Archives

  • Journal of Social Politics and Governance (June)
    Vol. 2 No. 1 (2020)

    Editorial

    Dinamika Demokrasi dan Pembangunan Sosial Masyarakat

    Desiana RF, Hanantyo SN

     

    Salam,

    Aspek “Dinamika Demokrasi dan Pembangunan Sosial Masyarakat” merupakan topik yang senantiasa menarik untuk dielaborasi. Topik ini melihat bagaimana perkembangan sosial yang terjadi di masyarakat, baik sosial politik, sosial ekonomi, maupun tata kelola pemerintahan. Oleh karena itu, pada edisi ini akan dimulai dengan kajian etika pejabat publik dan kualitas pelayanan publik, politik elektoral pada tingkat kota/kabupaten maupun desa, serta fenomena korupsi politik. Selanjutnya, kajian ini juga berfokus kepada kualitas pelayanan publik berupa kebijakan PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) dengan mendudukkan pemerintah sebagai otoritas. Selain itu, jurnal ini juga tetap melihat peran masyarakat sebagai subjek dari pembangunan sosial masyarakat yang terjadi. Artikel tersebut berupa aksi masyarakat peduli sanitasi, serta kolaborasi petani organik lokal sebagai bentuk ketahanan pangan. Dengan demikian, beberapa kajian tersebut menarik untuk diterbitkan sebagai bentuk refleksi perkembangan sosial masyarakat di Indonesia.

     

    Selamat membaca.

    Wassalamualaikum Wr. Wb.

  • Journal of Social Politics and Governance (Desember)
    Vol. 1 No. 2 (2019)

    Editorial

    Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat

    Desiana RF, Hanantyo SN

     

    Salam,

    Aspek “Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat” merupakan topik yang senantiasa menarik untuk dielaborasi. Topik ini tidak hanya mendudukkan pemerintah sebagai otoritas, tetapi juga akan menempatkan masyarakat sebagai salah satu pihak yang terlibat dalam pembangunan dan pemberdayaan. Hasil seleksi ketat pada edisi ini akan memuat beberapa isu mengenai pembangunan dan pemberdayaan, di antaranya menyangkut pengelolaan dan pengalokasian dana desa, pembangunan desa wisata, hingga keterlibatan masyarakat dalam pengawasan. Berbagai topik tersebut menarik untuk dipublikasikan lebih jauh dalam upaya memotret proses pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di Indonesia. Pemetaan atau zoom in pada ranah lokal adalah hal yang penting agar khasanah kajian tentang pemerintahan tidak hanya berfokus pada kebijakan secara makro, maupun pada dimensi teoritik semata.

     

    Selamat membaca.

    Wassalamualaikum Wr. Wb.

     

  • Journal of Social Politics and Governance (June)
    Vol. 1 No. 1 (2019)

    Editorial

    Birokrasi dan Kebijakan Publik di Indonesia

    Desiana RF, Hanantyo SN

     

    Salam,

    Isu “Birokrasi dan Kebijakan Publik di Indonesia” merupakan bagian dari isu tata kelola pemerintahan yang senantiasa menjadi diskursus yang menarik untuk dikaji. Keberadaan pemerintah sebagai pemegang otoritas tertinggi menjalankan peran krusial dalam membuat kebijakan publik. Edisi ini membahas beberapa isu yang berkaitan dengan kebijakan publik baik di tingkat nasional maupun lokal. Isu tentang Aksi Nasional Bela Negara menjadi isu yang cukup hangat beberapa waktu ini mengingat banyaknya kelompok yang dinilai tidak senafas dengan tujuan dan cita-cita bangsa. Tidak hanya itu, edisi ini juga akan menghighlight beberapa temuan terkait upaya pemerintah menerapkan kebijakan untuk masyarakat, mulai dari berinovasi hingga menetapkan strategi untuk menjamin tercapainya tujuan kebijakan. Kajian tentang birokrasi dan kebijakan tidak hanya menyentuh sisi formal saja, akan tetapi akan masuk pada ranah politis dengan melihat relasi aktor dalam kebijakan publik, misalnya kebijakan tentang tata kelola konflik dan tata kelola kawasan. Beberapa uraian di atas menjadi point yang mendasari perlunya edisi ini. Birokrasi dan kebijakan publik merupakan suatu topik yang menarik, yang mana masih memerlukan kajian mendalam dari sisi administratif maupun politis.

     

    Selamat membaca.

    Wassalamualaikum Wr. Wb.