SENTIMEN ANALISIS PENGGUNA PRODUK PONSEL MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES
DOI:
https://doi.org/10.24076/joism.2024v6i1.1625Keywords:
Sentimen analisis, ponsel, naïve bayesAbstract
Penggunaan ponsel di Indonesia sudah tidak menjadi barang yang asing lagi hampir seluruh kalangan menggunakan posel untuk berbagai kebutuhan dari pendidikan, bisnis dan lifestyle. Berkembangnya kebutuhan ponsel sejalan dengan berkembangnya berbagai merk ponsel yang menawarkan berbagai keunggulan dengan harga yang terjangkau. Penelitian ini akan melihat bagaimana sentimen dari pengguna produk ponsel dimana dasar penentuan sentimen analisis terhadap produk diambil dari komentar konsumen di platform X dengan menggunakan algoritma naïve bayes. Dimana algoritma naïve bayes adalah algoritma klasifikasi yang berdasarkan probabilitas sederhana dengan keunggulan memiliki tingkat nilai error yang rendah dan memiliki akurasi yang tinggi. Adapun dataset yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 244 data dengan tingkat akurasi yang dihasilkan dari algoritma naïve bayes sebesar 88.93%.
Downloads
References
Statista.com, “Number of smartphone users in Indonesia from 2018 to 2028,” 2023. [Online]. Available: https://www.statista.com/
Badan Pusat Statistik, “Statistik Telekomunikasi Indonesia 2022,” 2022.
M. Qamal et al., “ANALISIS SENTIMEN TOKO ONLINE MENGGUNAKAN dilakukan oleh Mehdi Mursalat Ismail dan Kemas Muslim Lhaksamana dengan judul ‘ Sen timen Analisis Pada Media Online Mengenai Pemilihan Presisen 2019 dengan Menggunakan Metode Naive Bayes ’,” no. 1.
D. Berrar, “Bayes ’ Theorem and Naive Bayes Classifier Bayes ’ Theorem and Naive Bayes Classifier,” no. January 2018, pp. 0–18, 2019, doi: 10.1016/B978-0-12-809633-8.20473-1.
K. Anwar, “Analisa sentimen Pengguna Instagram Di Indonesia Pada Review Smartphone Menggunakan Naive Bayes,” vol. 2, no. 4, pp. 148–155, 2022.
B. Irawan, A. Bahtiar, P. Studi, T. Informatika, K. Cirebon, and A. Adakami, “PENGGUNAAN ALGORITMA NAÏVE BAYES DALAM MENGANALISIS,” vol. 7, no. 6, pp. 3879–3885, 2023.
I. G. Bgs, D. Putra, C. Rai, and A. Pramarthar, “Analisis Sentimen Pengguna Aplikasi MyPertamina Dengan Menggunakan Algoritma Naïve Bayes,” vol. 12, no. 3, pp. 633–638, 2024.
J. Yolanda, B. Sibarani, A. Junaidi, M. A. Azis, and Y. T. Arifin, “Analisis Sentimen Produk Amazon Menggunakan Algoritma Naïve Bayes Pada Data Review Pelanggan,” vol. 10, no. 1, pp. 13–19, 2024, doi: 10.31294/jtk.v4i2.
A. Syahjuddin and T. S. Rizky, “ANALISIS SENTIMEN MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES TERHADAP PRODUK PT . IMIN TECHNOLOGY BERDASARKAN SENTIMENT ANALYSIS USING THE NAÏVE BAYES METHOD ON PT . IMIN TECHNOLOGY PRODUCTS BASED ON REVIEWS FROM,” vol. 2, no. September, pp. 445–452, 2023.
D. Darwis, N. Siskawati, and Z. Abidin, “Penerapan Algoritma Naive Bayes Untuk Analisis Sentimen Review Data Twitter Bmkg Nasional,” J. Tekno Kompak, vol. 15, no. 1, p. 131, 2021, doi: 10.33365/jtk.v15i1.744.
D. S. Sayogo et al., “ANALISIS SENTIMEN ULASAN INSTAGRAM DI GOOGLE PLAY STORE,” vol. 7, no. 6, pp. 3314–3319, 2023.
A. F. Setyaningsih, D. Septiyani, and S. R. Widiasari, “Implementasi Algoritma Naïve Bayes untuk Analisis Sentimen Masyarakat pada Twitter mengenai Kepopuleran Produk Skincare di Indonesia,” vol. 9, no. 1, pp. 224–235, 2023.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Journal of Information System Management (JOISM)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.