TRANSFORMASI DIGITAL DI CV. DANU FLORIST BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN MODEL V-SHAPE
DOI:
https://doi.org/10.24076/joism.2025v7i1.2104Keywords:
Transformasi Digital, Florist, Android, Model V-ShapeAbstract
CV. Danu Florist adalah usaha yang bergerak di bidang penjualan bunga dan produk florist di Palembang dan Banyuasin. Selama ini, proses promosi dan transaksi masih dilakukan secara tatap muka serta melalui telepon, WhatsApp, dan Instagram, dengan pencatatan pesanan secara manual menggunakan nota. Sistem ini dianggap kurang efisien karena proses pemesanan dan konfirmasi transaksi memakan waktu yang cukup lama, pencatatan data sering mengalami kesalahan, dan jangkauan pasar terbatas, untuk mengatasi permasalahan tersebut, dikembangkan aplikasi berbasis Android yang memungkinkan pelanggan memesan produk secara online dengan mudah tanpa harus datang ke toko secara langsung. Aplikasi ini juga meningkatkan efisiensi pengelolaan pesanan, mempercepat proses transaksi dan pembayaran, serta meningkatkan kualitas layanan pelanggan. Pengembangan aplikasi dilakukan menggunakan model V-Shape, yang menawarkan pendekatan pengembangan sistematis dan terstruktur dengan fleksibilitas pada fase pengujian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi ini dapat mempercepat proses transaksi, memudahkan pelanggan dalam melakukan pemesanan di CV. Danu Florist, mendukung transformasi yang lebih baik.
References
[1] K. L. Wati and W. O. N. Rajuddin, "Transformasi Digital Dalam Manajemen Bisnis: Tantangan Dan Peluang Di Era Industri 4.0," Jurnal Ekonomi dan Bisnis, vol. 5, no. 1, pp. 1-10, 2023. [Online]. Available: https://e-jurnal.stiebii.ac.id/index.php/ekonomibisnis/article/view/317
[2] A. Kurniawan and A. Saputra, "Transformasi Digital dalam Meningkatkan Keunggulan Kompetitif: Studi pada UKM di Bandar Lampung," MANABIS: Jurnal Manajemen dan Bisnis, vol. 3, no. 3, pp. 45-55, 2023. [Online]. Available: https://journal.yp3a.org/index.php/manabis/article/view/3690
[3] Y. S. Sibarani, A. P. Kharisma, and R. S. Sianturi, "Pengembangan Aplikasi Perangkat Bergerak Sistem Informasi Manajemen Produk Transaksi dan Keuangan UMKM di Kota Malang berbasis Android," Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 6, no. 1, pp. 292-300, 2022. [Online]. Available: https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/10466
[4] A. K. Chandra, B. Rahayudi, and W. Purnomo, "Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Point of Sales UMKM berbasis Mobile menggunakan Framework Flutter (Studi Kasus: PW Café)," Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 8, no. 2, pp. 150-160, 2024. [Online]. Available: https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/13239
[5] R. S. Saragih, E. Damanik, and H. Sugara, "Pengembangan Model Teknologi Penjualan Terintegrasi Berbasis Aplikasi Mobile untuk Mempermudah Akses dan Transaksi bagi Konsumen Global terhadap Produk UMKM," Jurnal Teknik Informasi dan Komputer (Tekinkom), vol. 7, no. 2, pp. 609-618, 2024. [Online]. Available: https://jurnal.murnisadar.ac.id/index.php/Tekinkom/article/view/1712
[6] E. Komalasari, N. Nurmasari, R. A. Munaya, and R. G. Melati, "Transformasi digital UMKM: Kapabilitas teknologi informasi komunikasi dan kapabilitas keuangan digital dalam meningkatkan kinerja bisnis pada usaha kuliner Kota Pekanbaru," Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, vol. 9, no. 2, pp. 380-393, 2025. [Online]. Available: https://journal.untar.ac.id/index.php/jmbk/article/view/33904
[7] Ebert, C., & Duarte, C. H. C. (2018). Software technology digital transformation. IEEE Software. https://doi.org/10.1109/MS.2018.2801537.
[8] Schwertner, K. (2017). Digital transformation of business. Trakia Journal of Science, volume 15, pp. 388-393. Doi: 10.15547/tjs.2017.s.01.065.
[9] Henriette, E., Feki, M., & Boughzala, I. (2016). The Shape of Digital Transformation. Volume 72, Nomor 2, https://www.researchgate.net/publication/301524030_ The_Shape_of_Digital_Transformation_A_Systematic_Literature_Review
[10] Teguh Arifianto. (2018). Penerapan E-Learning Berbasis Moodle Menggunakan Metode Problem Based Learning di SMK Negeri 1 Pasuruan. SMATIKA Jurnal. Volume 08 Nomor 01.
[11] Hermawan Iwan. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method. Kuningan : Hidayatul Quran Kuningan, Volume 39, Nomor 2, Software. https://doi.org/10.2101/MS.2019.875567587.
[12] Wijaya, R., Nugroho, A., & Santoso, B. (2022). Pengembangan Aplikasi Pemesanan Bunga Berbasis Web dengan Notifikasi Real-Time. Jurnal Teknologi Informasi, 15(3), 210-220.
[13] Putri, L. A., & Sari, M. (2023). Aplikasi Mobile Android untuk Penjualan Produk Florist dengan Fitur Pembayaran Digital. Jurnal Sistem Informasi, 18(1), 45-55.
[14] Rahman, F. (2021). Sistem Manajemen Stok dan Laporan Penjualan pada Toko Florist Berbasis Web. Jurnal Manajemen Informatika, 12(2), 98-107.
[15] Santoso, D., & Hadi, P. (2022). Penerapan Metode Agile dalam Pengembangan Aplikasi Pemesanan Bunga. Jurnal Rekayasa Perangkat Lunak, 9(4), 134-143.
[16]Lubis, T. (2023). Pengembangan Aplikasi Android dengan Fitur Pelacakan Pesanan pada Bisnis Florist. Jurnal Teknologi dan Informasi Terapan, 7(1), 67-76.
[17] Chandra Yudi Irawan. (2022). Penerapan Model V Dalam Merancang Aplikasi Reservasi Dan Rekam Medis Hewan Di Pusat Kesehatan Hewan Berbasis Web. Jurnal UPI, Volume 50, Nomor 2, https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-informatika/article/ view/1455
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Journal of Information System Management (JOISM)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.