Strategi Komunikasi Voluntrip dalam Menumbuhkan Partisipasi Kaum Zillenial pada Kegiatan Sosial
DOI:
https://doi.org/10.24076/pikma.v6i1.1322Keywords:
Strategi Komunikasi, Zillenial, Kegiatan Sosial, VoluntripAbstract
Tahun 2022 Indonesia belum mencapai tingkat kesejahteraan masyarakat. hal ini berkaitan dengan tingkat ketimpangan sosial, pendidikan, dan ekonomi yang belum merata. Perlu ada tindakan gerakan sosial yang dilakukan dengan bantuan relawan yaitu generasi Z yang mendominasi populasi penduduk indonesia. kepekaan generasi Z terhadap isu sosial tergolong rendah. Langkah yang perlu dilakukan adalah memaksimalkan akses untuk anak muda berpartisipasi. Perkembangan teknologi saat ini kegiatan sosial dapat disebarluaskan melalui media sosial seperti hal yang dilakukan oleh voluntrip. Penelitian ini memiliki tujuan untuk memahami strategi komunikasi voluntrip dalam menumbuhkan partisipasi kaum zillenial pada kegiatan sosial yang dianalisis menggunakan model PEP (Preparation, Engagement, Preparation). Penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukan Voluntrip telah menjalankan model PEP dengan kolaborasi persiapan informasi, agenda kegiatan yang jelas, memilih rekan kerja yang sesuai, melibatkan relawan dengan maksimal, dan memberikan laporan pertanggungjawaban dan dikemas bentuk foto dan video. Sehingga, menimbulkan rasa ingin berpartisipasi dalam kegiatan sosial yang meningkat.
Downloads
References
Abednego, F., Kuswoyo, C., Lu, C., & Wijaya, G.E. (2021). Analisis Pemilihan Social Media Influencer Pada Instagram Terhadap Perilaku Konsumen (Studi Kualitatif Pada Generasi Y dan Generasi Z di Bandung). Jurnal Riset Bisnis, 5(1), 57-73.
AIESEC Indonesia. (2022). 5 Rekomendasi Kegiatan Sosial Bagi Anak Muda!. dari aiesec.or.id, website : https://aiesec.or.id/5-rekomendasi-kegiatan-sosial-bagi-anak-muda/#:~:text=Kegiatan%20sosial%20adalah%20setiap%20kegiatan,masyarakat%20untuk%20kepentingan%20lingkungan%20sekitar.
AIESEC Indonesia. (2020). Organisasi Tidak Penting? Cek 4 Manfaatnya disini!. Dari aiesec.or.id, website : https://aiesec.or.id/manfaatnya-dan-pentingnya-organisasi/
Aini, S., & Wijaya, M. (2018). Metode Penelitian Kualitatif.
Anggryani, D.S. (2022). Kitabisa: Membuka Jalan Kebaikan bagi Manusia. Diakses dari https://www.ukmindonesia.id/baca-deskripsi-posts/kitabisa-membuka-jalan-kebaikan-bagi-manusia/
Annur, M.A. (2022). Data Pendapat Responden tentang Kondisi Rakyat di Usia ke-77 Indonesia. Dari katadata.co.id, website :https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/08/17/77-tahun-ri-merdeka-banyak-warga-merasa-belum-sejahtera
Arifin, A. (2013). Strategi Komunikasi Sebuah Pengantar Ringkas. Bandung: Armico.
Atomoko, D. B, (2012). Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita.
Bisjoe, A.R. H. (2018). Menjaring Data dan Informasi Penelitian melalui FGD (Focus Group Discussion): Belajar Dari Praktik Lapang. Info Teknis EBoni, Vol. 15. No. 1.
Connors, N. (2023). Boom in Young Volunteers as Survey Shows Gen Z most Likely to Gift Time. Dari bhf.or.uk, website : https://www.bhf.org.uk/what-we-do/news-from-the-bhf/news-archive/2023/august/gen-z-most-likely-to-gift-time#:~:text=to%20gift%20time-,Boom%20in%20young%20volunteers%20as%20survey%20shows,most%20likely%20to%20gift%20time&text=We%20have%20seen%20a%20boom,than%20any%20other%20age%20group.
