ANALISIS DAN PEMBUATAN TEKNIK RIGGING ANIMASI 3D TENDANGAN DWI CHAGI (BACK KICK) PADA MODEL PELATIHAN TAEKWONDO

Authors

  • Agustian Dwi Sambodo Universitas Amikom Purwokerto
  • Didit Suhartono Universitas Amikom Purwokerto
  • Agung Prasetyo Universitas Amikom Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24076/joism.2021v3i2.471

Keywords:

Animation, 3D, Rigging, Taekwondo, Dwi Chagi

Abstract

Analisis dan Pembuatan Teknik Rigging Animasi 3D Tendangan Dwi Chagi pada Model Pelatihan Taekwondo, penelitian ini bertujuan membuat video animasi 3D untuk memperagakan gerakan tendangan Dwi Chagi pada model pelatihan Taekwond sebagai media pembelajaran dan edukasi di masa pandemi di UKM Taekwondo Universitas Amikom Purwokerto. Pembuatan animasi 3D ini berfokus pada teknik rigging untuk penerapannya tentang tendangan Dwi Chagi berupa video animasi 3D. Rigid body yang ideal memiliki aturan yang jelas dan terdefinisi pada sebuah objek bergerak di bawah aksi kekuatan dan momen, serta bagaimana batasan ideal seperti bergulir dengan sempurna, bergeser, dalam sistem pergerakan sebuah objek. Metode yang digunakan adalah Kualitatif, penelitian ini dimulai dengan tahapan yang runtut seperti pra-production, production dan pasca-production. Hasil penelitian ini membuat animasi 3D sebagai media pembelajaran dan informasi tentang bagaimana teknik tahapan melakukan tendangan dwi chagi pada beladiri taekwondo menggunakan teknik rigging berformat MP4 yang sudah di uji dengan metode Blackbox.

Downloads

Download data is not yet available.

References

M. Lutfi, A. Ayubi, dan M. N. Hidayat, “Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animasi 3D Menggunakan Teknik Rigging,” vol. 2, no. 1, hlm. 1–5, 2020.

M. Ariyanto, S., Utami, E., dan Sofyan, A., “Implementasi Rigid Body Pada Rigging Terhadap Animasi Dinamis Model Kendaraan Tiga Dimensi,” Angkasa J. Ilm. Bid. Teknol., vol. 10, no. 1, hlm. 77, 2018,

Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta, 2018.

I. D. Kurniawati dan S. Nita, “Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa,” DoubleClick J. Comput. Inf. Technol., vol. 1, no. 2, hlm. 68, 2018.

S. Ariyati dan T. Misriati, “Perancangan Animasi Interaktif Pembelajaran Asmaul Husna,” J. Tek. Komput. Amik Bsi, vol. II, no. 1, hlm. 116–121, 2016.

V. Y. Suryadi, Taekwondo Poomse Taegeuk. Jakarta: PT. Gramedia Pusaka Utama, 2003.

M. B. Rahmad dan T. Setiady, “Perancangan Sistem Informasi Inventory Sparepart Elektronik Berbasis Web PHP,” J. Sarj. Tek. Inform., vol. 2, no. 2, hlm. 10, 2014.

A. Nugrohoadhi, “Pengorganisasian Dokumen dalam Kegiatan Kepustakawanan,” Khizanah al-Hikmah J. Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan, vol. 3, no. 1, hlm. 1–10, 2015.

M. Suyanto dan A. Yuniawan, Merancang Film Kartun Kelas Dunia. Yogyakarta: Andi Offset, 2006.

Downloads

Published

2021-07-15

How to Cite

Sambodo, A. D., Suhartono, D., & Prasetyo, A. (2021). ANALISIS DAN PEMBUATAN TEKNIK RIGGING ANIMASI 3D TENDANGAN DWI CHAGI (BACK KICK) PADA MODEL PELATIHAN TAEKWONDO. Journal of Information System Management (JOISM), 3(1), 22-26. https://doi.org/10.24076/joism.2021v3i2.471

Issue

Section

Articles