PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PELAYANAN SURAT MENYURAT (SIRA) BERBASIS WEBSITE DENGAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER

STUDI KASUS: KELURAHAN MENDAWAI

Authors

  • Bani Universitas Amikom Yogyakarta
  • Dita Universitas Amikom Yogyakarta
  • Rahma Universitas Amikom Yogyakarta
  • Erina Dwi Utami Universitas Amikom Yogyakarta
  • Yuni Universitas Amikom Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24076/joism.2021v3i2.446

Keywords:

Sistem Informasi, Layanan Surat Menyurat, Website, CodeIgniter, Bootstrap

Abstract

Layanan surat menyurat merupakan hal penting dalam proses penyelesaian administrasi di masyarakat.   Kelurahan Mendawai merupakan salah satu kelurahan yang terletak di Jln. Dewan Amir Husin Hamzah Nomor: 22, Kelurahan Mendawai, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah dan saat ini membutuhkan sistem untuk mempermudah layanan surat menyurat guna memberikan layanan prima kepada masyarakat. Selama ini, layanan administasi dan surat menyurat dilakukan dengan sistem konvensional, yaitu dengan langsung datang kelokasi.  Warga harus menemui ketua RT meminta persetujuan permohonan surat, kemudian datang ke kantor kelurahan untuk mengajukan permohonan surat yang dibutuhkan tersebut.  Cara tersebut dirasa kurang efektif dan kurang efisien karena membutuhkan waktu yang cukup lama untuk melakukan pemrosesan surat. Pada penelitian ini akan diberikan solusi bagaimana pengembangan sistem informasi surat menyurat berbasis website.  Pada sistem informasi ini melayani 14 jenis surat yang dapat diajukan dan 7 jenis surat download template. Sistem informasi ini hanya dapat diakses oleh warga, ketua RT, kepala desa maupun admin pengelola website yang datanya telah tercatat dalam database. Sistem ini dibuat menggunakan Bahasa Pemrograman PHP dengan Framework CodeIgniter, dan MySQL sebagai Database Management System. Dalam melakukan pengujian sistem ini, penulis menggunakan metode white box testing dan System Usability Scale (SUS). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Sistem Informasi Surat Menyurat (SIRA) berbasis Website yang akan mempermudah pelayanan surat menyurat di Kelurahan Mendawai.

References

E. Listiyani, “Sistem Informasi Surat Pelayanan Masyarakat Desa Monggol, Kec. Saptosari, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta,” Yogyakarta Repos., p. 8, 2019.

S. Y. M. Zulfikar, “Sistem Informasi Administrasi Surat Menyurat Desa Selopamioro Berbasis Web,” Yogyakarta Repos., p. 8, 2019.

S. Natalia, R. N. Adekayanti, and A. Karismawarjayati, “Sistem Informasi Surat Layanan Masyarakat Pada Kantor Desa Condongcatur Berbasis Web,” Yogyakarta Repos., p. 7, 2019.

S. Ramadhani, F. Hermawanto, and A. Mariani, “Aplikasi Pelayanan Surat Menyurat Desa Tanah Putih Berbasis Web,” J. Teknol. Inf. Indones., vol. 3, no. 2, p. 54, 2019, doi: 10.30869/jtii.v3i2.265.

M. Faqih, “Sistem Informasi Pelayanan Surat-menyurat Berbasis Web di Desa Palang Kecamatan Palang Kabupaten Tuban,” repository.unim.ac.id., pp. 1–13, 2019.

Downloads

Published

2021-07-15

How to Cite

Syaebani, A., Tyasmala, D. V., Maulani, R., Utami, E. D., & Wahyuni, S. N. (2021). PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PELAYANAN SURAT MENYURAT (SIRA) BERBASIS WEBSITE DENGAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER: STUDI KASUS: KELURAHAN MENDAWAI. Journal of Information System Management (JOISM), 3(2), 59-65. https://doi.org/10.24076/joism.2021v3i2.446

Issue

Section

Articles