Laporan Netnografi Mengenai Budaya Digital Dari Media Sosial Manual Brew Community
DOI:
https://doi.org/10.24076/pikma.v7i1.1728Keywords:
Netnografi, Media Sosial, KomunitasAbstract
Manual Brew Community (MBC) sebagai sebuah komunitas memiliki aktivitas di dunia nyata dan dunia maya. Penelitian ini akan menganalisis perilaku digital MBC sebagai sebuah komunitas. Perilaku digital MBC di Instagram dan YouTube dijadikan sebagai objek penelitian melalui metode kualitatif dengan pendekatan netnografi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merekam dan menemukan pola aktivitas komunikasi digital MBC, sehingga dapat digunakan sebagai acuan dalam mengelola akun media sosial lainnya. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik indeks data online dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik tipologi, kategorisasi, dan interpretasi data. Kesimpulan dari penelitian ini adalah aktivitas digital MBC didesain bukan untuk mengembangkan komunitas melainkan berkonsentrasi pada penyelenggaraan kompetisi. MBC tidak memiliki karakteristik komunikasi digital yang sengaja dibangun untuk mendapatkan wajah komunitas tertentu melalui media sosialnya.
Downloads
References
Achru P, Andi. 2019. “Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran.” Jurnal Idaarah 3(2): 205–15.
Ardèvol, Elisenda. Lanzeni Dèbora. 2017. “Ethnography and The Ongoing in Digital Design.” In The Routledge Companion to Digital Etnography, New York: Routledge, 448–57.
Bolter, Jay David. Grusin, Richard. 2000. Remediation: Understanding New Media. The MIT Press.
Brennen, Bonnie. 2017. Qualitative Research Methods for Media Studies. New York: Routledge.
Budyatama, Muhammad. 2012. Komunikasi Bisnis Silang Budaya. Jakarta: Kencana Prenda Media Group.
Burrel, Jenna. 2017. “The Fieldsite as a Network: A Strategy for Locating Ethnographic Research.” In The Routledge Companion to Digital Ethnography, , 51–60.
Christiani, Theresia Erlin. 2020. “Analisis Strategi Media Sosial Dalam Membangun Brand Image.” Jurnal Visi Komunikasi 19(1): 7585.
Fadli, Muhammad Rijal. 2021. “Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif.” Humanika. Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum 21(1): 33–54.
Kozinets, Robert V. 2010. Netnography. Doing Etnographic Research Online. Singapore: Sage.
Lewis, Kevin. 2024. “Digital Networks: Elements of a Theoretical Framework.” Social Networks 77: 31–42. doi:10.1016/J.SOCNET.2021.12.002.
Lister, Martin. Dovey, Jon. Giddings, Seth. Grant, Iain. Kelly, Kieran. 2009. New Media. A Critical Intoduction. 2nd ed. New York: Routledge.
Moleong, Lexy. 2021. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nasrullah, Rulli. 2016. Teori Dan Riset Media Cyber. Rawamangun: Prenada Media Grup.
Nurfitria, Syintia. 2022. “Urgensi Media Sosial Sebagai Sarana Dakwah Melalui Media Urgensi Media Sosial Sebagai Sarana Dakwah Melalui Media Di Era Modern.” An-Nida’ 46(1): 86.
Putri, Chasanah Utami. Nurgaha, Aat Ruchiat. 2020. “Proses Branding Melalui Pengelolaan Media Sosial Pada PT. SDO.” Cakrawala. Jurnal Humaniora Universitas Bina Sarana Informatika 20(1): 72–77.
Sulianta, Feri. 2021. Netnografi Dasar Dan Perkembangan Etnografi Digital. Bandung.
Wang, Yi-Sheng. 2021. Netnography Unlimited. Understanding Technoculture Using Qualitative Social Media Research. New York: Routledge.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.