articles