Whatsapp Group Sebagai Media Transaksi Pembangkit Ekonomi Masyarakat Pasar Rebo Miliran Yogyakarta

Authors

  • Bambang Srigati Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Respati Yogyakarta
  • Mohammad Solihin Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Respati Yogyakarta
  • Faridatus Sholikhah Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Respati Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24076/pikma.v6i1.1323

Keywords:

ekonomi digital, grup whatsapp, komunikasi kelompok, media sosial, pasar rebo miliran

Abstract

Kelompok Pasar Rebo Miliran Yogyakarta muncul karena adanya pandemi Covid-19 membuat media sosial Whatsapp Group (WAG) jual beli yang semula sebagai media pengajian bagi anggota kelompoknya. Penelitian ini untuk menemukan alasan mereka hanya memilih menggunakan WAG sebagai media transaksi jual belinya dan menemukan dinamika komunikasi kelompok dalam memanfaatkan WAG. Teori yang digunakan adalah adaptive structuration theory dan participatory media culture theory. Jenis penelitian ini kualitatif deskriptif menggunakan paradigma post-positivistik dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa WAG dipilih oleh Kelompok Pasar Rebo Miliran dikarenakan sudah familiar dan banyak digunakan oleh anggotanya. Pemilihan WAG juga tidak lepas dari pengaruh ketua kelompok. Alasan lainnya pengaruh iklim atau kondisi saat itu terjadi Pandemi Covid-19. Sementara dinamika komunikasi yang terjadi tidak hanya sebatas sebagai penjual saja, tetapi juga sebagai pembeli yang menumbuhkan budaya media baru sebagai budaya partisipatif diantaranya membuat jadwal sesi postingan produk setiap harinya, memberikan respon dan komplain, serta memberikan teguran bagi yang melanggar aturan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aji, H. B., & A, W. N. G. (2020). Strategi Peningkatan Brand Awareness Yang Dilakukan Oleh Le Minerale Selama Masa Pandemi Covid-19. Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 168–177.

Andamisari, D. (2021). Penggunaan Status Whatsapp Sebagai Digital Marketing Warga Kecamatan Medan Satria Bekasi Di Era New Normal. Jurnal Lugas, 5(1), 66–72.

Andayati, D., & K, Y. R. (2021). WHATSAPP SEBAGAI ALAT BANTU PERDAGANGAN BATIK KRATON YOGYA DI ERA NEW NORMAL. Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sians & Teknologi (SNAST) 2021, 71–79. https://journal.akprind.ac.id/index.php/snast/article/view/3370

iNews Karanganyar. (2022). Inilah 4 Negara dengan Pengguna Media Sosial Terbesar di Dunia, Indonesia Urutan Berapa? https://karanganyar.inews.id/read/141095/inilah-4-negara-dengan-pengguna-media-sosial-terbesar-di-dunia-indonesia-urutan-berapa

Jatnika, A. (2019). Komunikasi Kelompok. Alfabeta.

Jenkins, H., Purushotma, R., Weigel, M., Clinton, K., & Robison, A. J. (2009). Confronting The Challengess of Participatory Culture: Media Education for the 21st Century. The MIT Press.

Jogja.suara. (2021). Canangkan Pemulihan Ekonomi, Pemkot Jogja Dukung Digitalisasi dan Kebun Hidroponik. https://jogja.suara.com/read/2021/06/05/161500/canangkan-pemulihan-ekonomi-pemkot-jogja-dukung-digitalisasi-dan-kebun-hidroponik

Kavoura, A., Kefallonitis, E., & Theodoridis, P. (Eds.). (2019). Strategic Innovative Marketing and Tourism. In The proceedings of the International Conference on Strategic Innovative Marketing and Tourism (ICSIMAT).

Kemp, S. (2022). Digital 2022: October Global Statshot Report. https://datareportal.com/reports/digital-2022-october-global-statshot

Littlejohn, S. W., Foss, K. A., & Oetzel, J. G. (2017). Theories of Human Communication: Eleventh Edition. Waveland Press, Inc.

Medcom. (2021). Yogyakarta Optimalkan JSS Dukung UKM Go Digital. https://www.medcom.id/ekonomi/bisnis/aNr9GdaK-yogyakarta-optimalkan-jss-dukung-ukm-go-digital

Mujamujukel.jogjakota. (2022). Gambaran Umum. https://mujamujukel.jogjakota.go.id/page/index/gambaran-umum

Mulyana, D. (2005). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. PT Remaja Rosdakarya.

Munasya. (2022). Manfaat Whatsapp Grup Dalam Keseharian. https://munasya.com/manfaat-Whatsapp-grup-dalam-keseharian/

Panuju, R. (2018). Pengantar Studi (Ilmu) Komunikasi: Komunikasi sebagai Kegiatan Komunikasi sebagai Ilmu. Kencana.

Pranawukir, I., & Hamboer, M. J. E. (2022). Model Komunikasi Bisnis Jual Beli Buku Melalui Komunikasi Interpersonal dan Komunitas Grup Facebook. Jurnal IKRAITH-HUMANIORA, 6(2), 40–47. https://doi.org/https://doi.org/10.37817/ikraith-humaniora.v6i2.1498

R, W. S., Unde, A., & Sadjad, R. S. (2019). Analisis Pemanfaatan Media Sosial Dalam Menunjang Proses Pembelajaran Siswa SMUN 1 Makassar. Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi, II(I), 54–63.

Rahartri. (2019). Whatsapp Media Komunikasi Efektif Masa Kini (Studi Kasus Pada Layanan Jasa Informasi Ilmiah Di Kawasan PUSPIPTEK). Jurnal Visi Pustaka, 21(2), 147–156.

Risnawati, N. (2021). Peran Media Sosial Dimasa Pandemi untuk Kemajuan Perekonomian Di Masyarakat. Jurnal Simki Economic, 4(1), 35–46.

Suherlan, R. (2021). 5 Media sosial yang paling banyak digunakan tahun 2021. https://lifestyle.kontan.co.id/news/5-media-sosial-yang-paling-banyak-digunakan-tahun-2021

We Are Social & HootSuite. (2022). Digital 2022 Global Overview Report. https://wearesocial.com/us/blog/2022/01/digital-2022-another-year-of-bumper-growth-2/

Whatsapp. (2022). Features. https://www.whatsapp.com/features

Downloads

Published

2023-10-04

How to Cite

Srigati, B., Solihin, M., & Sholikhah, F. (2023). Whatsapp Group Sebagai Media Transaksi Pembangkit Ekonomi Masyarakat Pasar Rebo Miliran Yogyakarta. Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema, 6(1), 137-153. https://doi.org/10.24076/pikma.v6i1.1323

Issue

Section

Articles