Revitalisasi Laman Resmi Sebagai Strategi Rebranding Universitas Pendidikan Indonesia: Proses dan Respons
DOI:
https://doi.org/10.24076/pikma.v7i2.1726Keywords:
revitalisasi, laman resmi, rebranding, perguruan tinggiAbstract
Penyampaian pesan dan nilai organisasi adalah bentuk dari bagaimana suatu organisasi melakukan pendekatan terhadap para pemangku kepentingan terkait. Dalam ruang lingkup pendidikan tinggi, citra dan performa universitas memiliki dinamika tersendiri. Hal ini mengingat pendidikan tinggi menawarkan suatu pengalaman atas jasa, sehingga klien dari kampus atau universitas hanya dapat memberikan penilaian terkait relevansi dan kualitas luaran yang dihasilkan hanya ketika para pengguna jasa tersebut telah mengalaminya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses strategi rebranding yang dilakukan Universitas Pendidikan Indonesia dan respons publik berkaitan dengan upaya rebranding tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan bentuk studi kasus yang menyoroti tiga narasumber, yakni satu narasumber utama dari tim penyusun rebranding serta dua orang pemangku kepentingan yang lain. Temuan penelitian menunjukkan bahwa upaya rebranding yang dilakukan oleh Universitas Pendidikan Indonesia telah diawali dengan analisis diri dan analisis pelanggan yang memadai. Analisis tersebut kemudian menghasilkan identitas jenama melalui proposisi nilai yang membangun hubungan dengan pelanggannya. Respons yang diberikan oleh pemangku kepentingan terhadap revitalisasi laman resmi Universitas Pendidikan Indonesia telah mendapatkan respons positif dari pemangku kepentingan. Diharapkan kegiatan revitalisasi laman resmi dapat dikembangkan seterusnya.
Downloads
References
Aaker, D. A. (1996). Building Strong Brands. The Free Press.
Akhmaloka, Sukoco, B. M., Soetjipto, B. W., Saraswati, D., Zulvia, F. E., Dipojono, H. K., Kusuma, I. W., Suryadi, K., Massi, Muh. N., Pupspaningsih, N. N. T., Supriyadi, Supriyono, Sari, F. R., Abidin, T. F., & Kadir, W. G. A. (2023). Strategi Peningkatan Kualitas menuju Perguruan Tinggi Berkelas Dunia. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Batara, H., & Susilo, D. (2022). The Effect of Rebranding Lays to Customer Loyalty with Brand Image as A Mediation Variable. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(2), 113–125. https://doi.org/10.30656/lontar.v10i2.4948
Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran (4th ed.). Pustaka Pelajar.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2023). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixeed Methods Approaches (Sixth). SAGE Publications.
Dennis, C., Papagiannidis, S., Alamanos, E., & Bourlakis, M. (2016). The role of brand attachment strength in higher education. Journal of Business Research, 69, 3049–3057.
Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2018). The SAGE Handbook of Qualitative Research. In SAGE. Sage Publications.
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, R. dan T. (2024). Laporan Kinerja 2023 Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi.
Judson, K. M., Aurand, T. W., Gorchels, L., & Gordon, G. L. (2009). Building a university brand from within: University administrators’ perspectives of internal branding. Services Marketing Quarterly, 30(1), 54–68. https://doi.org/10.1080/15332960802467722
Kapferer, J.-N. (2008). The New Strategic Brand Management (4th ed.). Kogan Page.
Kimberley, T. (2012). Rebranding to redefine international brand identity – A case study to evaluate the success of Sonera’s rebranding. https://www.theseus.fi/bitstream/handle/10024/51768/Kimberley_Tomasz.pdf
Kusumah, E. P., & Yusuf, S. (2020). Perspektif mahasiswa terhadap kualitas “branding” perguruan tinggi. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(1), 24–33. https://doi.org/10.21831/jamp.v8i1.30132
Lambkin, M., & Muzellec, L. (2008). Rebranding in the banking industry following mergers and acquisitions. International Journal of Bank Marketing, 26(5), 328–352. https://doi.org/10.1108/02652320810894398
Listiani, & Wiwitan, T. (2019). Strategi Rebranding PT Kazee Digital Indonesia Studi Kasus Perusahaan Charm menjadi PT Kazee Digital Indonesia Rebranding Strategy PT Kazee Digital Indonesia (A Case Study Rebranding Strategy Charm Company into PT Kazee Digital Indonesia). Prosiding Hubungan Masyarakat. https://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/16850
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.
