PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY SEBAGAI SARANA EDUKASI PERKENALAN ALAT MUSIK DENGAN METODE SINGLE MARKER

Authors

  • Tri Mulyadi STMIK AKBA Makassar
  • Muhammad Rizal H STMIK AKBA Makassar
  • Amran Amiruddin STMIK AKBA Makassar

DOI:

https://doi.org/10.24076/joism.2020v1i2.26

Keywords:

Augmented Reality, Marker, Alat Musik

Abstract

Augmented  Reality (AR) merupakan  teknologi yang berkembang saat ini  dan sangat diminati sehingga menawarkan peluang  baru   sebagai   media   edukasi  pengenalan alat musi.  Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi AR sebagai sarana edukasi perkenalan berbagai macam alat musik dengan metode single marker.Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode singe marker. Augmeneted reality dirancang untuk pengenalan alat musik tradisional indonesia, dirancang menggunakan unity, database dengan vuforia dan pembuatan objek 3d meniggunakan skhectup kemudian di paketkan dengan unity. Aplikasi augmented reality di implementasikan pada smartphone android dengan cara menginstal file  Alat musik.apk yang di build dengan unity. Dari hasil pengujian yang dilakukan menunjukkan bahwa setiap ukuran marker mempengaruhi batas jarak minimum dan maksimum kamera untuk melakukan tracking pemanggilan objek.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-01-31

How to Cite

Mulyadi, T., H, M. R., & Amiruddin, A. (2020). PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY SEBAGAI SARANA EDUKASI PERKENALAN ALAT MUSIK DENGAN METODE SINGLE MARKER. Journal of Information System Management (JOISM), 1(2), 18-21. https://doi.org/10.24076/joism.2020v1i2.26

Issue

Section

Articles