PERANCANGAN DESAIN UI/UX SISTEM E-LEARNING MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING
DOI:
https://doi.org/10.24076/joism.2024v6i1.1632Keywords:
UI/UX, Design Thinking, System Usability Scale (SUS), User Experience Questionnaire (UEQ), E-LearningAbstract
Di SMKN 1 Gunung Kijang, sistem pembelajaran yakni e-learning belum dimanfaatkan atau digunakan sebagai salah satu sarana belajar bagi siswa. Karenanya, tujuan penelitian ini adalah merancang sistem e-learning yang inovatif, untuk meningkatkan motivasi siswa dan menarik minat belajar mereka. Dalam pengembangannya, sistem e-learning ini menggunakan metode design thinking, yang memiliki 5 tahapan, yaitu, emphatize, define, ideate, prototype, dan test. Desain sistem e-learning ini memiliki fitur akses materi, informasi tugas, evaluasi, forum diskusi, dan feedback. Tampilan serta kegunaan fitur ini, telah di uji dengan menggunakan SUS (System Usability Scale) dengan skor 80,3. Dan UEQ (User Experience Questionnaire) yang memiliki hasil excellent. Subjek penelitian dipilih dari siswa kelas X SMK Negeri 1 Gunung Kijang. Hasil desain dan pengujian yang diperoleh ini akan memberi solusi dan inovasi dalam sebuah perancangan sistem e-learning bagi pengembang sistem serupa.
Downloads
References
W. M. Azzakki and D. Krisbiantoro, “PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN SISTEM PENGAPIAN SEBAGAI UPAYA MEMBANTU BELAJAR SISWA KELAS XI TEKNIK SEPEDA MOTOR ( Studi Kasus?: SMK Bina Mandiri ) Abstraksi Pendahuluan Metode Penelitian Tinjauan Pustaka,” J. Inf. Syst. Manag., vol. 3, no. Vol. 3 No. 2(2022): Januari, 2022, [Online]. Available: https://doi.org/10.24076/joism.2022v3i2.615
R. M. M. Sari and N. Priatna, “Model-Model Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0 (E-Learning, M-Learning, AR-Learning dan VR-Learning),” J. Ilm. Fak. Kegur. dan ilmu Pendidik., vol. 6, no. 1, pp. 107–115, 2020.
A. S. Ajiatmojo, “Penggunaan E-Learning Pada Proses Pembelajaran Daring,” Teach. J. Inov. Kegur. dan Ilmu Pendidik., vol. 1, no. 3, pp. 229–235, 2021, doi: 10.51878/teaching.v1i3.525.
A. Pangestu and N. W. Abdul Majid, “Peran E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Di Smkn 3 Kuningan,” J. Fascho Educ. Conf., vol. 2, no. 1, 2021, doi: 10.54626/proceedings.v2i1.107.
A. Novita and A. Andiarni, “Prototipe E-Learning Untuk Pendalaman Dan Evaluasi Materi Pembelajaran Pada Smpn 1 Samigaluh,” J. Ilmu Pen, vol. 4, no. 2, pp. 211–216, 2019.
I. M. H. Kusumawardhana, N. H. Wardani, and R. A. Perdanakusuma, “Evaluasi Usability Pada Aplikasi BNI Mobile Banking Dengan Menggunakan Metode Usability Testing dan System Usability Scale (SUS),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 8, pp. 7708–7716, 2019, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
M. Schrepp, “User Experience Questionnaire Handbook v10(03.05.2023),” URL https//www. Res. net/publication/303880829{_}User{_}Experience{_}Questionnaire{_}Handbook{_}Version{_}2.(Accessed 02.02. 2017), pp. 1–16, 2023, [Online]. Available: www.ueq-online.org
E. C. Shirvanadi and M. Idris, “Perancangan Ulang UI/UX Situs E-Learning Amikom Center Dengan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Amikom Center),” Peranc. Ulang Ui/Ux Situs E-Learning Amikom Cent. Dengan Metod. Des. Think. (Studi Kasus Amikom Center), p. 8, 2021, [Online]. Available: https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/34156
I. Putu, Y. Indrawan, P. Gede, and S. Cipta Nugraha, “Rancangan dan Implementasi Sistem E-Learning Berbasis Web,” Jp2, vol. 3, no. 3, pp. 367–374, 2020.