Murwanto, H., & Lestari, D. I. T. (2023). REBRANDING DAN UPAYA PENINGKATAN LOYALITAS PELANGGAN. SOLUSI: Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 21(3). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v21i1.6125
Natalia, V., & Erdiansyah, R. (2020). PENGARUH REBRANDING DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP BRAND IMAGE GOJEK. Prologia, 4(2), 221–228. https://doi.org/https://doi.org/10.24912/pr.v4i2.6481
Papadimitriou, A. (2017). Competition in higher education branding and marketing: National and global perspectives. In Competition in Higher Education Branding and Marketing: National and Global Perspectives. https://doi.org/10.1007/978-3-319-58527-7
Patton, M. Q. (2002). Qualitative Researrch & Evaluation Methods. Sage Publications.
Prabowo, A. (2023, June). Kemendikbud Sebut Puluhan Prodi Terketat Dalam SNBT 2023. Rri.Co.Id. https://www.rri.co.id/iptek/267026/kemendikbud-sebut-puluhan-prodi-terketat-dalam-snbt-2023
Purwani, D. A. (2015). STRATEGI PROGRAM STUDI UNTUK ( Studi Pada Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Humaniora UIN Sunan Kalijaga ). KRITIS Jurnal Sosial Ilmu Politik Universitas Hasanuddin, 1(1), 121–131.
Putri, V. (2022). Ranking Universitas di Indonesia dengan Website & Media Sosial Terbaik. https://journal.revou.co/2022petadigitaluniv/
Rahmatiah, & Nurhattati. (2022). PENGARUH KETERSEDIAAN INFORMASI, KETEPATAN MEDIA DAN AKSESIBILITAS INFORMASI TERHADAP PARTISIPASI ORANG TUA PESERTA DIDIK DI SDN WILAYAH JAKARTA TIMUR. Jrunal Evaluasi Pendidikan, 13(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21009/jep.v13i1.27763
Saichaie, K., & Morphew, C. C. (2014). What college and university websites reveal about the purposes of higher education. Journal of Higher Education, 85(4), 499–530. https://doi.org/10.1353/jhe.2014.0024
Samosir, A. L., & Oktafani, F. (2015). Mahasiswa Memilih Telkom University ( Studi Pada Mahasiswa Fakultas Komunikasi Dan Bisnis Telkom. 2(2), 1963–1968.
Setyanto, Y., Anggarina, P. T., & Valentina, A. (2017). Branding yang Dilakukan Humas pada Perguruan Tinggi Swasta. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 1(1), 171. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v1i1.347
Sukamto, V. P., & Primadini, I. (2023). The rebranding strategy of Azarine Cosmetic. PRofesi Humas Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 8(1), 102. https://doi.org/10.24198/prh.v8i1.45631
Sulistyo, A. A., & Angelia, C. R. (2023). Strategi Public Relations Astra International dalam Mempertahankan Reputasi di Era Kenormalan Baru. Jurnal Komunikasi Profesional, 7(2), 290–312. http://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jkp
Suriadi, J., Mardiyana, Moh., & Reza, B. (2022). Concept of color psychology and logos to strengthen brand personality of local products. Linguistics and Culture Review, 6, 839–856. https://doi.org/10.21744/lingcure.v6ns1.2168
TVUPI Digital. (2021, February 17). Launching Website dan Portal Dosen UPI tahun 2021.
Vilory, I. (2021). Ranking Universitas di Indonesia Dengan Website & Media Sosial Terbaik. https://journal.revou.co/peta-digital-universitas-indonesia/
Widjanarko, W., Nugroho, T. A., & Prawotojati, P. I. (2017). KETERSEDIAAN INFORMASI SEBAGAI PROSES KOMUNIKASI INTERNAL DI BADAN PUBLIK PERGURUAN TINGGI?: STUDI DI UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN. In P. C. Harnita & B. W. Astuti (Eds.), Bunga Rampai Komunikasi Indonesia (Vol. 1, pp. 279–292). Buku Litera Yogyakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.