PENGEMBANGAN APLIKASI WARDITEM UNTUK MENDUKUNG DIGITALISASI PEMASARAN PRODUK IKM DI DESA SIJERUK
DOI:
https://doi.org/10.24076/joism.2024v6i1.1626Keywords:
IKM, Kerupuk Petis, Digital Marketing, Warditem, SijerukAbstract
Tujuan Penelitian ini adalah (1) Mengembangkan aplikasi WARDITEM (WArung Digital TErintegrasi Marketplace) penjualan secara online yang sesuaikan dengan kebutuhan pasar dan karakteristik pelaku IKM kerupuk petis di Desa Sijeruk yang sebelumnya penjualan dilakukan secara konvensional. (2) Mengimplementasikan dan menguji aplikasi Warditem sebagai platform Digital untuk penjualan secara online produk IKM Desa Sijeruk secara efektif. Peneliti menggunakan Metode Penelian
Research dan Development(R&D) Bassil, yaitu model Waterfall yang terdiri dari Analisis Kebutuhan (Requirements),Perancangan (Design),Implementation),Pengujian(Testing),Pengiriman (Deployment), Pemeliharaan (Maintenance).Teknik pengumpulan data menggunakan metode berupa Wawancara, Survei, observasi, Studi Literatur, Analisis Data Sekunder Dengan validasi kelayakan oleh ahli media, ahli Aplikasi,dan Pemilik usaha IKM di Desa Sijeruk. Penelitian ini menghasilkan (1)Aplikasi berbasis Web Penjualan produk IKM yaitu kerupuk petis secara online Dari hasil pengujian kelayakan yang dilakukan sistem dapat dioperasikan dengan baik dan sesuai dengan keperluan dan fungsinya. (2) Kelayakan Aplikasi Warditem penjualan secara online berbasis web menurut penilaian para ahli media mendapatkan persentase kelayakan sebesare 87% dengan kategori sangat layak,oleh ahli Aplikasi mendapatkan persentase kelayakan sebesar89% dengan kategoril sangat layak,serta penilaian kelayakan oleh pemilik uasaha IKM kerupuk petis mendapatkan nilai persentase kelayakan sebesar 90 % dengan kategori sangat layak.
Downloads
References
.A. C. Tabuena, S. M. L. Necio, K. K. Macaspac, M. P. E. Bernardo, D. I. Domingo, and P. D. M. De Leon, “Asian Journal of Management Entrepreneurship and Social Sciene A Literature Review on Digital Marketing Strategies and Its Impact on Online Business Sellers During the COVID-19 Crisis,” Asian J. Manag. Entrep. Soc. Sci., vol. 2, no. 01, pp. 141–153, 2022, [Online]. Available: https://ajmesc.com/index.php/ajmesc.
.A. D. Ramdansyah and H. E. R. Taufik, “Adoption model of E-commerce from SMEs perspective in developing country evidence – Case study for Indonesia,” Eur. Res. Stud. J., vol. 20, no. 4, pp. 227–243, 2017, doi: 10.35808/ersj/887.
.A. Junaidi, W. Wahyudin, R. Hidayat, and A. Yani, “Pelatihan Penggunaan Aplikasi Penjualan Online untuk Kelompok Wanita Tani (KWT),” Info Abdi Cendekia, vol. 5, no. 2, pp. 47–51, 2022, doi: 10.33476/iac.v5i2.90.
.A. Kurnianti, L. M. Azizah, and I. Mufidah, “Branding Umkm Dan Pembuatan Media Promosi Usaha Kuliner,” Pros. Semin. Nas. Progr. Pengabdi. Masy., pp. 1313–1318, 2022, doi: 10.18196/ppm.44.604.
.A. O. Siagian, “Strategi Pemasaran E-Commerce Bagi Umkm Indonesia Untuk Meningkatkan Perekonomian Indonesia,” Akrab Juara?: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial, vol. 6, no. 1. p. 1, 2021. doi: 10.58487/akrabjuara.v6i1.1389.
.B. Pendampingan et al., “DIGITALISASI UMKM DI LINGKUNGAN RW . 02 PABUARAN RESMI DIGITALIZING MSMEs IN RW 02 PABUARAN MEKAR , BOGOR?: WOMEN FARMER ’ S ASSISTANCE AND OFFICIAL WEBSITE CREATION Kegiatan pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi ya,” vol. xx.
.D. S. Ramadhan and S. A. B. Putra, “Perancangan Dan Implementasi Aplikasi Sistem Informasi Pengelolaan Data Ukm ( Unit Kegiatan Mahasiswa ) Berbasis Web Di Politeknik Tedc Bandung,” Tedc, vol. 14, no. 1, pp. 99–103, 2020.
.M. Ferdiansyah, S. Andriasari, and S. P. Ningrum, “Sistem Informasi Berbasis Android untuk Penjualan Teh Rosella Kelompok Wanita Tani,” Remik Ris. dan E-Jurnal Manaj. Inform. Komput., vol. 6, no. 2, pp. 232–240, 2022, [Online]. Available: http://doi.org/10.33395/remik.v6i2.11506
. R. Relawati, B. Y. Ariadi, and A. Tain, “Eco-friendly packaging training for women farmers group to support digital marketing in Tawangargo Village, Malang Regency,” Community Empower., vol. 6, no. 5, pp. 849–855, 2021, doi: 10.31603/ce.4531.
. S. Handini and S. Sukesi, “Model of Umkm Centre Management To Improve the Effectiveness of Business Actors in the Coastal Areas in East Java,” Sinergi J. Ilm. Ilmu Manaj., vol. 9, no. 1, 2019, doi: 10.25139/sng.v9i1.1283.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Journal of Information System Management (JOISM)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.