Strategi Politik Lurah Incumbent Dalam PILKADES Di Desa Tambang Minyak

(Studi Kasus Di Desa Mojodelik, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro)

Authors

  • Ahmad Sholikin Universitas Islam Darul Ulum Lamongan

Keywords:

Desa Tambang Minyak, Strategi Politik, Lurah Incumbent, Pilkades

Abstract

Tulisan ini melihat bagaimana para elite di desa mengkonfigurasi kepentingannya dalam sebuah pemerintahan desa yang penuh dengan tambang minyak. Penelitian ini juga melihat bagaimana elite lama  (lurah incumbent) dalam mempertahankan kekuasaan yang telah dia miliki. Data diperoleh dengan melakukan wawancara mendalam dan kemudian mendeskripsikan data yang diperoleh dengan kerangka teori elite dari Robert D. Putnam. Sedangkan dalam menganalisa strategi politik lurah incumbent adalah dengan menggunakan konsep Pierre Boudieu tentang habitus, ranah, modal dan praktik. Para elite di desa Mojodelik menggunakan kekuasaan yang dimilikinya untuk memperluas kekuasaan dengan menggunakan modal ekonomi. Sehingga lurah incumbent menggunakan segala modal yang dimilikinya mulai dari simbolik, sosial, politik dan ekonomi untuk mempertahankan kekuasaan dalam PILKADES 2014.

References

Bourdieu, Pierre. 2010. Terjemahan oleh Yudi Santosa : Arena Produksi Kultural,Sebuah Kajian Sosiologi Budaya. Bantul : Lembaga untuk Kreasi Penerbitan Masyarakat (LKPM).

Gaffar, Afan. 2006. Politik Indonesia Transisi Menuju Demokrasi.Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Hadiz, Vedi R. 2005. Dinamika Kekuasaan, Ekonomi-Politik Indonesia Pasca Soeharto. Jakarta: Pustaka LP3ES Indonesia.

Mashad, Dhurorudin. Dkk. 2005. Konflik Elite di Pedesaan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Niel, Robert Van. 1984. Munculnya Elite Modern Indonesia. Jakarta: Pustaka jaya.

Richard harker, Cheelen Mahar, dan Chris Wilkes (editor). 2009. (Habitus x Modal) + Ranah = Praktik Pengantar Yang Paling Komprehensif Kepada Pemikiran Pierre Bourdieu. Yogyakarta: Jalasutra.

Riduwan, 2002. ”Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian”. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2008. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R dan D. Bandung : Alfabeta

Widjaja, HAW. 2003. Otonomi Desa. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2020-07-01

How to Cite

Ahmad Sholikin. (2020). Strategi Politik Lurah Incumbent Dalam PILKADES Di Desa Tambang Minyak: (Studi Kasus Di Desa Mojodelik, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro). Journal of Social Politics and Governance, 2(1), 32-46. Retrieved from https://jurnal.amikom.ac.id/index.php/jspg/article/view/180