RANCANG BANGUN APLIKASI PEMBELAJARAN AKUNTANSI BERBASIS ANDROID DENGAN METODE AGILE
DOI:
https://doi.org/10.24076/joism.2024v6i1.1662Keywords:
Media Pembelajaran, Akuntansi, Android, AgileAbstract
Perkembangan teknologi informasi berkembang pesat, yang dimanfaatkan untuk mencapai efisiensi maksimal termasuk dalam pembelajran akutansi berbasis android. Tujuan penelitian yang telah dibuat adalah mewujudkan aplikasi android yang mempermudah mahasiswa dalam mempelajari akuntansi dan memudahkan tim pengajar dalam menyampaikan materi, soal dan pembahasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode agile denganlama pengerjaan 41 jam terbagi menjadi 3 backlog. Dan media pembelajaran ini diuji menggunakan ISO 9126, yang menghasilkan pengujian aspek Functionality sebesar 93 % dan Usability 93 %, sehingga dapat disimpulkan Pembelajaran Akuntansi Berbasis Android Dengan Metode Agile efektif.
Downloads
References
N. Indah and K. Kasman, “Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Android Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia,” Akademika, vol. 10, no. 01, pp. 1–12, 2021, doi: 10.34005/akademika.v10i01.1311.
M. Riyan, “Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Pembelajaran Teks Eksposisi,” Diksi, vol. 29, no. 2, pp. 205–216, 2021, doi: 10.21831/diksi.v29i2.36614.
M. Fikri Paturahman, V. Yasin, and R. Haroen, “Rancang bangun aplikasi booking Lapangan Futsal pada Kevin Futsal berbasis Android,” J. Widya, vol. 2, no. 1, pp. 60–74, 2021, doi: 10.54593/awl.v2i1.9.
J. Kuswanto and F. Radiansah, “Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI,” J. Media Infotama, vol. 14, no. 1, 2018, doi: 10.37676/jmi.v14i1.467.
J. Kuswanto, “Media Pembelajaran Berbasis Android Mata Pelajaran Desain Grafis Kelas X,” Edutic - Sci. J. Informatics Educ., vol. 6, no. 2, pp. 78–84, 2020, doi: 10.21107/edutic.v6i2.7073.
H. A. Sanaky, Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara, 2013.
W. U. Faulina, Sri Tita, Wisnumurti and J. A. Yani, “Rancang Bangun Aplikasi Layanan Pengaduan Pada Dinas Pendidikan Kabupaten Oku Berbasis Android Menggunakan Android Studio,” Jik, vol. 14, no. 2, pp. 25–35, 2023, [Online]. Available: https://journal.unmaha.ac.id/index.php/jik/article/view/252/214
G. E. Atmodjo, “Preferensi Konsumen Terhadap Merek Smartphone Berdasarkan Sistem Operasi,” 2016.
I. Sommerville, Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak). Jakarta: Erlangga, 2011.
R. Gutama and T. Dirgahayu, “Implementasi Scrum Pada Manajemen Proyek Pengembangan Aplikasi Sistem Monitoring dan Evaluasi Pembangunan (SMEP),” J. Autom., vol. 3, no. 1, pp. 29–35, 2021.
Y. R. Rahadian, “Analisis Segmentasi Dan Kepuasan Siswa Kursus X Dengan Pendekatan Clustering Model Rfm Dan Customer Satisfaction …,” 2020.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Journal of Information System Management (JOISM)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.