EVALUASI KUALITAS SOFTWARE MENGGUNAKAN ISO 1926-4

Authors

  • Muh Aliyazid Mude Universitas Muslim Indonesia
  • Muhammad Arafah Asis Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24076/joism.2023v5i1.1165

Keywords:

ISO/IEC 9126-4, Kualitas Software, LMS

Abstract

Kalam XYZ merupakan aplikasi learning management system (LMS) digunakan dosen dan mahasiswa untuk kegiatan akademik, belum ada evaluasi kualitas sistem LMS diterapkan di XYZ. Evaluasi ini menggunakan metode ISO 1926-4. Hasil yang diperoleh metrik effectiveness untuk dosen 0,84 dan mahasiswa 1,00 artinya kondisi high (H) atau baik, bagian metrik error frequency dosen 0,19 dan mahasiswa 0 artinya kondisi baik;  metrik productivity bagian task time dosen 12,20 detik atau kondisi baik, mahasiswa 192,19 detik artinya medium (M). Metrik task efficiency dosen 0,86 (86%) dan 1,56 (156%) artinya efisiensi kualitas rendah (L). Productive proportion dosen nilai tertinggi 0,07 (70%) atau kondisi baik mahasiswa nilai 0,54 (54%) artinya kondisi medium. Metric safety dosen 7,38 dan mahasiswa 6,29, artinya kondisi baik. Pengukuan untuk software demage dosen 7,29 dan mahasiswa 7,08 artinya kondisi baik, untuk metrik satisfaction dosen 5,93 artinya medium, mahasiswa 8,25 artinya kondisi baik. Nilai hasil tiap metric sebagai dasar rekomendasi perbaikan IT.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Munir M. Penggunaan Learning Management System (Lms) Di Perguruan Tinggi: Studi Kasus Di Universitas Pendidikan Indonesia. J Cakrawala Pendidik. 2010;1(1):109–19.

LP2S. Aplikasi Platform E-Learning “KALAM UM [Internet]. LP2S UMI. 2020. p.Available from: https://lp2s.UMI.ac.id/gelar-webinar-pembelajaran-daring-UMI- launching-aplikasi-platform-e-learning-kalam-UMI.html

Hidayat HT. Pengujian Kualitas Kelayakan Perangkat Lunak Dengan Penerapanperancangan Model Rapid Application Development. Elinvo (Electronics, Informatics, Vocat Educ. 2017;2(2):121–9.

Anusha R. A Study on Website Quality Models. 2014;4(12):5.

Rezgui A, Bouguettaya A, Eltoweissy MY. Privacy on the web: Facts, challenges, and solutions. IEEE Secur Priv. 2003;1(6):40–9.

Mathur S, Malik S. Advancements in the V-Model. Int J Comput Appl. 2010;1(12).

Chandra M. ISO Standards from Quality to Environment to Corporate Social Responsibility and Their Implications for Global Companies. Int J Bus Law. 2011;10(1).

Mendoza SN, Olivier BG, Molenaar D, Teusink B. A systematic assessment of current genome-scale metabolic reconstruction tools. Genome Biol. 2019;20(1).

Angelova B, Zekiri J. Measuring Customer Satisfaction with Service Quality Using American Customer Satisfaction Model (ACSI Model). Int J Acad Res Bus Soc Sci. 2011;1(3):27.

Hanafi A. Usability dan User Interface. hanafiwp. 2019. p. 1.

Wahyuningrum T, Studi P, Informatika T, Purwokerto STT, Ilmu D, Matematika F, et al. Produk Perangkat Lunak. 2017;337–46.

Downloads

Published

2023-07-06

How to Cite

Mude, M. A., & Asis, M. A. (2023). EVALUASI KUALITAS SOFTWARE MENGGUNAKAN ISO 1926-4. Journal of Information System Management (JOISM), 5(1), 58 - 63. https://doi.org/10.24076/joism.2023v5i1.1165

Issue

Section

Articles