PENERAPAN ALGORITMA K-MEANS CLUSTERING UNTUK MENGELOMPOKKAN KENAKALAN SISWA

Authors

  • Harliana Universitas Muhadi Setiabudi

Keywords:

k-means clustering, kenakalan siswa, remaja

Abstract

Kenakalan remaja merupakan suatu keadaan dimana adanya perubahan emosional pada diri seorang dari masa kanak-kanak menjadi dewasa. Jenis-jenis kenakalan remaja pada SMK Bina Insani dapat dikategorikan menjadi kenakalan umum dan kenakalan khusus. Dari berbagai macam kenakalan tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk membantu Guru BK dalam melakukan pengelompokkan kenakalan siswa melalui pendekatan k-means berdasarkan jumlah pelanggaran yang dilakukannya. Berdasarkan hasil pengujian pada 23 dataset maka didapatkan cluster ke-1 adalah cluster dimana siswa memiliki kenakalan umum paling banyak. Sedangkan cluster ke-3 adalah cluster yang memiliki kenakalan umum ataupun khusus paling sedikit bila dibandingkan dengan cluster lainnya.

 

 

References

H. A. Bakhrudin, “Model Konseling Kelompok Cognitive Behavior untuk Penanganan Self-esteem Siswa SMK,” J. Bimbing. dan Konseling Terap., vol. 1, no. 2, pp. 86–102, 2017, doi: 10.30598/jbkt.v1i2.144.

E. Indrawati and S. Rahimi, “Fungsi Keluarga dan Self Control Terhadap Kenakalan Remaja,” J. IKRAITH-HUMANIORA, vol. 3, no. 2, pp. 86–93, 2019.

S. Prasasti, “Kenakalan remaja dan faktor penyebabnya,” Semin. Nas. Bimbing. dan Konseling, vol. 1, no. 1, pp. 28–45, 2017, [Online]. Available: prosiding.unipma.ac.id/index.php/SNBK/article/download/110/109.

M. Robani and A. Widodo, “Algoritma K-Means Clustering Untuk Pengelompokan Ayat Al Quran Pada Terjemahan Bahasa Indonesia,” J. Sist. Inf. Bisnis, vol. 6, no. 2, p. 164, 2016, doi: 10.21456/vol6iss2pp164-176.

M. G. Suryanata, D. H. Pane, and M. Hutasuhut, “Implementasi Algoritma K-Means Untuk Mengukur Tingkat Kepuasan Siswa Terhadap Proses Pembelajaran,” J-Sisko Tech J. Teknol. Sist. Inf. dan Sist. Komput. TGD, vol. 2, no. 2, pp. 118–125, 2019.

A. Salam, D. Adiatma, and J. Zeniarja, “Implementasi Algoritma K-Means Dalam Pengklasteran untuk Rekomendasi Penerima Beasiswa PPA di UDINUS,” JOINS (Journal Inf. Syst., vol. 5, no. 1, pp. 62–68, 2020, doi: 10.33633/joins.v5i1.3350.

M. Hasanah, S. Defit, and G. W. Nurcahyo, “Implementasi Algoritma K-Means untuk Klasterisasi Peserta Olimpiade Sains Nasional Tingkat SMA,” J. Sistim Inf. dan Teknol., vol. 1, no. 3, pp. 31–36, 2019, doi: 10.35134/jsisfotek.v1i3.7.

R. K. Dinata, S. Safwandi, N. Hasdyna, and N. Azizah, “Analisis K-Means Clustering pada Data Sepeda Motor,” INFORMAL Informatics J., vol. 5, no. 1, p. 10, 2020, doi: 10.19184/isj.v5i1.17071.

R. Nainggolan and E. Purba, “Perbaikan Performa Cluster K-Means Menggunakan SUM Squared Error (SSE) Pada Analisis Online Customer Review Terhadap Produk Toko Online,” J. Times Technol. Inform. Comput. Syst., vol. 7, no. 2, pp. 1–8, 2019, doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.

Downloads

Published

2020-07-04

How to Cite

Harliana. (2020). PENERAPAN ALGORITMA K-MEANS CLUSTERING UNTUK MENGELOMPOKKAN KENAKALAN SISWA. JOURNAL OF INFORMATION SYSTEM MANAGEMENT, 2(1), 19-22. Retrieved from https://jurnal.amikom.ac.id/index.php/joism/article/view/200

Issue

Section

Articles