Bungin, B. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta : Rajawali Pers. Tersedia dari: https://www.bhf.org.uk/what-we-do/news-from-the-bhf/news-archive/2023/august/gen-z-most-likely-to-gift-time#:~:text=Ninety%2Dfour%20per%20cent%20of,aged%2059%2D77%2B)%20respondents.
Charles, S. (2015). Principles of Social Psychology (Hongkong : The Open University of Hong Kong.
Cho. H., Wong, Z., & Chiu, W. (2020). The Effect of Volunteer Management on Intention to Continue Volunteering: A Mediating Role of Job Satisfaction of Volunteer. Journal of Sage Open 1(11): 3-4, doi: https://doi.org/10.1177/2158244020920588
Connors, T. D. (2012). The Volunteer Management Handbook: Leadership Strategies for success. New Jersey : Wiley & Sons
Effendy, O. (2018). Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Citra. Aditya Bakti.
Hasanah, H. (2017). Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21-46
Jayani, D. H. (2021). Data Persentase Penduduk Indonesia Menurut Generasi. Dari katadata.co.id, website: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/05/24/proporsi-populasi-generasi-z-dan-milenial-terbesar-di-indonesia
Judithia, D. (2018). Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Perilaku Konsumtif Remaja. Jurnal Komunikasi Massa, 1(2), 155-169.
Kompas TV. (2023). Avo Berbagi Berkah Ramadan Melalui Kegiatan Buka Puasa dan Donasi CSR. Diperoleh dari Kompas.com, website https://www.kompas.tv/advertorial/401448/avo-berbagi-berkah-ramadan-melalui-kegiatan-buka-puasa-dan-donasi-csr?page=all
Marito, L. (2021). Peran Media Sosial dalam Mendorong Partisipasi Generasi Z dalam Kegiatan Sosial. Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(2), 176-185.
Mudani, L. S. (2022). STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF DENGAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM PEMASARAN BERBASIS DIGITAL. Mudani | COMMENT: Jurnal Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi.
Nasrullah, (2015). Media Sosial Sebagai Sarana Komunikasi Interpersonal. Cakrawala, 5(1), 15-25.
Nasrullah, (2015). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Noordiono, A. (2016). Karakter Generasi Z dan Proses Pembelajaran Pada Program Studi Akuntansi UNAIR. Jurnal. Surabaya.Unair.
Pitoewas, B., Nurhayati, Putri, D. S., & Yanzi, H. (2020). Analisis Kepekaan Sosial Generasi (Z) di Era Digital dalam Menyikapi Masalah Sosial. Jurnal Bhineka Tunggal Ika, 7(2), 611-625.
Putra, Yanuar. (2016). Teori Perbedaan Generasi. Jurnal: Ekonomi dan Bisnis, Vol. 9 No. 18.
Rizkiawati, R. (2017). Pentingnya Buku Panduan Bagi Volunteer Pada Organisasi Sosial. Jurnal: Social Work Journal, Vol. 7 No. 2.
Rosa, N. (2023, Mei, 4). Bappenas: Angka Partisipasi Pemuda Menurun dalam Pembangunan Indonesia Emas 2045. Detik. Diperoleh dari https://www.detik.com/edu/edutainment/d-6704311/bappenas-angka-partisipasi-pemuda-menurun-dalam-pembangunan-indonesia-emas-2045
Santoso, A. (2018). Pengaruh Media Sosial Instagram terhadap Perilaku Konsumtif Remaja di Yogyakarta. Skripsi. Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
Simamora, F. (2021). Pengaruh Media Sosial Instagram terhadap Perilaku Konsumtif Remaja di Manado. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 18(2), 101-112.
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.
Syukur, M., & Salsabila, S. (2022). Influencer Impact: Solusi Produsen Dalam Mempromosikan Produk. 8(2), 131.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.