The Self-Identity Construction of Virtual Idol Hatsune Miku Young Adult Fans
DOI:
https://doi.org/10.24076/rxwmcp72Keywords:
Digital Culture, Intercultural Communication, Pop Culture, , Virtual Idol, Self IdentityAbstract
Abstrak
Penelitian ini mengkaji konstruksi identitas diri penggemar dewasa muda idola virtual Jepang Hatsune Miku melalui pendekatan kualitatif siber-fenomenologi dan teori Konstruksi Realitas Sosial Berger & Luckmann. Data diperoleh melalui wawancara mendalam semi terstruktur. Temuan menunjukkan bahwa keterlibatan dengan Hatsune Miku berfungsi tidak hanya sebagai hiburan, tetapi juga sebagai sumber dukungan emosional, refleksi diri, dan sarana berafiliasi dalam komunitas digital. Proses eksternalisasi, objektivasi, dan internalisasi mengungkapkan bahwa interaksi virtual membentuk makna identitas diri yang lebih terhubung dengan aspirasi pribadi dan penerimaan sosial. Seluruh informan mengalami stigma terkait stereotip budaya, seperti sebutan wibu atau “nasionalis rendah”, yang mendorong peningkatan toleransi terhadap perbedaan budaya dan penerimaan inovasi teknologi. Penelitian ini menegaskan bahwa interaksi dengan idola virtual dapat menjadi arena penting dalam pembentukan identitas dan adaptasi sosial di era digital.
References
Wardhana, O. W. (2023). SUBCULTURE CAREER AS AN ALTERNATIVE TO JAPANOPHILIA OR WEEABOO (WIBU) YOGYAKARTA OTSURU COMMUNITY. Commsphere: Jurnal Mahasiswa Ilmu Komunikasi, 1(I), 34–41. https://doi.org/10.37631/commsphere.v1iI.856
Wilska, T. A., Holkkola, M., & Tuominen, J. (2023). The Role of Social Media in the Creation of Young People’s Consumer Identities. SAGE Open, 13(2). https://doi.org/10.1177/21582440231177030
Ye, D. (2021). Virtual idols: hyper-real, symbolic and aesthetic illusions. China Literature and Art Criticism. 10, 79–85.
You, C., Peck, T., Stuart, J., Gomes de Siqueira, A., & Lok, B. (2024). What my bias meant for my embodiment: an investigation on virtual embodiment in desktop-based virtual reality. Frontiers in Virtual Reality, 5. https://doi.org/10.3389/frvir.2024.1251564
Yujia Gao. (2022). Motivation of Fan Behavior Under the Influence of Psychology and New Media. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220109.069
Zhao, J., Ruan, Y., Qu, H., Sun, C., Ye, X., & Yang, H. (2023). Perceived Value Dimensions of Virtual Idols and Its Influence Mechanism on Consumer Adoption Intention Based on Grounded Theory. Advances in Economics and Management Research, 6(1), 407. https://doi.org/10.56028/aemr.6.1.407.2023
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.