R. Handayani, Z. Rachmat, P. Studi Manajemen Informatika, S. Amika Soppeng, and S. Artikel, “Perancangan Aplikasi E-Learning Berbasis Website Pada Smp Negeri 3 Watansoppeng Info Artikel,” Jumisktik, vol. 1, no. 1, pp. 43–54, 2022, [Online]. Available: www.ojs.amiklps.ac.id
N. W. Abdulmajid, A. Pramuntadi, A. B. Riyanto, and E. Rochmah, “Penerapan E-Learning Sebagai Pendukung Adaptive Learning Dan Peningkatan Kompetensi Siswa Smk Di Kabupaten Bantul,” Taman Vokasi, vol. 2, no. 2, p. 170, 2017, doi: 10.30738/jtvok.v5i2.2475.
S. Arika, “Peran dan Tantangan Penggunaan E-Learning sebagai Pendukung Proses Pembelajaran di Perguruan Tinggi?: Sebuah Tinjauan Literatur The Role and Challenges of E-Learning as a Support for the Learning Process in Higher Education?: A Literature Review,” J. Komun. dan Media Pendisikan, pp. 12–18, 2023.
D. Haryuda, M. Asfi, and R. Fahrudin, “Perancangan UI/UX Menggunakan Metode Design Thinking Berbasis Web Pada Laportea Company,” J. Ilm. Teknol. Infomasi Terap., vol. 8, no. 1, pp. 111–117, 2021, doi: 10.33197/jitter.vol8.iss1.2021.730.
S. M. Prasetiyo, H. Simanjuntak, D. B. Laksono, and uhammad G. N. MGunawan, “Ui Ux Developer,” J. Ilmu Komput. dan Pendidik., vol. 1, no. 1, pp. 50–58, 2022.
A. Swarnadwitya, “Design Thinking: Pengertian, Tahapan dan Contoh Penerapannya,” Binus University. [Online]. Available: https://sis.binus.ac.id/2020/03/17/design-thinking-pengertian-tahapan-dan-contoh-penerapannya/
Y. Athallah Puteri, D. Aulia, and A. A. K. Sari, “Implementasi Metode Design Thinking Pada Perancangan User Interface Aplikasi Online Course,” J. Siliwangi Seri Sains dan Teknol., vol. 8, no. 2, pp. 60–65, 2022, doi: 10.37058/jssainstek.v8i2.6280.
S. Soedewi, A. Mustikawan, and W. Swasty, “Penerapan Metode Design Thinking Pada Perancangan Website Umkm Kirihuci,” Vis. J. Online Desain Komun. Vis., vol. 10, no. 02, p. 17, 2022, doi: 10.34010/visualita.v10i02.5378.
F. Fariyanto and F. Ulum, “Perancangan Aplikasi Pemilihan Kepala Desa Dengan Metode Ux Design Thinking (Studi Kasus: Kampung Kuripan),” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 52–60, 2021, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI
F. Kasri, N. Safaat, M. Irsyad, and Pizaini, “Perancangan User Interface Game Sejarah Kerajaan Siak Menggunakan Metode Design Thinking,” Jutisi J. Ilm. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 11, no. 3, pp. 707–718, 2022, [Online]. Available: http://ojs.stmik-banjarbaru.ac.id/index.php/jutisi/article/view/997%0Ahttp://ojs.stmik-banjarbaru.ac.id/index.php/jutisi/article/viewFile/997/613
J. Brooke, “SUS?: A Retrospective,” no. January 2013, 2013.
H. Alathas, “Bagaimana Mengukur Kebergunaan Produk dengan System Usability Scale (SUS) Score,” Medium. Accessed: May 17, 2024. [Online]. Available: https://medium.com/kelasux/bagaimana-mengukur-kebergunaan-produk-dengan-system-usability-scale-sus-score-2d6843ca780a
A. R. Pradana and M. Idris, “Implentasi User Experince Pada Perancangan User Interface Mobile E-learning Dengan Pendekatan Design Thinking (Studi Kasus: Amikom Center),” Pros. Autom., vol. 2, no. 2, pp. 1–8, 2021.
B. Dharma Jaya and E. P. Agustini, “Perancangan Wireframe User Interface Semesta Baca Menggunakan Figma,” Bina Darma Conf. Comput. Sci., vol. 4, no. 3, pp. 689–703, 2022.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Journal of Information System Management (JOISM)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.