Strategi Dinas Komunikasi dan Informatika Daerah Istimewa Yogyakarta dalam Melaksanaan Gerakan Literasi Digital
Main Article Content
Abstract
Teknologi informasi dan komunikasi saat ini berkembang cukup pesat. Internet sebagai media baru sangat menguasai ruang gerak kehidupan masyarakat. Kebebasan dalam penggunaan internet dapat memberikan dampak negatif misalnya seperti tingkat hoaks yang semakin banyak, cyber bullying, cyber crime, dan hate speech. Perlu adanya suatu kebijakan bagi publik agar dalam penggunaan internet ini dapat memiliki tanggung jawab moral dan sosial. Tulisan ini membahas tentang strategi yang dilakukan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Daerah Istimewa Yogyakarta (Diskominfo DIY) dalam pelaksanaan Gerakan Literasi Digital. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Diskominfo DIY sebagai bentuk salah satu fungsinya yaitu pengelolaan informasi dan komunikasi publik, maka Diskominfo DIY melakukan berbagai bentuk kerja sama dengan stakeholders untuk melaksanakan gerakan tersebut. Hal ini adalah suatu upaya untuk menumbuhkan budaya bijak dan bertanggung jawab dalam menggunakan internet.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish articles in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Journal of Social Politics and Governance journal right of first publication with the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
Dinas Komunikasi dan Informatika Daerah Istimewa Yogyakarta. (2019, July). Optimalisasi Media Sosial bagi Admin Plat Merah DIY. Retrieved from https://jogjaprov.go.id/berita/detail/7874-optimalisasi-media-sosial-bagi-admin-plat-merah-diy
Dinas Komunikasi dan Informatika Daerah Istimewa Yogyakarta. (n.d). Diskominfo Co Working Space. Retrieved from http://diskominfo.jogjaprov.go.id/diskominfo-co-working-space/
Dinas Komunikasi dan Informatika Daerah Istimewa Yogyakarta. (2019, Mei). Dokumen Renstra 2017-2022 (Perubahan Kedua). Retrieved from https://diskominfo.jogjaprov.go.id/file/detail/dokumen-renstra-2017-2022-perubahan-kedua
Dinas Komunikasi dan Informatika Daerah Istimewa Yogyakarta. (n.d). Visi Misi. Retrieved from https://diskominfo.jogjaprov.go.id/visi-misi
Fortner, R, S dan Fackler, P, M. (2011). The Handbook of Global Communication and Media Ethics Volume 1. Blackwell Publishing Ltd. A John Wiley & Sons, Ltd., Publication. Chichester, West Sussex.
Hardjana, Andre (2019). Komunikasi Organisasi: Strategi Interaksi dan Kepemimpinan. Depok: Rajawali Pers Divisi Buku Perguruan Tinggi PT Raja Grafindo Persada.
Haryatmoko. (2007). Etika Komunikasi: Manipulasi Media, Kekerasan, dan Pornografi. Penerbit PT Kanisius: Yogyakarta.
Humas DIY. (2018, November). Kemenkominfo Gencarkan Literasi Digital Menyongsong Era 4.0. Retrieved from https://jogjaprov.go.id/berita/detail/kemenkominfo-gencarkan-literasi-digital-menyongsong-era-4-0.
Humas DIY. (2018, November). Perangi Hoax melalui Digital Smart Media. Retrieved from https://diskominfo.jogjaprov.go.id/berita/baca/perangi-hoax-melalui-digital-smart-media,
Junaidi, Muhammad. (2013). Strategi Komunikasi Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Samarinda dalam Pelaksanaan Program Samarinda Hijau Bersih dan Sehat (HBS) pada RT 07 Kelurahan Mugirejo. eJournal Ilmu Komunikasi 1(3), 408- 423.
Kriyantono, Rachmat. (2010). Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana.
Kurnia, N, dan Astuti, S, I. (2017). Peta Gerakan Literasi Digital di Indonesia: Studi tentang Perilaku, Ragam Kegiatan, Kelompok Sasaran dan Mitra. Jurnal INFORMASI Kajian Ilmu Komunikasi Volume 47 Nomor 2, 149-166.
Neuman,W, L (2014). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches. Essex: Pearson Education Limited.
Ramdhani, A, Muhammad Ali Ramdhani. (2017). Konsep Umum Pelaksanaan Kebijakan Publik. Jurnal Publik Volume 11 Nomor 1, 1-12.
Setiawan, Rudy. (2013). Kekuatan New Media dalam Membentuk Budaya Populer di Indonesia (Studi Tentang Menjadi Artis Dadakan Dalam Mengunggah Video Musik Di Youtube. E-Journal Ilmu Komunikasi Volume I Nomor 2, 355-374.
Sitokdana, M, N, N. (2015). Evaluasi Implementasi eGoverment pada Situs Web Pemerintah Kota Surabaya, Medan, Banjarmasin, Makassar, dan Jayapura. Jurnal Buana Informatika Volume 6 Nomor 4, 289-300.
Utomo, C, E, W, dan Hariadi, M. (2016). Strategi Pembangunan Smart City dan Tantangannya bagi Masyarakat Kota. Jurnal Strategi dan Bisnis Volume 4 Nomor 2, 159-176.
Ward, S.J.A. (2013). Global Media Ethics Problems and Perspectives. (ec). Blackwell Publishing Ltd. A John Wiley & Sons, Ltd., Publication. Chichester, West Sussex.