VIRTUAL FITTING ROOM SEPATU LURIK BERBASIS AUGMENTED REALITY
DOI:
https://doi.org/10.24076/joism.2023v5i1.1156Keywords:
UMKM, Sepatu Lurik, Augmented Reality, Foot TrackingAbstract
Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) menjadi yang paling terdampak selama pandemi Covid-19. UMKM mengalami penurunan penjualan dan keuntungan hingga lebih dari 50%. UMKM sepatu lurik pun beralih untuk fokus pemasaran produknya melalui online seperti melalui website ataupun marketplace. Pada umumnya, calon pembeli sepatu lurik harus datang langsung ke toko untuk mencoba sepatu yang diinginkan, tetapi dengan perancangan aplikasi berbasis Augmented Reality (AR) yakni virtual fitting room sepatu dapat menjadi salah satu solusi yang dapat digunakan UMKM sepatu lurik untuk memasarkan produknya lebih luas tanpa harus datang langsung ketoko. Aplikasi yang dikembangkan pada penelitian ini berbasis Android dan bekerja dengan cara menggabungkan model sepatu dalam dunia virtual dengan kaki pengguna pada dunia nyata yang ditangkap oleh kamera depan smartphone pengguna. Pembangunan aplikasi dilakukan dengan metode foot tracking agar model sepatu lurik dapat ditampilkan tepat pada kaki calon pembeli secara tepat.
Downloads
References
J. Prakoso, “Survei LIPI: Lebih dari 70 Persen UMKM Alami Penurunan Omzet,” ekonomi. bisnis. com, 2020..
J. &. F. B. Carmigniani, “Augmented reality: an overview.,” dalam Handbook of augmented reality, 2011, pp. 3-46.
F. A. C. D. &. I. M. Carmigniani, “Augmented reality technologies, systems and applications. Multimedia tools and applications,,” no. 2011, pp. 341-377., 51(1).
M. R. H. A. A. Tri Mulyadi, “Penerapan Teknologi Augmented reality sebagai Sarana Edukasi Perkenalan Alat Musik dengan Metode Single Marker,” Journal of Information System Management (JOISM), no. 1(2), pp. 18-21, 2020.
N. J. &. J. Barde, “Virtual Fitting Room using Webcam,” International Journal of Engineering and Technical Research (IJETR), 2015.
M. L. &. L. Rifa'i, “Penerapan Teknologi Augmented Reality pada aplikasi katalog rumah berbasis android.,” dalam Prosiding SNATIF, 267-274., 2014.
I. &. K. K. Pachoulakis, “Augmented reality platforms for virtual fitting rooms.,” The International Journal of Multimedia & Its Applications, p. 35., 2012.
S. R. B. S. M.R Almasyariqi, “Rancang Bangun Aplikasi Berbasis Augmented Reality untuk Virtual Fitting Room Frame Kacamata,” dalam Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI), Yogyakarta, 2018.
N. &. P. Pramono, “Pemanfaatan Augmente [1]d Reality Sebagai Marketing Communication Untuk UMKM Batik Kampung Tematik Durenan Indah Semarang.,” SENRIABDI, pp. 271-276., 2021.
Y. &. C. Yang, “A virtual try-on system in augmented reality using RGB-D cameras for footwear personalization.,” Journal of Manufacturing Systems,, pp. 690-698., 2014.
D. S. A. P. Agustian Dwi Sambodo, “Analisis dan Pembuatan Teknik Rigging Animasi 3D Tendangan Dwichagi (Back Kick) pada Model Pelatihan Taekwondo,” Journal of Information System Management (JOISM), no. 1(3), pp. 22-26, 202
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Journal of Information System Management (JOISM)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.