Live Streaming TikTok sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital TMade Artisan Souvenir
DOI:
https://doi.org/10.24076/pikma.v7i1.1686Keywords:
Komunikasi pemasaran digital, Live streaming, Industri kreatif, Pemanfaatan mediaAbstract
Fitur live streaming TikTok dua tahun belakang ini mulai digunakan sebagai media komunikasi pemasaran digital untuk mempromosikan produk jualan kepada followers. Hal ini membuat TMADE, sebagai salah satu Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang bergerak di industri kreatif, juga memanfaatkan live streaming TikTok sebagai media komunikasi pemasaran digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan dan pemanfaatan live streaming TikTok sebagai media komunikasi pemasaran digital oleh TMADE. Studi kasus dengan metode kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan TMADE menyusun perencanaan pemasaran produknya, yaitu menentukan target khalayak sasaran, menyusun jenis aktivitas pemasaran produknya, melaksanakan aktivitas pemasarannya, mem-posting konten dan evaluasi. Aktivitas komunikasi pemasaran digitalnya melalui iklan, promosi penjualan, publisitas, pemasaran interaktif, dan antara penjualan personal. Pemanfaatan live streaming-nya yaitu dengan terciptanya ikatan/interaksi penjual-audiens, meningkatkan brand awareness, sarana bagi target pasar agar memiliki pengalaman berbelanja berbeda, serta menampilkan detail produk dan stok yang tersedia, memperagakan penggunaan produk, serta menyampaikan manfaat produknya.
Downloads
References
Agustina, Lidya. (2018). Live Video Streaming sebagai Bentuk Perkembangan Fitur Media Sosial. Diakom, vol. 1, no. 1, Sep. 2018.
Asmajasari, Magdalena. (1997). Studi Periklanan Dalam Perspektif Komunikasi Pemasaran. Malang: UMM Press.
Annur, Cindy Mutia. (2022). Jumlah Pengguna TikTok Terus Bertambah, ini Data Terbarunya. Diperoleh dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/09/06/jumlah-pengguna-tiktok-terus-bertambah-ini-data-terbarunya
Darmawan, Erlangga Satya dan Sheia Respati. (2022). Hasil Riset Ipsos: Shopee jadi E-Commerce yang Paling Banyak Digunakan pada 2021. Diperoleh dari : https://money.kompas.com/read/2022/01/31/204500426/hasil-riset-ipsos-shopee-jadi-e-commerce-yang-paling-banyak-digunakan-pada?page=all
Digital 2022: Another Year of Bumper Growth. (2022). Diperoleh dari https://wearesocial.com/uk/blog/2022/01/digital-2022-another-year-of-bumper-growth-2/
Flew, Terry. (2014). New Media, Fourth Edition. Oxford University Press.
Haimson, O. L., & Tang, J. C. (2017, May). What Makes Live Events Engaging on Facebook Live, Periscope, and Snapchat. In Proceedings of the 2017 CHI Conference on Human Factors in Computing Systems (pp. 48-60). ACM.
Ilham, Prisgunanto. (2006). Komunikasi Pemasaran, Strategi dan Taktik. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Jan H. Kietzmann, Kristopher Hermkens, Ian P. McCarthy, Bruno S. Silvestre. (2011). Social media? Get serious! Understanding the functional building blocks of social media. Business Horizons 54, 241—251. 2011.
Karakteristik Platform Media Sosial dari Facebook sampai TikTok. (2021). Diperoleh dari https://money.kompas.com/read/2022/01/31/204500426/hasil-riset-ipsos-shopee-jadi-e-commerce-yang-paling-banyak-digunakan-pada?page=all
Kotler, Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Martini, Luh Kadek Budi, dan Luh Komang Candra Dewi. (2021). Pengaruh Media Promosi Tik Tok Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian STIMI Handayani Denpasar (https://ojs.stimihandayani.ac.id/index.php/PROSIDING/article/view/441).
McKinsey. (2021). Winners Take All In Global Apparel, Fashion, and Luxury. https://www.mckinsey.com/industries/retail/our-insights/winners-take-all-in-global-apparel-fashion-and-luxury.
Nasrullah, Rulli. (2016). Media Sosial: Perspetif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Perdana, Arkan. (2021). Ketahui Algoritma TikTok agar Konten Makin Viral!. Diperoleh dari https://glints.com/id/lowongan/algoritma-tiktok/#.Y7qYtHZBzrc
Ryanto, Andi Dwi. (2020). Hootsuite (We are Social): Indonesia Digital Report 2020. Diperoleh dari https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2020/
Ryanto, Andi Dwi. (2021). Hootsuite (We are Social): Indonesia Digital Report 2021. Diperoleh dari https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2021/
Shimp, Terence A. 2003. Periklanan Promosi & Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu, Jilid I (Edisi 5). Jakarta: Erlangga.
Simply Digital Marketing. (2012). Digital Marketing. https://www.facebook.com/SimplyDigitalMarketing/
Wijaya M. H. Dwi, dan M. Mashud. (2020). Konsumsi Media Sosial Bagi Kalangan Pelajar: Studi Pada Hyperrealitas Tik Tok. Al-Mada J. Agama, Sos. dan Budaya, vol. 3, no. 2, pp. 170–191.
Wymbs, Cliff. (2011). Digital Marketing: The Time for a New Academic Major” Has Arrived. Journal of Marketing Education 33(1):93-106. DOI:10.1177/0273475310392544.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.