PENGARUH FITUR SUBTITLE DAN AUDIO PADA PLATFORM STREAMING ANIME TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK BAHASA JEPANG

Authors

  • Muhammad Fillah Alfatih IPB University
  • Nasywa Shafa Salsabila IPB University
  • Nurrizkyta Aulia Hanifah IPB University
  • Muhammad Aqil Musthafa Ar Rachman IPB University
  • Humannisa Rubina Lestari IPB University https://orcid.org/0000-0002-2385-9382

DOI:

https://doi.org/10.24076/joism.2025v7i1.2112

Keywords:

audio, bahasa jepang, kemampuan menyimak, platform streaming, subtitle

Abstract

Popularitas anime di Indonesia meningkat pesat berkat kemudahan akses melalui platform streaming legal seperti Netflix, Bstation, dan Crunchyroll. Fenomena ini membuka peluang pemanfaatan anime sebagai media pembelajaran bahasa Jepang terutama dalam keterampilan menyimak. Meskipun penggunaan platform streaming semakin meluas, pemanfaatannya sebagai sarana pembelajaran bahasa asing masih belum banyak dikaji secara sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara fitur-fitur pada platform streaming anime seperti kualitas audio dan subtitle dengan kemampuan menyimak bahasa Jepang. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Instrumen utama berupa kuesioner skala Likert 4 poin yang disebarkan secara daring kepada mahasiswa Sekolah Vokasi IPB yang merupakan penonton anime aktif dan memiliki pengalaman belajar bahasa Jepang. Data dianalisis menggunakan distribusi frekuensi dan kategori tingkat skor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fitur audio dan subtitle pada platform streaming dinilai sangat membantu dalam meningkatkan kemampuan menyimak, khususnya dalam memahami kosakata baru dan mengikuti kecepatan bicara penutur asli.

References

[1] D. P. M. Azhari and A. Surya, “Diplomasi Budaya Jepang Melalui Strategi Cool Japan Di Indonesia,” Glob. Polit. Stud. J., vol. 8, no. 2, Art. no. 2, Oct. 2024, doi: 10.34010/gpsjournal.v8i2.15018.

[2] R. Rahmawati and I. Indrawati, “Peran Diplomasi Kebudayaan Jepang Dalam Perkembangan Perekonomian Jepang Melalui JAK Japan Matsuri Di Indonesia Pada Tahun 2017-2019,” Glob. INSIGHT J., vol. 7, no. 2, Art. no. 2, 2022, doi: 10.52447/gij.v7i2.6584.

[3] K. Pristianti, “PENGARUH MENONTON ANIMASI JEPANG DI INTERNET TERHADAP GAYA HIDUP WIBU DI YOGYAKARTA,” Commsphere J. Mhs. Ilmu Komun., vol. 2, no. I, Art. no. I, Mar. 2024, doi: 10.37631/commsphere.v2iI.1353.

[4] H. M. I. Lilah, R. A. Sholeha, S. Nurjanah, and R. G. Suyatna, “Pengaruh strategi pemasaran digital harga dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan di Miniso Kota Serang,” J. Ilmu Multidisiplin, vol. 3, no. 1, Art. no. 1, Jan. 2025, doi: 10.53935/jim.v3.i1.24.

[5] A. C. Nastiti et al., “Penggunaan Subtitle Dubbing Bahasa Indonesia dalam Tontonan Anime di Lingkup Mahasiswa Bahasa Asing dan Seni Rupa,” J. Majemuk, vol. 2, no. 3, Art. no. 3, Jun. 2023.

[6] S. Chen, “Effects of subtitles on vocabulary learning through videos: an exploration across different learner types,” J. Spec. Transl., no. 42, pp. 257–276, Jul. 2024, doi: 10.26034/cm.jostrans.2024.5992.

[7] C. Y. Han and W. N. Ling, “The Use of Anime in Teaching Japanese as a Foreign Language,” Malays. Online J. Educ. Technol., vol. 5, no. 2, pp. 68–78, 2017.

[8] T. Rositasari, F. Larasati, and Y. Yunensi, “THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS’ HABIT IN WATCHING ENGLISH MOVIE AND LISTENING ACHIEVEMENT (BY FOURTH SEMESTER STUDENTS OF UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG),” Engl. Community J., vol. 3, no. 2, Art. no. 2, Feb. 2020, doi: 10.32502/ecj.v3i2.2251.

[9] I. N. Sari, J. R. Wuisang, and R. J. Kapoh, “PENGGUNAAN LAGU MEMORIA DALAM PROSES PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA JEPANG,” vol. 3, no. 12, 2023.

[10] L. Wahidati and M. Kharismawati, “PENGARUH KONSUMSI ANIME DAN MANGA TERHADAP PEMBELAJARAN BUDAYA DAN BAHASA JEPANG,” IZUMI, vol. 7, no. 1, p. 1, Apr. 2018, doi: 10.14710/izumi.7.1.1-10.

[11] M. R. Abdillah and M. Arifin, “PERUBAHAN PERILAKU MAHASISWA SETELAH MENONTON TAYANGAN ANIME,” vol. 12.

[12] A. R. Samsara, “Pengaruh Anime Terhadap Kemampuan Bahasa Jepang Mahasiswa Program Studi Sastra Jepang Angkatan 2015-2017 Universitas Brawijaya,” Sarjana, Universitas Brawijaya, 2019. Accessed: Jun. 19, 2025. [Online]. Available: https://repository.ub.ac.id/id/eprint/174954/

[13] M. Waruwu, S. N. Pu`at, P. R. Utami, E. Yanti, and M. Rusydiana, “Metode Penelitian Kuantitatif: Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan,” J. Ilm. Profesi Pendidik., vol. 10, no. 1, pp. 917–932, Feb. 2025, doi: 10.29303/jipp.v10i1.3057.

Downloads

Published

2025-07-02

Issue

Section

Articles